Joko Anwar dan Deretan Film yang Idenya Sangat Brilian. Bikin Kita Optimis sama Dunia Film Tanah Air!

film Joko Anwar

Siapa yang nggak kenal Joko Anwar? Boleh jadi mereka yang nggak mengenalnya sehari-harinya tinggal di goa. Joko Anwar termasuk jajaran sutradara kondang Indonesia. Film-filmnya hampir selalu jadi perbincangan karena ide briliannya.

Advertisement

Beragam penghargaan silih berganti tersemat kepadanya. Sutradara asal Medan itu meraih sutradara terbaik dari Piala Citra 2015 (A Copy of My Mind) dan Piala Maya 2017 (Pengabdi Setan). Nama dan film garapannya juga semerbak wangi di pelbagai festival film internasional. Buat yang agak lupa-lupa ingat film apa yang pernah dibuat Joko Anwar, yuk, kilas balik bareng!

Joko Anwar memulai debut penyutradaraan lewat film Janji Joni (2005). Film ini jadi box office dan meraih “Best Movie” di MTV Indonesia Movie Awards

Nicholas Saputra dan Mariana Renata. via www.youtube.com

Tahun 2007, Joko Anwar menulis dan menyutradarai film Kala. Film ini jadi buah bibir kritikus internasional karena disebut-sebut sebagai film noir pertama Indonesia

Fachri Albar, Shanty, dan Ario Bayu. via fodim-uaj.blogspot.com

Advertisement

Saat sineas lain sibuk bikin film romantis atau komedi, Joko Anwar PD membuat film thriller psikologis berjudul Pintu Terlarang (2009)

Penuh darah. via twitter.com

Selain menyutradarai, Joko Anwar juga menulis beberapa skenario film kondang. Sebut saja Arisan! (2003), Jakarta Undercover (2007), sampai yang terbaru Orang Kaya Baru (2019)

Joko Anwar juga menulis skenario untuk sutradara lain. via amiratthemovies.com

Selera lulusan ITB Teknik Penerbangan ini emang beda dari sineas lain. Pada film ke-4, Joko Anwar kembali bikin film thriller bertajuk Modus Anomali (2012)

Rio Dewanto. via www.fimela.com

Advertisement

Barulah di film A Copy of My Mind (2015), Joko Anwar kembali ke jalur drama. Tapi tetep aja, gaya bertuturnya lain daripada yang lain

Film Drama. via fndslc.wordpress.com

Pada tahun 2017, Joko Anwar keluar dari zona nyaman dengan membuat ulang film horor Pengabdi Setan. Lagi-lagi sukses 🙂

Salah satu film horor terseram. via cinemapoetica.com

Sepak terjang Joko Anwar dalam dunia film Indonesia nggak bisa diragukan lagi. Beragam film bagus lahir dari tangan dinginnya, baik sebagai sutradara maupun penulis skenario. Idenya yang brilian serta keengganannya terkungkung pada satu genre membuat namanya semerbak harum.

Kabar terbaru, tahun ini bakal ada dua film Joko Anwar; Gundala dan Perempuan Tanah Jahanam. Dua-duanya layak ditunggu. Namun harapan besar penonton Indonesia ada di film Gundala. Kabarnya kalau film itu berhasil, bakal ada film superhero lain dari Jagat Sinema Bumilangit. Layak ditunggu! :”)

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE