5 Tokoh Hantu Perempuan di Film Horor Indonesia yang Jadi Urban Legend. Mana yang Paling Seram?

Penampakan hantu pada film horor memang menjadi salah satu poin yang membuat penonton ketakutan. Bahkan sosok hantu yang ditampilkan seringkali masih terbayang-bayang meski film yang ditonton sudah selesai. Di film horor Indonesia, tampaknya sangat identik dengan hantu perempuan. Dari film-film horor zaman dulu, hingga film horor terbaru sekalipun.

Advertisement

Bahkan, meski hanya menjadi tokoh dalam film, tapi beberapa hantu perempuan justru menjadi ikonik, bahkan jadi urban legend yang berkembang di masyarakat. Berikut ini beberapa tokoh hantu perempuan di film horor Indonesia yang dinilai menyeramkan dan jadi urban legend.

1. Sundel bolong yang diperankan oleh Suzzanna di berbagai film horor di tahun 1970-an

hantu perempuan ikonik di film horor indonesia

Sundel bolong Suzzanna | Foto dari YouTube

Tokoh hantu perempuan Indonesia paling legendaris dan jadi urban legend hingga saat ini adalah sundel bolong. Sosok hantu perempuan dengan rambut panjang, jubah putih dan lubang di punggung ini pertama kali diperankan oleh Suzzanna dalam film Beranak dalam Kubur (1971). Menurut sejarahnya, sundel bolong diceritakan berasal dari perempuan yang mati karena diperkosa dan melahirkan di dalam kubur.

Di tahun 1981, Suzzanna kembali memerankan sosok hantu ini di film Sundel Bolong. Suzzanna yang terkenal sebagai aktris horor akhirnya bisa menjadi gambaran sosok sundel bolong dengan cerita sejarah dan wujudnya yang sangat menyeramkamkan. Ia kerap muncul di pohon-pohon besar dan membeli sate mentah dengan uang daun. Apalagi diceritakan juga bahwa hantu ini bergentayangan untuk balas dendam, jadi semakin menyeramkan.

Advertisement

2. Hantu Si Manis Jembatan Ancol yang menjadi kisah legenda di masyarakat Betawi

hantu perempuan ikonik di film horor indonesia

Si manis jembatan Ancol | Foto dari YouTube

Si Manis Jembatan Ancol merupakan sinetron horor komedi yang dirilis tahun 1993. Berkat kesuksesan sinetron itu, akhirnya diadaptasi jadi film layar lebar dengan judul yang sama. Di balik cerita yang diangkat dalam sinetron dan film populer pada masanya itu, ternyata hantu Si Manis Jembatan Ancol menjadi urban legend di masyarakat.

Konon hantu ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Si Manis Jembatan Ancol berasal dari perempuan muda bernama Ariah atau dikenal juga dengan Mariam yang meninggal akibat pembunuhan tragis yang menimpanya. Jenazah Mariam ditemukan sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol.

Banyak masyarakat yang mengaku sering melihat penampakan Mariam yang parasnya cantik dengan busana serba merah di sekitar Jembatan Ancol. Sehingga penampakan Mariam disebut juga dengan hantu Si Manis Jembatan Ancol. Hantu ini juga sering dikaitkan dengan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, setiap kendaraan yang lewat membunyikan klakson sebagai tanda permisi supaya selamat.

Advertisement

3. Suster ngesot, sosok hantu seram yang identik dengan lingkungan rumah sakit

hantu perempuan ikonik di film horor indonesia

Suster ngesot | Foto dari Netflix

Hantu ini diceritakan dalam film Suster Ngesot (2007). Film yang berlatar di sebuah asrama tua sebuah rumah sakit ini dikenal sebagai film horor besar dan terlaris di tahun perilisannya. Suster ngesot diceritakan berasal dari suster bernama Lastri yang dibunuh oleh kekasihnya yang merupakan seorang dokter. Lastri tewas karena dianiaya hingga kakinya patah setelah ia memergoki sang kekasih selingkuh. Kemudian jasad Lastri dikubur di dinding kamar seorang suster muda.

Hantu Lastri digambarkan sebagai perempuan berseragam suster yang berjalan dengan cara ngesot di lantai, karena kakinya patah. Suster ngesot ini gentayangan dan sangat membenci perselingkuhan. Penampakan suster ngesot di film ini tampaknya membayangi penonton dan kisahnya menjadi urban legend yang masih terkenal hingga saat ini terutama dilingkungan rumah sakit atau dunia medis.

4. Hantu Ivanna, wanita belanda yang ingin balas dendam karena dibunuh secara keji

hantu perempuan ikonik di film horor indonesia

Ivanna | Foto dari YouTube

Hantu Ivanna merupakan salah satu karakter hantu dari novel karya Risa Saraswati. Hantu Ivanna diangkat dalam novel dan film dari kisah nyata. Pada film Danur dan yang terbaru Ivanna yang dirilis pada 2022 ini, hantu Ivanna digambarkan dengan sosok wanita belanda.

Ia bergentayangan dengan menghadirkan misteri-misteri mengerikan untuk balas dendam. Diceritakan bahwa Ivanna meninggal karena dibunuh dengan keji. Misi balas dendam ini membuat karakter Ivanna jadi jahat, dengan busana kuno yang khas dengan noni-noni Belanda.

5. Hantu ibu di film Pengabdi Setan menjadi sosok menyeramkan yang akan menjemput anak-anaknya ke alam baka

hantu perempuan ikonik di film horor indonesia

Hantu ibu | Foto dari CGV

Film Pengabdi Setan pertama yang dirilis pada tahun 2017 sudah mengenalkan sosok hantu ibu yang menyeramkan. Dari film pertama saja, sudah berhasil membayangi penonton usai menonton film fenomenal ini. Di film Pengabdi Setan 2: Communion, hantu ibu digambarkan dengan sosok yang lebih menyeramkan.

Ia datang dengan cara terbang, sorot matanya yang lebih tajam, dan jubah putihnya yang lusuh, ditambah misinya untuk menjemput anak-anaknya ke alam baka menjadikan hantu ibu jadi sangat seram.

Hantu ibu memburu anak-anaknya setelah ia mengabdikan diri pada setan dan ilmu hitam. Hal ini membuat anak-anaknya harus menghadapi banyak misteri dan menghindari kematian meski sudah berpindah rumah.

Nah, itulah tokoh hantu-hantu perempuan di film horor Indonesia yang paling seram dan jadi urban legend. Menurutmu hantu mana yang paling seram?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE