6 Film Musikal Indonesia yang Sayang untuk Dilewatkan. Buat Orang Dewasa juga Masih Seru lo!

Film musikal Indonesia

Meski agak jarang muncul, film musikal adalah sebuah genre film yang sangat menarik untuk ditoton. Kamu nggak cuma disuguhkan dengan peran para pemainnya, jalan cerita, atau teknis sinematografinya aja. Dalam sebuah film musikal, unsur musik menjadi salah satu poin penting untuk menambah apik cerita atau menjelaskan sebuah permasalahan, biasanya hal ini juga ditambah dengan koreografi dan tarian-tarian untuk mendukung lagu dalam sebuah film musikal.

Advertisement

Indonesia ternyata punya lho beberapa film musikal yang patut banget buat kamu tonton. Meskipun kebanyakan film musikal ini diperuntukkan bagi anak-anak, tetapi nggak ada salahnya lho ditonton, karena film-film musikal ini punya komposisi musik, koreografi dan jalan cerita yang oke! Nah, buat menemani akhir pekanmu, ini daftar film musikal Indonesia yang harus kamu coba tonton!

1. “Meraih Mimpi”, film musikal animasi 3D pertama produksi Indonesia

Film ini adalah film musikal Indonesia pertama yang menggunakan teknik animasi 3D. Film ini bercerita tentang perjuangan Dana dan warga kampungnya untuk melawan penindasan yang dilakukan oleh tuan tanah di kampung tersebut. Film arahan sutradara Phil Mitchell dan penulis naskah Phillip Stamp ini aslinya memililiki bahasa asli Inggris sebelum diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Beberapa nama top yang terlibat dalam film ini sebagai pengisi suara di antaranya adalah Gita Gutawa, Indra Bekti, Surya Saputra hingga Jajang C. Noer.

2. Mengenang lagu-lagu A.T. Mahmud lewat film “Ambilkan Bulan”

Film yang memiliki judul seperti salah satu lagu anak-anak terkenal ini bercerita tentang kisah Amelia, anak 10 tahun yang tinggal dengan seorang Ibu dan menjadi orang tua tunggal. Pada suatu ketika, Amelia yang kebetulan bertemu dengan sepupunya lewat jejaring sosial Facebook memutuskan untuk pergi ke desa tempat sepupunya tinggal dan bertemu dengan keluarga sang ayah.

Advertisement

Amelia yang besar di kota nggak pernah membayangkan betapa serunya bertemu dengan orang baru dan tinggal di desa. Hingga suatu hari dia dan teman-temannya tersesat di sebuah hutan yang terkenal angker dan dihuni oleh sosok Mbah Gondrong. Seperti judulnya, lagu-lagu yang digunakan di sini nggak akan asing di telingmu, karena menggunakan lagu anak-anak ciptaan maestro lagi anak Indonesia bapak A.T. Mahmud!

3. Menari dan bernyanyi bersama film “Naura & Genk Juara”!

Rasanya ini adalah film musikal yang dibuat dengan sangat baik setelah beberapa lama. Film yang disutradarai oleh Eugin Panji ini bercerita tentang 4 orang anak yang dipilih oleh sekolahnya untuk menjadi perwakilan dalam sebuah kompetisi sains. Ternyata mereka nggak cuma ikut kompetisi sains aja, tetapi juga menemukan petualangan baru untuk membantu kawan baru mereka yang bernama Kipli dan berjibaku menghentikan usaha jahat Trio Licik. Bagian menyanyi di film ini bukan hanya berisi nyanyian sebagai luapan perasaan saja, melainkan juga menjadi benang merah untuk membawa cerita terus maju sampai akhir. Film termasuk salah satu yang memiliki koreografi dan nyanyian yang paling menarik lo!

4. Film “Petualangan Sherina” sukses menjadi pelopor film musikal pertama di Indonesia

Film yang menjadi salah satu pelopor film musikal di Indonesia ini menjadi sebuah tontonan wajib tiap liburan untuk anak-anak yang besar di tahun 2000-an. Film “Petualangan Sherina” akan mengajak kamu untuk mengikuti problematik yang dihadapi oleh Sherina sebagai karakter utama di film ini. Mulai dari kepindahannya dari Jakarta ke Bandung, hingga pertemuan dan petualangannya dengan Saddam ketika diculik.

Lagu-lagu dan tarian di film ini juga sangat mendukung cerita yang ada, sehingga penonton nggak hanya disuguhkan dengan aksi dan drama melalui dialog saja, film ini dengan rapih bisa menceritakan beberapa kejadian melalui interaksi antar karakter dalam adegan tarian dan nyanyian yang ada. AH! Jadi nggak sabar nonton sekuelnya! Tapi mengulang nonton film ini juga nggak pernah ngebosenin kok!

5. Meskipun sedih tetapi, film “Joshua oh Joshua” bisa memberikan bekas tersendiri di hati karena lagu-lagunya!

Satu lagi film musikal legendaris Indonesia! Meskipun film ini keluar setelah “Petualangan Sherina”, hal tersebut nggak menyurutkan antusiasme penonton yang pada saat itu memang menanti film musikal ini. Film yang bercerita tentang Jojo, seorang anak yang nggak sengaja tertukar dan harus menjalani hidup dengan menjadi pengamen ini sukses membuat siapapun yang menontonnya ikut menjadi iba.

Meskipun hidupnya susah, bersama dengan temannya Jejen, Jojo selalu bisa melupakan kesulitan hidupnya dengan bernyanyi dan menari bersama Jejen. Film musikal ini juga menjadi salah satu ketapel yang melontarkan karir Joshua Suherman sebagai salah satu artis cilik terpopuler pada zaman itu.

6. “Doremi & You” film musikal ceria yang menggambarkan kehidupan remaja SMA!

Agak berbeda dengan yang lain, film musikal yang tayang pada tahun 2019 ini bercerita tentang kisah sekelompok remaja SMA yang tergabung dalam anggota ekskul paduan suara. Nasib sial menghampiri karena tanpa sengaja mereka menghilangkan uang yang akan digunakan oleh ekskul ini. Kamu akan diajak mengikuti petualangan keempat sahabat ini untuk berjuang mengganti uang yang hilang tersebut dan upaya mereka untuk mengikuti kontes menyanyi.

Kamu akan dibuat gemas dengan tingkah polah keempat sahabat ini, selain itu adegan nyanyi dan menari dalam film ini ditampilkan dengan warna-warna yang indah serta nuansa yang ceria. Film ini punya rasa-rasa seperti film “Pitch Perfect”, tetapi lebih lokal dengan jalan cerita yang Indonesia banget. Salah satu film musikal yang oke punya!

Film-film di atas menjadi salah satu bukti bahwa sineas kita mampu membuat film musikal dengan baik, mungkin belum sebaik “Pitch Perfect” atau “La La Land”, tetapi setidaknya kita tahu bahwa Indonesia masih memiliki film-film musikal yang layak dan memang menarik untuk di tonton, meskipun lebih terfokus kepada cerita anak-anak. Kira-kira kamu udah nonton yang mana aja nih?

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

CLOSE