Tanggal 20 Oktober 2014 nanti, rakyat Indonesia akan melantik presiden yang baru: Joko Widodo. Artinya, presiden petahana kita yang sekarang, Susilo Bambang Yudhoyono, akan lengser dari jabatannya. Nggak terasa lho, ternyata udah 10 tahun SBY memimpin kita. Demi mengingat jasa-jasa beliau selama jadi presiden, Hipwee kali ini akan menuliskan artikel khusus untuk beliau.

Setelah menganalisis berbagai sumber, Hipwee akan menjabarkan disini hal-hal yang bisa dilakukan SBY setelah beliau tidak lagi berkantor di Istana Merdeka. Dari menanam cabai sampai jadi futurolog, gimana kalau kita langsung cek aja?

1. Jadi Kepala Organisasi Internasional

SBY bisa jadi Kepala Organisasi Internasional via upload.wikimedia.org

Sejak tahun 2012 sering terdengar rumor di media sosial bahwa SBY akan menggantikan Ban Ki-Moon menjadi Sekretaris-Jenderal PBB. Mulai dari berkontribusi dalam menyelesaikan negosiasi pemerintah RI dengan GAM, mendapat “World Statesman Award” dari Appeal of Conscience Foundation New York, menjaga stabilitas keamanan dan ekonomi di Indonesia dan ASEAN: reputasi SBY di dunia internasional memang oke sih.

Sayangnya, Saudara-Saudara: rumor itu SALAH! SBY nggak mungkin jadi Sekjen PBB karena pemilihan kepala organisasi internasional itu ditentukan sistem rotasi benua. Setelah Ban Ki-Moon yang orang Asia turun, yang menggantikan dia nggak boleh orang Asia lagi. Masa jabatan selanjutnya adalah “jatah” orang Eropa.

Advertisement

Tapi mengingat prestasi SBY yang mumpuni, wajar kalau beliau dapat banyak tawaran mengepalai organisasi internasional yang lain. Paling tidak itu menurut mantan Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal. Mungkin beliau bisa jadi chairman organisasi seperti The Climate Group atau badan-badan yang berada di bawah PBB? Kita tunggu aja sepak terjangnya. 

2. Beliau juga bisa jadi bapak warung nasi goreng

nasi goreng ala SBY via www.presidenri.go.id

Ya sudah. Kalau tidak jadi Chairman World Economic Forum atau Presiden Human Rights Council, mungkin SBY bisa buka warung nasi goreng. Entah bercanda atau nggak, SBY pernah mengutarakan niat itu di hadapan wartawan lho. Jangan anggap ini remeh. Kamu mungkin juga bisa bikin nasi goreng yang enak. Tapi nggak pernah ‘kan, nasi gorengmu dimakan sama tamu penting negara?

3. Mungkin, beliau juga berbakat jadi tukang kebun…

cangkul terus, Pak! via www.presidenri.go.id

Berkebun dan bercocok tanam emang kegiatan yang cocok buat para pensiunan. Tak terkecuali kalau pensiunnya dari ngantor di Istana Merdeka. SBY berkeinginan untuk berkebun ketika sudah tidak jadi presiden, bahkan beliau sudah kepikiran untuk berkebun cabai. Mungkin nanti beliau mau membuat padang cabai yang luas banget gitu, terus mempekerjakan banyak orang untuk memetik dan mengolahnya.

Satu pesan sih, Pak: anak buahnya nanti diawasi ya! Salah-salah, mereka korupsi. Hihi.

4. Jadi ahli masa depan

Ahli masa depan

Ahli masa depan disini maksudnya bukan yang sejenis Ki Joko Bodo ya. Ahli masa depan disini punya istilah keren “futurolog”, yang kerjaannya memprediksi tren sosio-politik, ekonomi, dan teknologi dengan data dan analisa ilmiah.

SBY pernah bilang kalau setelah beliau lengser, beliau punya niat jadi futurolog dan bikin klub futurolog. Dengan pengalamannya sebagai perwira tinggi TNI, menteri, sampai presiden, beliau memang bisa jadi futurolog yang tokcer!

5. Musisi

bermain gitar via stat.ks.kidsklik.com

Di tengah-tengah kesibukannya mengelola negara, SBY sempat mengeluarkan beberapa album musik: Rinduku Pada-Mu, Revolusi, dan Ku Yakin Sampai Disana. Kalau udah nggak mengelola negara lagi, kebayang dong bisa seberapa produktifnya beliau? Bukan nggak mungkin di masa depan SBY akan menelurkan album baru setiap tahun.

(Btw, kamu pernah tahu orang yang beli album beliau nggak sih? HEHE)

6. Penulis

Selalu ada pilihan via roniyuzirman.files.wordpress.com

Selain jago bikin lagu, SBY juga sudah menelurkan berbagai buku. Buku-bukunya pun nggak ecek-ecek: ada yang membahas Reformasi di Indonesia sampai pengalamannya saat menjabat menjadi presiden. Mungkin aja ‘kan, setelah lengser SBY bakal mengisi hari-harinya dengan menulis?

Hipwee juga membuka pintu seluas-luasnya kok buat SBY untuk menyumbangkan tulisan. Kalau Bapak baca artikel ini dan emang berniat untuk menyumbangkan 1-2 artikel, Bapak bisa kirimkan tulisan ke [email protected]

7. Penyair

Untuk menaklukkan Bu Ani yang merupakan seorang girl next door di zamannya, kegantengan dan kecerdasan doang itu gak cukup. Butuh bakat romansa yang hebat buat ngedapetin gadis cantik yang juga anak Jenderal TNI Sarwo Edhi itu.

Hipwee nggak punya sumber tentang gimana awalnya Bu Ani mau dipinang SBY. Tapi mungkin luluhnya hati beliau turut dipengaruhi oleh kehebatan SBY membuat puisi. Siapa sih yang gak meleleh dibuatin puisi romantis?

Nggak percaya kalau SBY jago buat puisi?Nih, syair yang dibuat SBY untuk ulang tahun ke-61 Ibu Ani

Bunga teratai mekar di kolam
terpantul cahaya rembulan hampir penuh
jatuh satu-satu di kelopak merah jambu
yang terapung.
tak hanyut oleh ombak cinta
di malam kasih

Di keheningan malam yang panjang
dan membisu,
dara manis melantunkan kidung kalbu
sendu, membalut rindu
sang teratai merah yang setia menunggu

Teratai indah tak selalu ada di hatiku
juga gadis ayu berambut ikal itu
tetapi tetap kutunggu
indahnya kasih di malam syahdu

Selamat Malam, terataiku
dan kekasih tambatan jiwaku

Gimana? Menyentuh sanubari, ‘kan? Bukan gak mungkin kalau SBY menghabiskan masa tuanya nanti dengan membuat buku kumpulan puisi.

8. Jadi guru

Guru besar via setkab.go.id

SBY pernah melontarkan keinginannya untuk menjadi guru ketika menghadiri acara ulang tahun PGRI. SBY bercerita bagimana ketika di Pacitan, beliau dibesarkan di lingkungan guru. Bahkan 1/5 hidup beliau dihabiskan dengan menjadi guru.

Meskipun gak dijelaskan apakah SBY mau jadi guru SD, SMP, SMA, atau dosen, siapa sih yang nggak mau punya guru mantan presiden yang multitalenta? Kamu tunggu di sekolah kami, ya, Pak!

9. Jadi brand ambassador

Kamu udah sering ‘kan lihat SBY tampil menggunakan produk sebuah perusahaan asal California, AS di depan publik? Nah, dengan citranya yang berkharisma, multitalenta, dan multi-tasking, SBY ini sebenarnya punya potensi lho buat menjadi brand ambassador produk-produk Apple. Siapa tahu ketika tahun depan kamu mampir ke Apple Store, kamu bakal disambut sama cardboard SBY memegang iPad.

10. Buzzer sosmed.

akun twitter via www.hipwee.com

Sejak diluncurkan pada 13 April 2013, akun Twitter resmi SBY kini sudah memiliki 5,4 juta follower! Banyak juga. Yang menge-like Facebook fanpage beliau juga nggak kalah banyak: 3,5 juta orang.

Dengan jumlah follower sebanyak itu, SBY bisa mempertimbangkan karir baru sebagai buzzer sosmed. Selain gak terlalu menguras banyak pikiran, profesi ini juga bisa membuat banyak anak muda terinspirasi untuk terjun ke industri kreatif!

Hmmm… Tadi abis ke Setarbaks sama cucu Aira dan Airlangga. Cafe latte-nya mantap!!! *SBY*

Kira-kira seperti itulah alternatif-alternatif kegiatan yang bisa SBY lakukan setelah turun dari tampuk kekuasaan. Mari kita berterimakasih atas berbagai jasa beliau dalam memimpin negeri ini. Semoga kiprahmu tak akan pernah terlupakan, Bapak!