Segala sesuatu yang unik dan nggak biasa memang dengan mudah tersebar dan viral di media sosial zaman sekarang. Apapun itu, asalkan bisa menghibur, para netizen nggak segan-segan untuk ikut menyebarkannya. Nggak tahu darimana asal gambar, tulisan, atau video tersebut, yang penting mereka ikutan membagi tautan itu di media sosial masing-masing. Celakanya, kadang-kadang orang yang mengonsumsi tidak paham konteks pembuatan konten yang mereka dapatkan.

Contohnya salah satu potongan video ini. Tiba-tiba saja iklan ini jadi bahan obrolan netizen karena ada sesuatu yang aneh di dalam videonya.

Beberapa waktu lalu, netizen ramai memperbincangkan sebuah iklan sampo dimana pemerannya keramas menggunakan hijab

Ramai di 9gag

Sebuah potongan video beredar di media sosial, khususnya Instagram dan Facebook. Video yang berdurasi sekitar 15 detik itu memperlihatkan seorang cewek yang awalnya melihat iklan sampo di majalah. Setelah itu dia keramas dengan menggunakan produk tersebut. Tapi yang membuat iklan ini beda adalah sang cewek tetap menggunakan baju, kerudung, bahkan make-up ketika keramas.

Setelah sebuah screenshoot video tersebut beredar di situs humor, netizen mulai mengejek iklan ini

Komentar netizen via 9gag.com

Advertisement

Video yang menyebar cepat ini tentu saja menjadi ramai diperbincangkan oleh para netizen. Nggak sedikit yang menertawakan iklan ini karena dianggap konyol. Iklan sampo yang seharusnya memperlihatkan seseorang sedang mencuci rambut alias keramas, malah diperlihatkan seorang cewek yang membasuh kerudungnya, bukan rambutnya. Apalagi ketika seorang netizen mengunggah hasil screenshoot video ini di situs humor 9Gag, maka semakin hebohlah iklan ini diperbincangkan. Komentar-komentarnya bahkan mencaci iklan ini.

Padahal, potongan video tersebut berasal dari parodi iklan 90-an yang ada di Malaysia

Setelah menjadi bulan-bulanan netizen, termasuk yang bilang kalau orang Malaysia (yang bikin video) adalah orang paling bodoh di Asia, netizen yang mengetahui cerita lengkap video ini pun angkat bicara. Ternyata, potongan iklan sampo di mana cewek yang sedang keramas itu menggunakan jilbab, adalah sebuah video parodi. Video yang berjudul “Budak 90an Je Tahu Iklan-Iklan Jenis Macam Ni…” dan diunggah oleh akun bernama Mr The All Shared sengaja dibuat untuk mengenang iklan-iklan di tahun 90-an yang pasti diingat oleh anak-anak yang lahir pada tahun tersebut. Jadi ini memang dibuat untuk hanya mengenang iklan masa lalu, bukan iklan sampo yang sungguhan.

Karena mereka nggak mau memperlihatkan aurat si cewek, makanya pemeran video parodi tersebut menggunakan kerudung

Video ini memang merupakan cuplikan iklan sebuah produk sampo di Malaysia pada tahun 90-an. Di video aslinya, digambarkan bagaimana sepasang cewek dan cowok berkenalan di perpustakaan lewat sebuah kejadian nggak terduga yang klise. Nah, parodi ini ingin memperlihatkan perbedaannya dengan masa sekarang, di mana orang-orang berkenalan dengan mudah hanya menggunakan media sosial. Dalam video aslinya, sang cewek memang nggak menggunakan kerudung saat dia keramas. Tapi dalam video parodi yang ini, pemerannya sengaja memakai kerudung karena nggak ingin memperlihatkan auratnya. Tapi memang bukan soal keramasnya yang jadi inti dari video tersebut. Melainkan nostalgia terhadap masa lalu.  Jadi memang sekalian untuk lucu-lucuan saja.

Iklan dulu2 modal dia mesti nak terlanggar dekat library. Pastu buku jatuh. Pastu jeling2. Drama sangatt. Budak zaman sekarang shake wechat jee pon dah berputik. Padiaaa…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya