Sebagai masyarakat yang sudah nggak asing dengan jasa ojek online, pernah nggak sih penasaran sama siapa pengemudi ojol pertama di Indonesia? Gojek, sebagai aplikasi ojol pertama ternyata mencatat nama Mulyono sebagai orang yang berpengaruh dalam sejarah berdirinya Gojek.

Nggak salah lagi, beliau adalah orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai pengemudi ojol sebelum Gojek sebesar sekarang. Lika-liku perjuangan Mulyono bikin banyak orang terkesima. Simak cerita lengkapnya di uraian Hipwee Hiburan berikut!

Tempat mangkal Pak Mulyono dulunya berdekatan dengan kantor pertama Gojek. Sehingga dia pun memberanikan diri untuk bergabung

Sosok Mulyono (52). via www.liputan6.com

Advertisement

Pak Mulyono (52 tahun) awalnya juga seorang pengemudi ojek yang biasa mangkal dekat rumah Nadiem Makarim yang dahulu dipakai sebagai kantor operasional Gojek. Pada Agustus 2010 Pak Mul kemudian mendaftarkan diri sebagai driver dan diberi nomor khusus yaitu 001. Nggak hanya itu, sebelum adanya aplikasi Gojek, driver dihubungi lewat telepon untuk menjemput orderan. Alamat lengkap pelanggan pun dikirimkan lewat pesan singkat. Saat ini, ketika perusahaan Gojek sudah jauh berkembang, Pak Mul masih setia menjadi driver lo. Siapa nih yang pernah diantar Pak Mul?!

Jauh sebelum Gojek berseragam hijau, Pak Mul juga sempat mengenakan jaket abu-abu sebagai seragam driver

Selain dihubungkan hanya melalui telepon dan SMS, Pak Mul juga sempat mengalami masa-masa mengenakan jaket abu-abu. Seragam driver Gojek dahulu memang belum berwarna hijau seperti sekarang. Belum lagi kantor operasional Gojek yang dahulu hanya berupa garasi berukuran 5×7 meter saja, semua pernah benar-benar disaksikan oleh Pak Mul. Nggak heran kalau nama “Mulyono” juga bisa tercatat sebagai salah satu sosok yang berjasa dalam sejarah berdirinya Gojek.

Sempat bentrok dengan ojek konvensional, ditimpuk, hingga dikalungi golok. Pak Mul nggak pernah menyerah dan terus menjalankan tugasnya sebagai driver

Dulu gojek nggak terlalu diterima. via teknopedia.asia

Sebelum seterbuka sekarang, ojol memang pernah mengalami bentrok dengan pengemudi ojek konvensional yang merasa lahan mata pencahariannya terancam. Beberapa kali Pak Mul pernah diintimidasi oleh beberapa ojek pangkalan. Mulai dari ditimpuki, dikejar-kejar saat mengambil orderan, hingga dikalungi golok dan diancam. Namun dia merasa nggak pernah bermaksud mengganggu dan merebut rezeki orang. Karena apa yang dilakukannya juga dalam rangka mencari nafkah.

Karena terinspirasi oleh Nadiem Makarim sebagai pendiri Gojek, Pak Mul kemudian menamai anaknya Nadiem Saputra

Dapat bonus ponsel dari Mentri Perhubungan. via poskotanews.com

Advertisement

Loyalitas Pak Mul memang nggak bisa diragukan lagi. Sebagai driver Gojek pertama dan mitra yang setia, Pak Mul kemudian menamai anaknya Nadiem Saputra. Dia mengaku nama tersebut terinspirasi dari perjuangan Nadiem Makarim sebagai pendiri Gojek. Kini penghasilan Pak Mul berkisar antara 6-7 juta per bulannya. Dia pun pernah mendapatkan hadiah ponsel dari Menteri Perhubungan atas dedikasinya sebagai driver ojol yang loyal dan berprestasi.

Kisah tentang perjuangan Pak Mul dan ojol jadi makin viral dan banyak dibicarakan warganet. Banyak pengemudi ojol yang kemudian terinspirasi dengan keteguhan dan kesetiaan Pak Mulyono. Setiap yang berusaha pasti menemukan jalan keluar, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya