Media sosial seakan nggak terpisahkan lagi dari kehidupan sebagian masyarakat saat ini. Berbagai platform yang disediakan mewadahi masyarakat untuk berinteraksi secara nggak langsung dengan yang lainnya. Tentu saja di satu sisi, berbagai media sosial ini bermanfaat. Mulai dari wadah untuk berkomunikasi, membangun relasi, berbagi informasi, dan lain sebagainya. Namun nggak bisa dimungkiri, kalau media sosial sama seperti dua sisi mata uang, yang juga punya mudaratnya.

Hal itulah yang semakin terasa akhir-akhir ini. Misalnya saja informasi hoax dan sebagai sarana untuk menyebar ujaran kebencian. Bagi mereka yang nggak jeli soal ini, tentu akan percaya begitu saja dan mudah terhasut dengan informasi yang beredar. Sayang sekali, bukan? Dan nggak hanya itu, media sosial juga sering dijadikan sebagai wadah untuk melakukan keisengan dan tindak kriminal seperti penipuan. Terkadang, mereka yang jadi korban justru yang nggak tahu apa-apa. Seperti kejadian yang dialami oleh cewek ini.

Sebuah unggahan tentang kejadian seorang cewek yang diedit fotonya jadi telanjang beredar di media sosial

Foto facebook diedit tak senonoh via www.facebook.com

Advertisement

Akun Facebook bernama Abdurrahman As-salafy mengunggah beberapa hasil screenshoot percakapan antara seorang cewek dengan lelaki bernama Irwan. Screenshoot tersebut adalah bukti dari salah satu kejahatan yang terjadi di media sosial. Dalam percakapan tersebut, Irwan memulai percakapan dengan mengatakan kalau semua foto yang diuggah cewek itu ke Facebook diambil olehnya. Saat ditanya, Irwan pun mengatakan kalau foto tersebut akan dia edit menjadi foto telanjang dan ia akan menyebarkan semua foto-foto tersebut ke publik, termasuk orang-orang terdekat sang cewek. Ia pun nggak lupa mengirimkan salah satu bukti di mana foto selfie cewek berkerudung tersebut diedit sehingga terlihat telanjang.

Cowok freak itu lalu memberikan syarat untuk si cewek agar fotonya nggak disebarluaskan. Harus melayani sex chat dengannya!

Diancam untuk melakukan chat sex! Sakit! via www.facebook.com

Tentu saja cewek yang nggak disebutkan namanya ini kaget. Ia sama sekali nggak mengenal siapa lelaki tersebut. Ia pun nggak tahu apa kesalahannya sehingga Irwan mengancam dirinya seperti itu. Irwan pun mengatakan kalau dia nggak akan macam-macam dan nggak akan menyebarkan foto editan tersebut jika si cewek mengikuti dan memenuhi persyaratan yang ia minta. Dan bukan persyaratan seperti membayarkan sejumlah uang, Irwan malah meminta sang cewek melakukan chat sex dengannya.

Entah apa yang ada di pikiran cowok itu. Mengedit foto seseorang secara nggak senonoh lalu mengancam akan menyebarkan foto-foto tersebut jika persyaratan yang diajukan nggak dipenuhi. Apalagi keinginannya sangat nggak wajar dan menunjukkan kalau otak cowok tersebut ada di kelangkang. Apakah harus segitunya, melepas hasrat seksual terhadap orang yang sama sekali nggak dikenalnya?

Kejadian seperti ini bukanlah yang pertama kali. Banyak kok yang jadi korban keisengan oknum terkait foto yang diunggah ke media sosial

Foto di media sosial seringkali jadi bahan lelucon. via www.keepo.me

Advertisement

Apa yang terjadi pada cewek tersebut tentu bukanlah pertama kalinya. Beberapa peristiwa serupa juga pernah terjadi. Tiba-tiba saja foto hasil editan beredar begitu saja di media sosial. Meski nggak mengancam, tetap saja menyebarkan foto-foto nggak senonoh itu akan merusak citra seseorang. Hal ini dikarenakan bebasnya kita mengenal seseorang dan mengakses tentang pribadinya di media sosial.

Sekarang permasalahannya nggak lagi soal orang-orang iseng dan nggak bertanggung jawab itu. Meski mereka patut disalahkan, kita nggak bisa berbuat apa-apa untuk membuatnya sadar dan jera. Yang bisa kita lakukan adalah melindungi diri kita sendiri di media sosial. Salah satu caranya adalah dengan mengatur privacy akun media sosialmu. Sehingga orang yang nggak kamu kenal nggak bisa mengakses data dirimu, termasuk foto-foto yang kamu unggah. Atau mungkin menghindari mengunggah foto selfie-mu juga bisa jadi penyelamat. Apalagi kalau pose yang kamu lakukan juga memicu untuk seseorang menjadikanmu keisengan. Yups, di era media sosial yang semakin jahat dan nggak terkontrol ini nggak ada lagi yang bisa kita lakukan selain melindungi privasi kita sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya