JAFF 2022 Kembali Digelar, Tayangkan 137 Film dari 19 Negara dan Bawa Program Baru

Festival film Jogja-NETPAC Asian Film Festival akan kembali menyapa insan perfilman dan penikmatnya pada 26 November hingga 3 Desember 2022. Sama seperti tahun lalu, JAFF 2022 juga diselenggarakan secara hybrid. Kalau kamu ingin menyaksikan secara langsung, bisa mengunjungi bioskop Empire XXI dan LPP Yogyakarta. Sedangkan untuk acara daring akan disiarkan melalui layanan streaming KlikFilm.

Advertisement

Tahun ini, JAFF genap berusia 17 tahun. Mengangkat tema “Blossom”, JAFF 2022 akan menayangkan 137 film dari 19 negara di Asia Pasifik. Spesial mulai tahun ini, untuk pertama kalinya JAFF akan menayangkan serial sebagai respons dari tingginya minat masyarakat terhadap series belakangan ini.

Deretan program terbaru yang akan memeriahkan JAFF 2022

Ifa Isfansyah, Festival Director JAFF 2022

Ifa Isfansyah, Festival Director JAFF 2022 | dok. Tangkapan layar konferensi pers virtual JAFF 2022

Festival film ini tiap tahunnya selalu diisi dengan beragam program yang berisi deretan film sesuai kategorinya. Kali ini, JAFF 2022 menyediakan total 17 program untuk dinikmati penonton selama delapan hari pagelaran. Di antara 17 program itu, ada beberapa yang baru digagas tahun ini seperti JAFF-series, Emerging, dan Sepakbola untuk Semua.

“Pada tahun ini ada beberapa program baru yang kami gagas. Menurut kami festival harus sangat dinamis menyikapi pertumbuhan-pertumbuhan itu. Kami akan punya untuk pertama kalinya program serial. Bagaimana serial berkembang dan hampir semua festival di dunia ada program serial,” kata Ifa Isfansyah, direktur festival JAFF 2022 dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/11).

Advertisement

Untuk pertama kalinya, JAFF memasukkan film serial dalam festival ini. Nantinya, akan ada dua series yang ditayangkan, salah satunya Teluh Darah karya sutradara Kimo Stamboel. Selain itu, JAFF juga menggagas program Emerging untuk mewadahi sutradara film pendek yang baru pertama kali menayangkan filmnya di festival. Sejumlah 10 film pendek akan mengisi program Emerging ini.

Yang nggak kalah menarik, tahun ini JAFF juga punya program baru bertajuk Sepak bola untuk Semua. Program Director JAFF 2022, Alexander Matius mengatakan bahwa program ini hadir untuk menyikapi Tragedi Kanjuruhan sekaligus untuk menyambut Piala Dunia 2022. Keempat film yang ditayangkan akan bercerita tentang suporter sepak bola. Dua di antaranya khusus mengangkat kisah Aremania, suporter klub bola Arema FC.

Antusiasme besar dari insan perfilman sudah terasa bahkan sebelum hari pelaksanaan JAFF 2022. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah film yang didaftarkan untuk tayang, yakni berjumlah 3621 film dan berasal dari 100 negara di dunia.

Advertisement

Munculnya banyak nama sutradara baru membuat JAFF 2022 lebih segar dan menandakan dunia film yang terus berinovasi

Konderensi pers JAFF 2022

Konferensi pers JAFF 2022 | dok. Tangkapan layar konferensi pers virtual JAFF 2022

Salah satu manfaat dari adanya festival film adalah dikenalnya sutradara baru beserta karya-karyanya. Menurut Lola Amaria, produser dan sutradara film, generasi baru dunia perfilman ini penting untuk diikut sertakan. Soalnya, merekalah yang nantinya akan menerima tongkat estafet dan melanjutkan kesuksesan dunia perfilman.

“Mendengarkan program yang disampaikan oleh Kak Matius juga menarik sekali karena ada banyak nama baru yang rasanya bisa membuat film Indonesia lebih berwarna. Artinya, selain nama-nama yang sudah established, nama-nama dan karya-karya baru ini penting untuk dilihat karena merekalah nanti yang akan punya posisi.

Harus didukung sebagaimana para senior dulu mendukung kami yang masih muda. Diberi jalan, media untuk memutarkan karya, apresiasi,” kata Lola Amaria.

Selain itu, Lola menjelaskan kalau generasi baru ini akan menambah semarak festival dan memperkaya ide-ide baru untuk dieksekusi dalam bentuk film nantinya. Tentu semangat seperti itu yang harus selalu dipupuk agar dunia perfilman terus berkembang.

Penjualan tiket JAFF 2022 akan dibuka mulai tanggal 19 November 2022 lewat platform tix.id dengan harga Rp35 ribu. Untuk kamu ketahui, penjualan tiket akan dibuka sampai satu hari menjelang pemutaran film yang akan kamu tonton. Jadi, pastikan untuk mengecek jadwal penayangan film di sosial media atau situs resmi JAFF 2022, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE