Jenis-jenis Spesies Hantu yang Selama ini Nggak Banyak Orang Tahu. Bikin Merinding!

Nggak cuma menyeramkan saja, beberapa spesies hantu ini dipercaya sebagai bentuk santet

Berbicara soal hantu, di Indonesia sendiri kita banyak mengenal berbagai hantu yang kerap kali sukses bikin bulu kuduk merinding. Misalnya, pocong, kuntilanak, kuyang, dan lain-lain. Hantu-hantu ini biasanya dikenal dan digambarkan lewat film atau serial horor Indonesia. Terlepas dari film-film yang menggambarkan keberadaan hantu tersebut, nyatanya sudah banyak orang-orang di luar sana yang mengaku pernah melihat beberapa jenis hantu dengan matanya sendiri.

Advertisement

Namun, kalian pernah tahu nggak kalau ternyata setiap jenis hantu Indonesia tersebut ternyata punya spesies masing-masing? Uniknya, setiap spesies ini dibedakan dengan kategori-kategori yang kocak banget. Penasarankan? Coba deh cek ulasan berikut ini ya, SoHip!

1. Ternyata ada spesies kuntilanak pelakor

Kuntilanak

Jenis-jenis spesies hantu Indonesia | Credit: Twitter

Hantu kuntilanak rupanya dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu normal, pelakor, merah, durmo dan hitam. Kuntilanak normal adalah kuntilanak yang selama ini dikenal orang banyak atau bahkan banyak orang juga pernah melihatnya. Jadi, kalau kuntilanak yang ini sih pasti udah familiar banget.

Kalau kuntilanak yang satu ini, benar-benar unik banget, namanya kuntilanak pelakor yang dipercaya biasanya mengincar laki-laki berparas tampan dan kaya raya baik yang masih jomlo atau bahkan sudah beristri. Wajib banget diwaspadai sih kalau yang ini!

Advertisement

Selanjutnya, ada kuntilanak merah yang katanya ketika muncul menimbulkan bau yang amis atau anyir serta suara ketawa yang keras dan hobi meneror. Dibayangkan saja sudah bikin merinding ya, SoHip~

Terakhir, kuntilanak durmo dan hitam yang mana kuntilanak ini adalah kuntilanak yang dekat dunia dukun dan santet. Kalau kuntilanak hitam biasanya dimiliki oleh dukun atau paranormal yang menggunakannya untuk ilmu santet. Sementara itu, kuntilanak durmo merupakan kuntilanak yang punya keahlian mengabulkan permintaan tuannya. Serem banget ya.

Baca konten menarik seputar leak: Ngerinya Bertetangga dengan Leak, Makhluk Mitologi Bali Pengincar Organ

Advertisement

2. Spesies pocong, mulai dari yang origin sampai pocong kaliboyong

Pocong

Jenis-jenis spesies hantu Indonesia | Credit: Twitter

Ada empat jenis pocong yang katanya biasa menghantui manusia, namanya pocong origin, normal, red pocong atau pocong merah, dan pocong kaliboyong.

Tak begitu banyak perbedaan antara pocong origin dan pocong normal. Kalau pocong origin biasanya hanya berusia 7 hari dan hanya datang untuk meminta doa. Sementara pocong normal, berusia 40 hari dan kedatangannya bertujuan untuk meminta doa dan menyampaikan pesan.

Red pocong atau pocong merah adalah jenis spesies pocong yang berbeda. Pocong yang satu ini dibalut kain kafan yang berwarna merah akibat darah yang bercucuran. Katanya sih biasanya pocong yang satu ini mati karena kecelakaan tragis dan dikubur tidak dengan cara yang tepat. Merinding~

Sedangkan pocong kaliboyong adalah spesies pocong kain kafannya juga berwarna merah karena darah. Katanya sih pocong ini adalah pemimpin organisa pocong kaliboyong dan berbahaya. Ada-ada saja ya, definisinya.

3. Spesies hantu pananggal atau hantu kepala ternyata nggak hanya kuyang saja

Kuyang

Jenis-jenis spesies hantu Indonesia | Credit: Twitter

Salah satu jenis hantu kepala yang sudah familiar di kalangan masyarakat adalah kuyang yang mana dikenal sebagai hantu yang biasanya dimiliki segelintir oknum untuk memperpanjang usia atau agar tetap awet muda. Biasanya, hantu-hantu ini meminum darah bayi yang baru lahir.

Hampir mirip dengan kuyang, hantu pok-pok juga dikenal sebagai hantu yang dapat membuat pemiliknya awet muda. Hantu ini juga hidup karena memakan bayi dan buah-buahan.

Selanjutnya, ada hantu palasik yang mana dia adalah hantu penganut ilmu hitam yang memangsa bayi maupun orang dewasa. Katanya, hantu ini merupakan hantu turun-temurun, lo. Menyeramkan ya~

Terakhir, ada hantu leak yang katanya ada yang baik dan ada yang jahat. Namun, hantu leak ini biasanya nggak hanya kepala saja, lo. Tapi juga ada tangan dan cakarnya.

4. Spesies hantu bola api yang nggak kalah menyeramkan dari hantu lainnya

Bola Api

Jenis-jenis spesies hantu Indonesia | Credit: Twitter

Ada satu hantu bola api yang juga sudah dikenal di kalangan masyarakat, yaitu banaspati. Meski disebut bola api, padahal wujud asli dari banaspati menyerupai orang yang berjalan terbalik, tetapi disinari api yang merah menyala. Kemunculan banaspati ini biasanya dipercaya sebagai pertanda kematian massal.

Hantu bola api selanjutnya adalah kemamang, hantu ini biasanya muncul di tengah kerumunan banyak orang. Jika terjadi kemunculan hantu ini dipercaya sebagai hantu pembawa petaka dan pembawa penyakit.

Hantu ndaru atau pulung, hantu ini berwujud bak benda misterius berupa cahaya yang jatuh dari langit langsung ke tanah. Kemunculannya dipercaya bisa membawa kabar baik ataupun buruk. Namun, apabila ndaru ini muncul di malam hari, dikenali sebagai bentuk santet.

Terakhir, ada spesies hantu bola api bernama pulung gantung yang dikenal menyerang seseorang saja dan dapat membuat orang yang menerima pulung gantung ini mengalami gangguan jiwa hingga bisa mengakhiri hidup secara sadar dan berefek berantai.

Nah, itu dia berbagai spesies hantu yang jarang dikenali banyak orang. Mulai dari kuntilanak pelakor yang kalo dibayangkan bukannya menyeramkan tapi lucu, tetapi ada juga hantu-hantu yang dipercaya sebagai santet. Kalau kalian percaya nggak SoHip sama hantu-hantu itu nggak, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE