8 Film Indonesia yang Tayang Selama Oktober 2022 di Bioskop, Didominasi Horor!

Setelah lesu dua tahun dilanda pandemi, kini industri perfilman Indonesia bangkit kembali. Beberapa bulan terakhir, banyak banget film lokal yang alur ceritanya menarik perhatian bahkan meraup jutaan penonton dalam masa tayangnya di bioskop. Ide-ide brilian para sutradara pun mulai digarap supaya bisa makin meramaikan ragam tontonan di Tanah Air.

Advertisement

Nggak terkecuali pada bulan Oktober 2022 ini. Sejumlah film Indonesia udah menunggu kehadiranmu untuk ditonton di bioskop. Yuk, simak ada film apa aja yang rilis di bioskop pada bulan ini~

1. Pamali, film horor adaptasi game Pamali: Indonesia Folklore Horror

Film Pamali

Film Pamali | Credit: Instagram @pamalimovie

Awal Oktober 2022, bioskop Indonesia langsung diramaikan kembali dengan suguhan film horor. Kali ini ada film Pamali akan tayang pada 6 Oktober 2022. Sesuai dengan judulnya, film horor ini berfokus pada kesialan yang mengintai para tokohnya setelah nggak sengaja melanggar aturan adat setempat.

Film Pamali menceritakan kehidupan keluarga Jaka (Marthino Lio) dan Rika (Putri Ayudya) yang melanggar tradisi desa. Mereka ingin menjual rumah peninggalan orang tuanya untuk memulai hidup baru. Jaka, sang suami diceritakan baru aja kehilangan pekerjaan. Sebelum mereka menjual rumah tersebut dan masih menetap di dalamnya, nggak sengaja pasangan ini melanggar aturan adat yang udah jadi tradisi turun temurun di desa mereka.

Advertisement

Sejak saat itu, mereka harus dihantui keberadaan berbagai makhluk halus di rumah tersebut yang siap merenggut nyawa mereka kapan pun.

2. Masih di tanggal yang sama, siap-siap nonton aksi heroik Pevita Pearce di Sri Asih

Film Sri Asih

Film Sri Asih | Credit: Instagram @sriasihmovie.official

Dunia perfilman Tanah Air patut kembali berbangga diri karena satu lagi film super hero garapan anak bangsa akan tayang pada 6 Oktober 2022 mendatang. Film Sri Asih siap hadir sebagai film kedua dari Jagat Sinema Bumilangit setelah Gundala pada tahun 2019.

Advertisement

Dalam film ini, aktris Pevita Pearce memerankan sosok Alana. Ia bukan anak biasa. Alana lahir tepat saat gunung berapi meletus. Ia tumbuh dengan kekuatan super dan selalu berusaha melawan gejolak amarah dalam dirinya. Di sisi lain, Alana diasuh oleh seorang wanita kaya dan ia menjalani hidup layaknya manusia normal pada umumnya.

Namun saat dewasa, ia mulai menyadari kebenaran tentang jati dirinya yang sesungguhnya. Kekuatan super yang ia miliki bisa digunakan untuk kebaikan dunia, tapi juga bisa berbalik menjadi kehancuran jika ia tak mampu mengendalikan amarah.

3. Inang, film horor pertama garapan Fajar Nugros siap tayang pada 13 Oktober 2022

Film Inang

Film Inang | Credit: Instagram @filminang

Inang bercerita tentang sosok Wulan (Naysila Mirdad), seorang karyawan supermarket yang ditinggalkan kekasihnya setelah mengetahui dirinya hamil. Meskipun begitu, Wulan nggak mau melakukan aborsi. Ia pun harus bekerja keras menjaga kandungannya itu lantaran si kekasih nggak mau bertanggung jawab.

Di tengah rasa putus asa, Wulan mencari solusi di internet dan menemukan sebuah grup di sosial media. Grup itu mengaku sebagai kelompok relawan pro-life yang fokus membantu ibu hamil yang bernasib kurang beruntung sepertinya. Dari situ, Wulan bertemu dengan Keluarga Santoso yang bersedia mengadopsi anaknya ketika udah lahir nanti. Wulan pun tinggal bersama mereka dan mulai melakukan ritual-ritual aneh. Namun, ia belum sadar kalau keluarga tersebut punya niat buruk terhadap Wulan dan calon bayinya.

4. Kalian Pantas Mati, film horor Indonesia remake dari film Korea, Mourning Grave

Film Kalian Pantas Mati

Film Kalian Pantas Mati | Credit: Instagram @kalianpantasmati

Film Kalian Pantas Mati berfokus pada kisah seorang pemuda bernama Rakka (Emir Mahira) yang bisa berkomunikasi dengan orang yang udah meninggal. Di sekolahnya, ia dikenal sebagai anak indigo. Akibat kemampuannya itu, Rakka justru terbebani dan dibully oleh teman-temannya hingga ia memutuskan pindah sekolah.

Di sekolah baru, ia dihadapkan dengan roh jahat yang punya dendam terhadap teman-teman sekolahnya. Dengan kemampuannya, ia berusaha menghentikan roh itu. Di sisi lain, ia bertekad untuk membantu sesosok hantu cantik untuk mengembalikan ingatannya. Saksikan kelanjutan kisahnya di bioskop tanggal 13 Oktober 2022 nanti!

5. Hidayah, film horor religi yang tayang pada 20 Oktober 2022

Film Hidayah

Film Hidayah | Credit: Instagram @filmhidayah

Film berikutnya masih bergenre horor, tapi dibumbui sedikit unsur religi. Film Hidayah berkisah tentang Bahri (Ajil Ditto), seorang ustaz muda yang ingin meninggalkan masa lalunya dengan bekerja di kota. Suatu hari, Hasan sahabatnya Bahri di kampung meminta tolong. Di Desa Mekarwangi, kampung halamannya, sedang terjadi gangguan gaib yang diduga berasal dari Ratna, teman lama Bahri. Ia menderita sakit keras yang nggak kunjung sembuh. Setiap malam, teriakan kesakitan Ratna dan kehadiran sosok gaib mengganggu warga desa.

Usai Ratna meninggal, gangguan itu justru semakin parah sampai merenggut nyawa warga. Warga desa pun meminta Bahri untuk bertanggung jawab atas itu semua dan masa lalu Bahri sebagai narapidana pun terbongkar. Akhirnya, ia diusir dari desa. Bukannya marah, Bahri justru memperteguh imannya dengan memetik hidayah atas semua kejadian tersebut.

6. Hello Ghost juga bisa ditonton pada tanggal 20 Oktober 2022. Genrenya horor komedi

Film Hello Ghost

Film Hello Ghost | Credit: Instagram @helloghost.official

Film Hello Ghost ini merupakan adaptasi dari film Korea berjudul serupa. Kisahnya mengangkat cerita sosok Kresna (Onadio Leonardo), pemuda yang ingin mengakhiri hidupnya tapi selalu gagal. Bukannya berhasil, Kresna justru diikuti oleh empat sosok hantu dengan karakter berbeda-beda. Setiap hari Kresna harus berhadapan dengan mereka hingga ia kesulitan sendiri.

Ia berusaha mengusir hantu-hantu tersebut. Salah satu cara agar para hantu itu bisa pergi adalah dengan menuruti segala keinginan mereka. Namun, keinginan tersebut ternyata bukan hal yang mudah. Selain Onad, filmĀ Hello Ghost juga dibintangi oleh Enzy Storia, Indro Warkop, Tora Sudiro, dan masih banyak lagi.

7. Crazy Stupid Love, pertemuan nggak sengaja yang memulai segalanya

Film Crazy Stupid Love

Film Crazy Stupid Love | Credit: Instagram @screenmediafilms.id

Film Indonesia berikutnya yang bakal tayang Oktober 2022 ini adalah Crazy Stupid Love. Tandain tanggal 27 Oktober 2022 di kalender buat nonton adegan lucu tapi romantis antara Dimas Anggara dan Susan Sameh. Keduanya memerankan sosok Surya dan Asti dan dipertemukan di sebuah bus malam yang akan berangkat ke Yogyakarta. Awalnya, Asti terlihat diganggu oleh beberapa cowok iseng dan Surya pun datang menyelamatkan.

Pertemuan mereka saat itu mengubah banyak hal dalam kehidupan Surya. Mulai dari kisah percintaannya hingga hubungannya dengan kedua orang tua. Setelah pertemuan di bus, mereka kembali dipertemukan di sebuah acara perkawinan. Namun sayangnya, Asti hanya menganggap semua itu sebagai kebetulan semata.

8. Qodrat, kisah ustaz yang gagal merukiah anaknya sendiri tayang pada 27 Oktober 2022

Film Qodrat

Film Qodrat | Credit: Instagram @qodrat.movie

Film ini bercerita tentang Ustaz Qodrat (Vino G Bastian) yang gagal merukiah Alif Al-Fatanah, putranya sendiri. Sang putra dirasuki setan bernama Assuala. Akibat kegagalannya itu, Qodrat pulang ke pesantren tempatnya dulu menimba ilmu. Namun, pesantren itu nggak sama dengan dulu saat ia masih belajar di sana. Ia menemukan banyak gangguan gaib yang susah dijelaskan.

Di pesantren itu pula Qodrat kembali merukiah Alif Amri, anak bungsu Yasmin (Marsha Timothy). Ia pun kembali berhadapan dengan setan Assuala. Di tengah kebimbangannya, Qodrat harus memilih antara menuruti kemarahan atau menemukan keimanannya.

Film terbaru di bioskop Tanah Air bulan Oktober 2022 ini tampaknya didominasi oleh genre horor, ya. Meskipun begitu, ada juga film genre lain yang nggak kalah menariknya. Gimana, udah nentuin tanggal dan film yang mau ditonton belum?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE