8 Hal ini Normal Bagi Orang Korea, tapi Dianggap Nyeleneh Sama Orang Asing. Menurutmu Gimana?

Hal normal di Korea Selatan

Nggak bisa dimungkiri kalau Korea Selatan telah menjadi kiblat dunia hiburan mulai dari idol K-Pop hingga serial drama yang selalu berhasil menarik perhatian publik. Dari segi budaya, Korea juga cenderung memiliki budaya yang unik dan khas seperti budaya “ppali-ppali” yang memiliki makna cepat dalam melakukan sesuatu hingga masyarakatnya yang mencintai produk buatan dalam negeri.

Advertisement

Di balik gemerlapnya industri hiburan Korea, ternyata masyarakat Korea memiliki beberapa kebiasaan yang kerap dianggap nyeleneh sama orang asing lo. Kira-kira apa aja kebiasaan nyeleneh tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Kalau di Indonesia, biasanya perayaan ulang tahun ke-17 dirayakan secara besar-besaran. Nah, di Korea ulang tahun ke-16 ditunggu-tunggu banget, soalnya bisa minta operasi lipatan mata~

Photo by Leohoho on Unsplash

2. Di Korea, menulis nama menggunakan tinta berwarna merah itu dianggap berharap datangnya musibah lo! Serem banget~

Tinta merah | Credit via aminoapps.com

Advertisement

3. Kalau kamu ke Korea dan ditanya soal umur, usia kamu bakal jadi satu tahun lebih tua. Pasalnya, saat janin masih di dalam kandungan itu sudah dihitung sebagai umur satu tahun. Belum juga lahir udah umur setahun aja ya 🙁

Photo by Jonathan Borba on Unsplash

4. Orang Korea juga masih percaya sama ramalan golongan darah. Bahkan, terkadang golongan darah dipakai jadi acuan buat wawancara kerja sampai mencari pasangan lo. Hmm nambah lagi deh kerjaan HR di Korea buat analisis karakter kandidat berdasarkan golongan darah :”)

Golongan darah | Credit via hellosehat.com

5. Kalau biasanya kita pakai mesin pencari dari Google atau Mozilla Firefox, di Korea umumnya pakai Naver atau Daum. Dua mesin pencari tersebut asli buatan negara mereka sendiri. Tim antimainstream~

Mesin pencari Naver | Credit via sms-man.com

Advertisement

6. Melepas kaus kaki saat bertamu ke rumah orang lain justru dianggap sebagai sesuatu yang nggak sopan di Korea. Kalau di sini mah gerah euy pakai kaus kaki di dalam rumah 🙁

Kaus kaki | Credit via facetofeet.com

7. Orang Korea juga suka memberikan aksi imut yang biasa disebut ‘aegyo’ saat sedang meminta atau ingin mendapatkan sesuatu. Kebiasaan ini pasti jadi awkward banget kalo di negara lain :”)

Aegyo | Credit via koreaboo.com

8. Terakhir, ini yang paling nyeleneh sih. Kalau kamu ke Korea, kamu bisa lihat penampakan pohon yang dipasang cairan infus. Soalnya mereka menganggap pohon kayak manusia yang harus dirawat. Tenang, infusnya isinya cairan pupuk kok supaya pohonnya tetap ternutrisi selama musim panas

Infus pohon | Credit via reddit.com

Itulah sederet hal yang dianggap normal oleh orang Korea tapi dianggap nyeleneh sama orang asing. Ternyata, di balik ‘gelar’ sebagai kiblat fesyen, kecantikan, dan hiburan, Korea punya kebiasaan dan budaya yang unik juga ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE