Kalau kamu terlahir sebagai generasi 90an, atau lebih tua lagi, kamu pasti sempat mengalami masa-masa HP monokrom. Layarnya yang bergaya retro berwarna antara hijau kekuningan atau kuning kehijauan. Kalau HPmu saat ini bernuansa ceria dengan kemampuan mendeteksi ribuan warna, HP zaman remajamu dulu cuma punya dua warna, yaitu hitam dan putih. Ringtonenya juga nggak seperti sekarang yang bisa pakai lagu atau rekaman suara pacar. HPmu yang masih monokrom ini ringtonenya berupa nada putus-putus, seperti nafasmu menjelang tanggal-tua-dan-tanggal-gajian-nggak-datang-datang-juga.

Nggak lama dari itu, muncul teknologi terbaru, yaitu HP polyphonic. Yihaaaa! Saat itu, temanmu yang ringtonenya bisa membentuk nada sebuah lagu, gaulnya nggak ketulungan lagi. Nadanya aja lho ya, tapi nggak ada liriknya. Era HP polyphonic ini, Hpmu juga sudah mulai berwarna. Kamu juga mulai bisa menggunakan wallpaper yang berbeda-beda.

Advertisement

Meski HP pada masa kamu remaja ini begitu sederhana, bukan berarti minim hiburan lho ya. Ada banyak game-game lucu yang biasa kamu mainkan saat kamu sedang bosan. Meski kamu bukan gamers freak, kamu pasti pernah memainkan game-game ini. Apa aja sih? Nih, Hipwee kasih beberapa!

1. Snake, permainan ular-ularan yang selalu bikin ketagihan.

Permainan ular yang bikin stress tapi asyik

Permainan ular yang bikin stress tapi asyik via www.networkworld.com

Jangan mengaku sebagai generasi 90an kalau kamu nggak tahu game yang satu ini. Snake adalah permainan paling hits, yang ampuh membunuh bosan. Di permainan ini, kamu harus menjadi ular. Untuk bertambah panjang, kamu harus memakan semua makanan yang ada di lintasan. Semakin banyak kamu makan, semakin panjang tubuhmu dan semakin tinggi poinmu. Tapi awas, kamu nggak boleh nabrak dinding. Pusing dong kalau nabrak dinding. Lebih pusing lagi, saat tubuhmu sudah terlalu panjang, kamu malah nabrak bagian tubuhmu sendiri. Game over deh 🙁

Snake ini banyak serinya. Mulai dari Snake I, II, III, Snake Xenzia, sampai Snake versi modern yang bisa kamu mainkan di ponsel dengan sistem Symbian. Hayo, ingat nggak berapa skor tertinggimu di permainan ini?

2. Space Impact, serbuan alien di angkasa kita harus dilumpuhkan. Tembaaakk!!

selamatkan angkasa raya dari serbuan alien!

selamatkan angkasa raya dari serbuan alien! via id.techinasia.com

Advertisement

Space impact adalah game pertempuran di angkasa raya yang akan menyalurkan cita-citamu sebagai astronot. Dalam game itu, kamu harus menembaki pesawat-pesawat yang menyerangmu. Inti permainannya adalah: tembak duluan sebelum kamu ditembak. Semakin lama, musuhmu akan semakin banyak. Seperti game-game pada umumnya, Space Impact juga punya level yang berbeda. Kamu dulu sudah sampai level mana?

3. Bounce, membawa bola ke pintu juga harus melewati berbagai halangan dan rintangan yang menghadang.

bola merah yang seksi

bola merah yang seksi via dimas-ilmu.blogspot.co.id

Tokoh utama dalam permainan ini adalah sebuah bola polos, berwarna merah atau jingga. Tugasmu adalah membawa bola sampai ke pintu terakhir (yang akan membawamu ke level berikutnya). Seperti perjuangan Kera Sakti, ini juga nggak gampang. Kamu harus melewati berbagai rintangan, dan berusaha masuk ke lingkaran emas yang akan memberimu nyawa tambahan.

4. Bowling, saat kamu bisa main bowling sambil tiduran cantik di kamar. Nggak capek dan nggak bayar.

main bowling sambil bobo cantik

main bowling sambil bobo cantik via www.youtube.com

Karena pada saat itu tempat bowling hanya terbatas, dan kebanyakan hanya ada di kota-kota besar, dengan game Bowling ini kamu bisa merasakan bermain bowling meski dari kamar. Seperti bowling asli, permainan di game ini adalah bagaimana kamu bisa merubuhkan pin dengan bola yang digelindingkan. Kamu bisa mengatur sudut lemparan untuk membuat strike. Asyik deh ya, bisa main bowling sambil tidur-tiduran.

5. Kalau kamu nggak punya congklak, atau nggak punya teman buat main congklak, main via Bantumi aja.

congklak versi digital

congklak versi digital via itunes.apple.com

Kalau masa kecilmu akrab dengan permainan tradisional, kamu pasti tahu permainan congklak. Yup. Bantumi adalah versi digital dari permainan congklak. Kalau main congklak, kamu harus ada temannya, dengan bantumi kamu bisa mandiri. Main sendiri. Sama seperti congklak, Bantumi juga akan membuatmu berpikir kritis.

6. Game, game apa yang selalu ada sepanjang masa? Tetris atau Nature Park jawabannya!

game yang tak lekang oleh waktu

game yang tak lekang oleh waktu via play.google.com

Tetris atau nature park, adalah permainan yang diadaptasi dari game boot. Kamu tahu game boot kan ya? Inti dari permainan ini adalah menyusun balok supaya rata dan rapat. Baris yang sudah penuh akan menghilang. Kalau kamu menyusunnya asal-asalan dan bolong-bolong, balok-baloknya akan segera menyentuh batas atas dan game over. Ada yang ingat nada khas yang mengiringi selama kamu main Nature Park ini? 😀

7. Main Bilyard pakai tangan? Pocket Carrom jawabannya. Persilangan antara Bilyard dan Karambol bikin kamu keasyikan

bilyard pakai tangan

bilyard pakai tangan via iwakpeyek.heck.in

Sama seperti bantumi yang merupakan congklak versi digital, Pocket Carrom adalah permainan bilyard versi digital. lagi-lagi, di sini, kamu bisa main bilyard sendirian. Aturan permainan ini mirip dengan permainan bilyard 8 bola, tapi mainnya pakai tangan. Jadi, ini lebih mirip main karambol gitu.

8. Jangan ngaku punya daya ingat yang kuat kalau kamu belum memainkan Pairs II sampai tamat

cari pasangannya!

cari pasangannya! via www.alamy.com

Ini dia game yang melatih daya ingatmu. Dalam permainan ini terdapat 16 kotak, yang dibalik masing-masing kotak tersebut punya gambar sendiri-sendiri. Gambar-gambar tersebut berpasangan. Dan tugasmu adalah mencari pasangan yang sesuai dengan cara membuka secara berurutan. Misalnya, pertama kamu membuka kotak dengan gambar roti, kotak kedua yang kamu buka juga harus gambar roti. Di sini, kamu harus pandai mengingat di mana kotak yang bergambar roti. Kalau kamu berhasil menamatkan permainan ini, daya ingatmu patut diacungi jempol. By the way, kamu gampang ingat mantan juga nggak?

Meski HP monokrom dan polyphonic sudah lewat eranya, tapi banyak lho game-game jadul ini yang diremake ulang dan bisa kamu mainkan di ponsel pintarmu yang sekarang. Masih ada lagi nggak game-game jadul yang dulu menemani waktu-waktu santaimu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya