Warganet Bimbang Pilih Kado Teman yang Suka Barang Branded. Ada Ya Aturan Kado Harus Begini Begitu?

Kado ultah teman

Hari ulang tahun merupakan momen bahagia bagi yang merayakannya. Saat orang berulang tahun ada budaya memberi kado sebagai hadiah. Sebenarnya ini nggak wajib, namun beberapa orang rela melakukannya –terutama jika yang berulangtahun ialah teman sendiri.

Advertisement

Sayang, belakangan memberi kado ini jadi beban bagi beberapa orang. Ada warganet yang menanyakan persoalan kado di akun base. Ia bingung mau ngasih kado apa ke temannya yang sedang berulang tahun. Simak selengkapnya di bawah ini.

Warganet bimbang mau kasih kado apa ke temannya. Ia takut ditolak kalau nggak bermerek

Akun base @Asknonym kembali jadi wadah bertanya warganet yang bimbang. Kali giliran urusan kado ulang tahun untuk teman. Sender kebingungan dengan kado yang hendak ia berikan kepada temannya penyuka barang beremerek. Nggak lain karena ia sedang nggak ada uang.

Jawaban warganet pun beragam. Kebanyakan memberi saran untuk nggak mempermasalahkan soal merek. Semampunya saja. Yang penting berkesan.

Sejak kapan sih ada aturan soal memberi kado? Namanya hadiah itu hak prerogatif yang memberi. Ngapain pakai pusing atau takut ‘tidak memenuhi standar’?

Jangan merepotkan diri sendiri via www.grid.id

Mindset sender jelas salah dari awal. Ketakutan akan hadiahnya akan ditolak justru memojokkan dirinya sendiri. Kalau melihat dari sudut pandang yang dikasih, pasti keinginannya macam-macam.

Namun perlu diingat bahwa memilih hadiah adalah sepenuhnya hak si pemberi. Sesuaikan hadiah dengan kondisi keuanganmu. Jika memberatkan, jangan. Kalau masih nggak enakan tinggal bilang jujur. Teman yang baik pasti akan mengerti dan menghargai pemberian temannya. Jika ternyata ditolak berarti ada yang salah dari temanmu.

Advertisement

Sesuaikan kadomu dengan seberapa dekat pertemananmu. Yang jelas, nggak juga harus barang bermerek!

Lihat siapa yang ulang tahun juga via www.unsplash.com

Masih menjadi misteri sejauh mana pertemanan sender, kok sampai segitunya dipusingin? Memberi kado mestinya disesuaikan dengan seberapa dekat pertemananmu. Kalau dekat banget mungkin wajar jika diperjuangkan. Kalau cuma teman musiman doang mah nggak usah dipusingin. Kalau dia maksa minta kado, bungkusin aja ular kobra endemik Depok :D.

Hari ulang tahun merupakan momen di mana orang diingatkan untuk bersyukur. Keliru jika ada yang memaknainya dengan meminta hadiah macam-macam. Salah juga jika kamu memaksakan diri memberi kado dalam kondisi serba pas-pasan. Kado nggak melulu berwujud barang. Sebungkus doa juga kemewahan. Atau kalau masih pengen ngasih, bikin aja sendiri. Kado semacam ini justru lebih bernilai dari barang bermerek.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE