Dari Ngeselin Sampai Bikin Bingung, Berikut 5 Film Indonesia dengan Plot Twist Paling Epik!

Film Indonesia plot twist

Nonton film sebagai hiburan kalau alurnya terkesan biasa-biasa aja terkadang bikin kita jadi bosen dan malah cenderung kurang menikmati tontonan tersebut. Tapi lain halnya jika nonton film dengan tema yang nggak biasa, pemain dengan akting yang mengagumkan, dan tentunya alur yang susah banget ditebak. Misalnya kita udah yakin banget jika tokoh utama di film tersebut digambarkan sebagai orang baik, ternyata di akhir film justru dia yang menjadi sosok paling jahat. Namun malah terkadang di situlah letak serunya.

Advertisement

Film-film dengan plot twist epic dan nggak tertebak sama sekali memang bikin para penontonnya jadi kesel, bingung, mikir, dan bahkan marah-marah sendiri. Namun seringkali memang hal-hal kayak begitu yang dicari oleh para penikmat film. Nggak cuma film luar negeri aja lo yang punya plot twist paling berkesan, seperti halnya deretan film Indonesia yang ada di bawah ini.

1. Pada deretan utama, ada film yang terkenal sadis dan berdarah-darah, “The Raid”

The Raid / Credit: Martialartactionmovies via martialartsactionmovies.com

Menjadi salah satu titik awal booming-nya film Indonesia di mata internasional, “The Raid” yang merupakan film dengan genre aksi dan thriller ini selain terkenal karena sadis juga terkenal karena jalan ceritanya yang membuat kaget para penontonnya. Film ini sendiri bercerita tentang seorang polisi bernama Rama dan kawan-kawannya yang ditugaskan menyergap gembong narkoboy yang dipimpin Tama. Pada akhir cerita, kita akan dikagetkan dengan kenyataan bahwa ternyata penyergapan Tama tersebut hanyalah operasi gelap yang direncanakan Letnan Wahyu, seorang polisi korup yang ingin menangkap Tama agar cepat naik jabatan. Sumpah, ngeselin banget!

2. Selain “The Raid”, ada pula film tahun 2009 lalu yang berjudul “Pintu Terlarang”

Pintu Terlarang / Credit: Cultura via www.cultura.id

Mendengar judulnya aja mungkin udah membuat sebagian prang bertanya-tanya. Film “Pintu Terlarang” ini mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Gambir, seorang pemahat yang pinter banget menciptakan patung-patung wanita hamil. Akan tetapi, rupanya ada rahasia di balik setiap yang ia buat, yaitu isinya adalah janin hasil aborsi Talyda, istrinya. Plot twist yang ada di film satu ini dijamin banyak banget sampai bikin kamu mikir berkali-kali. Tonton sendiri deh~

Advertisement

3. Indonesia ternyata kalau bikin film horror thriller juga keren banget lo! Salah satunya adalah film tahun 2012 berjudul “Belenggu”

Belenggu / Credit: Arsipfestivalfilm via arsip.festivalfilm.id

Film yang satu ini cocok banget untuk kamu penikmat film yang penuh dengan misteri. Selain karena alurnya yang keren, film ini juga bakalan bikin perasaanmu dicampur adukkan mulai dari pertengahan hingga akhir film. “Belenggu” sendiri bercerita tentang seorang laki-laki yang selalu dihantui bayang-bayang pikiran sosok berkostum kelinci dengan wanita yang bersimbah darah. Akhir film ini udah pasti bikin kita geregetan banget.

4. Disajikan dengan campuran aksi dan komedi, film berjudul “Comic 8” juga layak dinobatkan sebagai salah satu film Indonesia dengan plot twist terbaik

Comic 8 / Credit: Imdb via www.imdb.com

Bosan dengan film yang isinya cuma serius dan berdarah-darah? Kamu kayaknya harus nonton yang satu ini sih. “Comic 8” adalah film aksi komedi yang bercerita tentang delapan anak muda dari latar belakang berbeda hendak merampok sebuah bank. Plot twist yang disajikan dalam film ini dibuat menjadi dua sesi yang bakal bikin kamu lebih geleng-geleng lagi.

5. Terakhir, film dengan plot twist terbaik yang nggak boleh kamu lewatkan adalah “Modus Anomali”

Advertisement

Modus Anomali / Credit: Medium via medium.com

Film karya Joko Anwar yang satu ini banyak yang bilang jadi film dengan alur plot twist paling cakep. Bercerita tentang seorang pria yang selamat setelah dikubur hidup-hidup dan mulai mencari keluarganya, rupanya permasalahan yang ada dan terjadi itu malah dari dirinya sendiri. Sepanjang film kita nontonin orang psikopat yang nggak merasa kalau dirinya itu psikopat, ya, baru ini nih.

Lima film asli Indonesia dengan alur plot twist yang super keren di atas tadi adalah contoh kecil bahwa industri perfilman Indonesia dari waktu ke waktu udah mengalami banyak perubahan besar. Meski memang kalau dibandingkan dengan luar negeri masih ada banyak perbedaannya, paling tidak kalau disampingkan nggak malu-maluin sih.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE