Profesi menjadi figur publik nggak membuat para selebriti menyampingkan pendidikan. Sambil menjalani aktivitas sebagai artis, mereka masih melanjutkan pendidikan yang sedang ditempuh. Tak jarang juga setelah menyelesaikan suatu jenjang, banyak selebriti yang meneruskan pendidikan lebih tinggi lagi. Melihat kegigihan mereka menempuh pendidikan seakan-akan tak ada kata lelah untuk mengisi waktunya untuk hal-hal positif. Meski profesi sebagai artis biasa dilakoni sejak masih di bangku sekolah, mereka tetap menyelesaikannya.

Figur publik yang tetap menjalani aktivitasnya di dunia hiburan dan pendidikan bisa dibilang pandai mengatur waktu. Mereka tahu bagaimana cara tepat sehingga kedua aktivitas yang cukup padat ini bisa berjalan dengan baik. Kesibukkan mereka yang kian menyita waktu kadang buat masyarakat bertanya-tanya kalau para artis ini dulu bersekolah di mana. Daripada penasaran, langsung saja yuk simak!

1. Terkenal sebagai sekolah unggulan, SMAN 8 Jakarta juga memiliki alumni yang berasal dari dunia hiburan seperti Nicholas Saputra, Indra Herlambang, dan Tessa Kaunang

jebolan SMAN 8 Jakarta! via www.kapanlagi.com

Telah lama SMAN 8 Jakarta memang dikenal sebagai SMA unggulan di Jakarta maupun se-Indonesia. Para murid yang menempuh pendidikan di sekolah kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini tentu saja menjalani seleksi yang cukup ketat. Namun siapa sangka kalau SMAN 8 yang populer dengan kepandaian para murid dan fasilitasnya yang baik ini menerima para artis? Meski disibukkan dengan berbagai rutinitas sebagai figur publik, terbukti mereka berhasil lulus dengan baik. Beberapa artis yang rela membagi waktunya di dunia hiburan dengan bersekolah di SMA favorit ini yaitu Nicholas Saputra, Indra Herlambang, Tessa Kaunang, Nugie, dan Uya Kuya. Yakin nggak mau menyekolahkan anakmu di sini?

2. Kawasan Bulungan di daerah Jakarta Selatan jadi salah satu sekolah favorit selebriti, misalnya saja Raditya Dika, Jessica Mila, dan Annisa Pohan yang menempuh pendidikan di SMAN 70 Jakarta

anak SMAN 70 Jakarta! via www.instagram.com

Advertisement

SMAN 70 Jakarta yang terletak di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan ini diketahui memiliki banyak alumni yang berprofesi sebagai artis. Makanya, nggak heran artis-artis seperti Raditya Dika, Jessica Mila, Nina Zatulini, Annisa Pohan, Bunga Citra Lestari, Rachel Amanda, Febby Blink, dan Ahmad Albar pernah bersekolah di sana. FYI, SMA yang juga terkenal dengan para murid yang berasal dari keluarga borjuis ini sebenarnya merupakan gabungan dua SMA yang bertetangga, yaitu SMAN IX dan SMAN XI. Namun pada 5 Oktober 1981 kedua SMA tersebut bersatu dan setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun SMAN 70 Jakarta.

3. Masih di daerah Jakarta Selatan, seperti SMAN 6 Jakarta juga kerap diisi oleh para selebriti. Ada Aryo Wahab, Ayu Azhari, dan Chelsea Olivia yang mengeyam pendidikan di sini

alumni SMAN 6 Jakarta! via www.instagram.com

Awalnya, SMAN 6 Jakarta bertetangga dengan SMAN 70 Jakarta, yakni di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Namun mulai 1 Januari 1969 hingga kini, SMAN 6 Jakarta berlokasi di daerah Kebayoran Baru, walau masih di Jakarta Selatan juga. FYI, pada tahun 1970-an SMA yang pernah jadi tempat belajar bagi Najwa Shihab, Chelsea Olivia, Aryo Wahab, Tya Ariesta, Christine Hakim, dna Revalina S. Temat ini dulu memiliki kelas jauh. Namun, akhirnya kelas jauh tersebut dipisahkan dan dijadikan sekolah baru, yakni SMAN 34 Jakarta.

4. Para musisi muda yang digilai ABG dan remaja saat ini seperti grup musik RAN dan HiVi, hampir semua anggotanya sekolah di SMA Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan

semunya anak SMA Al-Izhar via www.instagram.com

Jika kamu menginginkan anak menjadi seorang musisi, SMA Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan bisa masuk ke dalam daftar pilihanmu. Hal ini karena grup musik terkenal yang beberapa tahun belakangan digandrungi sekali sama remaja-remaja dan ABG Tanah Air, seperti RAN dan HiVi hampir semua personilnya adalah alumninya. Selain itu, ada juga Vidi Aldiano, Dimas Anggara, Lala Karmela, Ge Pamungkas, dan Kevin Aprilio yang menimba ilmu juga di sini. Siapa tahu anakmu bakal jadi musisi beneran!

5. Selebriti yang kini sudah jadi pria keren ternyata berasal dari SMA Pangudi Luhur Jakarta. Misalnya saja Christian Sugiono, Winky Wiryawan, dan Adrian Maulana

kurang keren apanya? jebolan SMA Pangudi Luhur nih via www.instagram.com

Kalau kamu penasaran kenapa Christian Sugiono atau Winky Wiryawan bisa jadi pria keren kayak sekarang, mungkin latar belakang sekolah adalah salah satunya. Terbukti kalau dua selebriti itu merupakan alumni dari SMA Pangudi Luhur Jakarta – sekolah yang hanya diperuntukkan untuk cowok-cowok. Makanya, kamu tak perlu heran kenapa mereka bisa sekeren itu karena di SMA Pangudi Luhur Jakarta banyak terdapat kegiatan ekstrakulikuler maupun acara-acara tertentu yang membutuhkan daya kreativitas tinggi dari para muridnya. Kalau kamu punya anak cowok nanti, tertarik menyekolahkannya di SMA khusus cowok dengan banyak alumni yang nggak hanya dari kalangan artis, tapi juga para pejabat ini?

6. Ada Al Ghazali, Widy Vierratale, dan Yuki Kato yang menempa ilmu di SMA Bakti Mulya 400 Jakarta. Bisa jadi salah satu pilihan kamu nih

lulusan SMA Bakti Mulya 400! via www.instagram.com

SMA Bakti Mulya 400 Jakarta ini terletak di daerah Pondok Pinang, Jakarta Selatan telah berdiri sejak 1999. Tercetusnya ide untuk mendirikan SMA Bakti Mulya 400 atas inisiatif Yayasan Keluarga 400 – organisasi yang menghimpun mantan Tentara Pelajar Bataliyon 400 Brigade 17 dengan Yayasan Pondok Mulya yang mengelola real estate Pondok Indah. SMA Bakti Mulya 400 merupakan salah satu sekolah favorit para artis. Beberapa yang memilih SMA Bakti Mulya 400 yaitu Al Ghazali, Widy Vierratale, dan Yuki Kato.

7. Siapa sangka kalau di daerah Salemba, Jakarta Pusat, SMAN 68 Jakarta pernah mendidik penyanyi internasional seperti Anggun, penyiar keren kayak Desta, dan presenter sekaligus aktris misalnya Nirina Zubir

dulu sekolah di SMAN 68 Jakarta lho via www.instagram.com

SMAN 68 Jakarta merupakan sekolah percontohan yang jadi tolok ukur sekolah lainnya di Jakarta. Bahkan, SMAN 68 Jakarta pun bertetangga dengan SMPN 216 Jakarta dan SDN Kenari 7-12 Jakarta. Hal ini membuat ketiga sekolah itu jadi dikenal sebagai Kompleks Pendidikan Salemba 18. Tak hanya itu, SMAN 68 Jakarta juga diketahui pernah memiliki murid dari kalangan selebriti seperti Desta, Anggun, dan Nirina Zubir.

8. SMAN 3 Jakarta, ini ladangnya selebriti-selebriti yang sering dirundung gosip

SMA di ibukota Indonesia lainnya yang cukup banyak menjadi tempat belajar bagi para selebriti yaitu SMAN 3 Jakarta. Telah berulang kali berganti nama, namun tak menyulutkan semangat para warga sekolah SMAN 3 Jakarta untuk memberikan yang terbaik bagi sekolahnya. Terbukti, SMA yang terletak di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan ini terpilih jadi model bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia. Beberapa selebriti yang bersekolah di sini yaitu Raffi Ahmad, Nikita Willy, Sophia Latjuba, Baim Wong, Ayushita, dan Wanda Hamidah.

9. Raisa dan Afgan sekolahnya di SMAN 34 Jakarta lho

alumni SMAN 34 Jakarta! via www.instagram.com

Awalnya, SMAN 34 Jakarta merupakan kelas jauh dari SMAN 6 Jakarta. Hal tersebut terjadi atas permintaan warga yang tinggal di sekitar Cilandak agar terdapat sekolah untuk memudahkan anak-anaknya menempuh pendidikan. Namun, pada 13 September 1978, SMAN 34 Jakarta benar-benar berdiri dengan namanya sendiri. Beberapa tahun kemudian, SMA yang memiliki alumni seperti Raisa, Afgan, Giring Nidji, Tio Pakusadewo, dan Teuku Wisnu ini memiliki cabang kelas jauh yang selanjutnya menjadi SMAN 66 Jakarta.

10. Para selebriti pun juga ingin mengenyam pendidikan bertaraf internasional, misalnya Chelsea Islan, Gita Gutawa, dan Teuku Rasya yang memilih SMA Binus Internasional Simprug

Jika kamu menginginkan anakmu nanti melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka sekolah bertaraf internasional adalah salah satu pilihannya. Seperti para selebriti muda Tanah Air yang memutuskan menghabiskan masa SMA di SMA Binus Internasional Simprug. Chelsea Islan, Teuku Rasya, Gita Gutawa, dan Angel Pieters adalah beberapa di antaranya. Pengantar pelajaran bahasa asing dan kurikulum berbasis internasional mendukung mereka dalam mendapatkan pengajaran ala luar negeri. Tertarik mengikuti selebriti muda ini?

10. SMA Labschool Jakarta – tempat Angga Maliq & d’Essentials, Dea Ananda, dan Herjunot Ali merasakan sekolah yang dulu dijadikan laboratorium IKIP Jakarta.

Herjunot Ali via www.wowkeren.com

Berdirinya SMA Labschool Jakarta diawali dengan fungsinya yang dijadikan sebagai sekolah laboratorium IKIP (sekarang UNJ) Jakarta. SMA Labschool Jakarta dulu biasa digunakan untuk praktik mengajar, penelitian dan inovasi dalam pendidikan. Sekolah ini pun saat itu juga memiliki tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sekolah yang berlokasi di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur ini memiliki banyak alumni figur publik. Misalnya saja Dea Ananda, Angga Maliq & d’essentials, Ayu Dewi, Cut Mini, Garin Nugroho, Herjunot Ali, Riri Riza, dan Senandung Nacita.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!