Kecuali kalau sedang hujan, berkendara pakai motor memang enak, apalagi boncengan bareng teman, dijamin banyak obrolan seru sepanjang jalan. Kalian melintasi sudut kota, menyusuri jalan yang kadang berlubang bergeronjal, sambil sesekali mengumpat soal rem mendadak atau temanmu yang di depan itu terlalu kencang menarik gas. Lihat, ada cabe-cabean, awas pasang konsentrasi jangan sampai ajang kenalan di jalanan jadi arena kecelakaan yang menyakitkan. Di jalanan memang semua hal datang tanpa terduga, pokoknya seru deh kalau boncengan sama teman dekat.

Tapi ada topik obrolan yang mestinya jangan diperbincangkan di atas sepeda motor yang melaju itu. Selain bisa hilang fokus, ngobrol serius di motor juga nggak terlalu asyik, sering salah dengarnya. Kamu dan kawanmu harus sepakat kalau beberapa topik obrolan di bawah ini memang nggak cocok dibawakan saat berboncengan. Obrolan di motor bisa merusak konsentrasi pengendara yang di depan, yang bonceng sih selow aja. Bisa jadi atau kemungkinan besar, kecelakaan baik tunggal maupun ramai-ramai terjadi karena obrolan yang nggak sesuai tempat. Kamu harus bijak menentukan tema obrolan apalagi pas ngebut … hindari deh!

1. Jangan menagih utang temanmu saat di jalanan, mending ganti topik daripada saking emosinya, tuh motor ditabrakin? Amit-amit deh!

“Bro, yang ‘kemarin’, sekarang udah ada belum?” via youtube.com

2. Hentikan kritikanmu terhadap cara berkendara temanmu. Sumpah deh, kadang bikin kesal kalau terus-terusan disalahkan

“Lo diem, percaya sama gue!” via assfaultjunkies.com

3. Jangan ngobrolin mantan! Kalau temanmu memaksa, mending turunkan saja di jalan

“Udah tua masih ngomongin mantan … turun!” via donnagiles.blogspot.com

4. Menyeramkan! Jangan ngobrolin peristiwa kecelakaan yang menakutkan di jalanan, ini malah bikin parno!

“Jangan bikin parno!” via motovista.wodpress.com%20

5. Jangan ngegosip, apalagi sambil bisik-bisik! Nggak bakal kedengeran juga 😀

“HA-HA-Ha gue nggak denger lo ngomong apa …” via helmetsaves.life%20

6. Meski resesi ekonomi membelenggumu, jangan menggadaikan barang-barangmu ke teman saat lagi dibonceng. Transaksi gagal 100%!

“Bro, butuh duit nih … gue pinjemin sejuta, lo bawa dulu nih motor,” via monkeymotoblog.com

7. Kalau gadai barang saja dilarang, apalagi jualan! Yakin deh, ajang tawar menawar bikin konsentrasi berkendara hilang

“Kalo lo ambil sekarang harganya masih murah, besok naik. Gimana?” via tiggdigg.com

8. Jangan ngobrolin orang yang temanmu nggak kenal, selain bikin temanmu itu mikir keras juga bisa terjadi ledakan emosi karena nggak nyambung

“Iya, gue tahu. Tapi dia siapa? Temen lo!?” via hiveminer.com

9. Lampu merah adalah saatnya kamu diam, jangan malah ngomongin pengendara di sebelahmu keceng-kenceng. Orangnya bisa marah!

“Iya, nggak ada hujan ngapain pake jas hujan, ya?” via SkyscraperCity.com

10. Apapun topik obrolan kalian, jangan ikuti gaya Dilan dan Milea yang boncengan. Nggak pakai helm, hujan-hujanan, masih aja digombalin 🙁

“Kamu mimimimi … mi depan mi belakang?” via youtube.com%20

Advertisement

Hujan turun, seperti biasa kalian berdua berteduh di pinggir jalan, mengumpat satu sama lain karena lupa nggak bawa jas hujan. Begitu hujan reda, di perempatan jalan ada razia, selepas ditilang firasat burukmu terbukti benar, ban bocor di tengah jalan. Petang datang, matahari hilang, kalian tersasar semakin dalam, tapi dengan semangat kalian percaya bahwa ini adalah “petualangan”, sebuah pembenaran dari kesialan kesasar nggak tahu jalan. Apes!

Terlepas dari itu, sebenarnya masih banyak hal yang nggak boleh kamu bicarakan saat boncengan motor dengan temanmu. Selain nggak efektif, percakapan di atas motor kadang bikin orang lain terganggu, karena barangkali suaramu yang begitu kencang. Nah, kalau kamu sendiri, pernah ngomongin apa aja sama temanmu saat boncengan motor?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya