Siapa yang tidak suka cokelat? Gambarnya saja kadang sudah membuat kita tergiur melahapnya. Rasa manisnya begitu khas, bercampur dengan sedikit rasa pahit yang membuat kita tidak bisa berhenti memakannya. Sayangnya, sebagian dari kita khawatir akan efek coklat terhadap berat badan. Ujung-ujungnya, kita pun jadi membatasi diri dari konsumsi produk makanan yang nikmat ini.

Padahal tidak hanya rasa lezat saja yang diberikan oleh cokelat. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa cokelat memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuhmu. Ini lho, beberapa khasiat ajaib cokelat yang membuatmu tak usah takut memakannya lagi:

1. Cokelat Itu Baik Untuk Jantung

Mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 6,7 gram setiap harinya dapat membantumu menjaga kesehatan jantung. Cokelat hitam tidak memiliki kandungan kolesterol, sehingga tidak akan membuat tekanan darahmu naik dan lemakmu menumpuk. Justru mengkonsumsi cokelat hitam ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko terkena serangan jantung atau stroke sebesar 39%. Selain itu, cokelat hitam juga merupakan agen inflamasi yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cokelat bisa menjadi salah satu camilan sehatmu via 3news.co.nz

Cokelat hitam memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuatmu cepat merasa kenyang. Menjadikan cokelat hitam sebagai camilanmu akan mampu menurunkan hasratmu untuk memakan makanan manis, asin, dan berlemak setelahnya. Solusi yang pas nih untuk kamu yang lagi diet!

3. Menimbulkan Perasaan Bahagia

Advertisement

Makan cokelat dapat menimbulkan perasaan bahagia via express.co.uk

Cokelat diketahui memiliki kandungan phenethylamine yang mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin ini dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia — hormon yang sama dengan saat merasa jatuh cinta. Inilah alasan mengapa cokelat menjadi pilihan hadiah saat Hari Valentine, karena makna dari hari tersebut adalah untuk berbagi kasih sayang dan kebahagiaan.

4. Mempercantik Kulit Wajah

Masker cokelat untuk wajah normal-berminyakmu via life.viva.co.id

Cokelat hitam tidak hanya untuk dimakan saja, lho. Menjadikan cokelat hitam sebagai masker wajah akan membuat wajahmu menjadi lebih berkilau dan tidak berjerawat. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal-berminyak.

Cara membuatnya mudah. Pertama, lelehkan cokelat hitam dengan cara ditim hingga cair sambil diaduk. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya dan diamkan hingga cukup dingin tanpa jadi mengeras. Kalau sudah dingin, oleskan coklat secara merata pada wajah — dengan menghindari bagian mata dan pinggir mulut. Tunggu sekitar 20 menit dan bilas dengan air hangat. Yakin deh setelah itu wajahmu akan lebih bersinar dan segar.

5. Mengurangi Stres

Saat sedag stres, makan saja cokelat via huffingtonpost.ca

Saat kamu merasa stres, jangan lampiaskan perasaan itu pada hal-hal yang merugikan dirimu. Makan saja satu butir cokelat hitam dan secara perlahan, perasaanmu pasti menjadi lebih tenang. Kok bisa?

Cokelat hitam memiliki kandungan anandamin dan serotonin yang merupakan antidepresan alami. Mengkonsumsi cokelat hitam saat stres dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan membuat kerja otakmu menjadi lebih tenang. Selalu sediakan cokelat hitam di ruang kerjamu, ya. Jadi saat pekerjaan mulai membuat kepalamu ingin pecah, ada cokelat hitam yang menenangkanmu.

6. Memperlancar Peredaran Darah

Cokelat dapat memperjelas penglihatanmu via www.notonthehighstreet.com

Cokelat memiliki sistem kerja seperti aspirin yang bersifat anti-penggumpalan darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi cokelat dapat memperlancar peredaran dan sirkulasi darah dalam tubuh. Lancarnya peredaran dan sirkulasi darah akan membuat tubuhmu menjadi lebih segar, otakmu lebih rileks, dan syarafmu lebih waspada. Kamu pun jadi lebih fokus dalam melakukan sesuatu.

Tidak hanya ke tubuh saja. Aliran darah ke retina mata pun akan meningkat dan membuat penglihatanmu menjadi semakin jelas. Cocok nih untuk kamu yang bermata minus. Siapa tahu minus matamu jadi berkurang karena mengkonsumsi cokelat hitam?

7. Menutrisi Rambut

Cokelat menutrisi rambutmu via lareayuspa.blogspot.com

Mengkonsumsi cokelat hitam dapat memberikan nutrisi pada rambutmu dari dalam tubuh. Tapi, rambut juga perlu nutrisi yang berasal dari luar, seperti creambathhair spa, atau masker rambut. Nah, selain dari dalam tubuh, cokelat hitam juga bisa menutrisi rambutmu dari luar dengan menjadi bahan utama krim perawatan. Enaknya lagi, kamu tidak perlu capek-capek membuatnya karena sudah banyak krim siap pakai yang bisa kamu beli di toko perlengkapan salon dan kecantikan.

Kandungan protein dalam cokelat hitam ini dapat membuat rambutmu menjadi lebih berkilau dan lembab, sehingga tidak mudah patah dan tumbuh dengan subur. Selain itu, kandungan polifenol yang ada dalam cokelat juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri pemicu ketombe di rambutmu.

8. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Kandungan antioksidannya tinggi via www.12wbt.com

Antioksidan bermanfaat mencegah radikal bebas dan penuaan dini. Nah, cokelat hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Mengkonsumsinya akan mengurangi risikomu untuk terkena berbagai penyakit yang disebabkan zat radikal bebas — seperti kanker. Kulitmu pun akan jadi lebih awet muda.

9. Membuat Kulit Tubuh Lebih Berkilau

Kulit tubuhmu berkilau berkat cokelat via www.sehatplus.com

Setelah merawat rambut dan wajahmu, cokelat hitam juga dapat merawat kulit tubuhmu dengan baik lho. Caranya adalah dengan melakukan lulur dan masker tubuh berbahan dasar cokelat hitam. Pilih paket lulur dan masker cokelat hitam di salon dan bersiaplah memiliki kulit yang halus berkilau.

10. Membantu Meredakan Batuk

Meredakan gejala batukmu via nbcnews.com

Biasanya kalau kita sedang sakit batuk, orang tua melarang kita untuk memakan cokelat ‘kan? Mengonsumsi cokelat yang manis seringkali dianggap menjadi penyebab batuk. Padahal, sebenarnya senyawa kakao yang menjadi bahan dasar cokelat hitam memiliki kandungan yang dapat mengurangi gejala batuk kronis, lho. Jadi mulai sekarang kalau tenggorokanmu sudah gatal dan menunjukkan gejala akan batuk, konsumsilah cokelat hitam 1 batang kecil setiap harinya. Ingat ya, cokelat hitam. Bukan cokelat susu.

Itulah 10 khasiat ajaib yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi cokelat. Catatannya: untuk mendapat manfaat maksimal, konsumsilah cokelat hitam dengan kadar kakao minimal 70%. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga supaya hidupmu tetap seimbang. Selamat memakan cokelat!