Meskipun nggak sedang menuliskan karya ilmiah atau berbicara di acara formal, kita sering kali karut marut dalam menggunakan bahasa sendiri. Hmmm, padahal kita sering banget memberi kritik ke orang yang salah dalam penggunaan tata bahaa asing lo.

Nah, nggak ada salahnya kita belajar lagi memahami bahasa Indonesia dan dipraktikkan di obrolan sehari-hari biar terbiasa. Kali ini Hipwee Hiburan bakal memberikan contoh kesalahan kocak berbahasa Indonesia. Kalau dipikir-pikir kata berikut ini boros banget dan sering kita gunakan, bahkan banyak yang campur kode alias digabung-gabungin sama bahasa Inggris. Simak nih!

1. Tujuannya biar mantap, biar penekanannya terasa gitu. Tapi nggak efektif, Sis~

Kata ‘demi’ dan ‘untuk’ punya arti yang sama lo. via www.hipwee.com

2. Padahal semuanya juga tahu, mading itu singkatan dari Majalah Dinding 🙁

Majalah majalah dinding jadinya dong, ih! via www.hipwee.com

3. Ini juga nih, ‘agar’ dan ‘supaya’ sebenarnya punya arti sama. Tapi kalau udah ngomong, rasanya lupa esensi dari kedua kata ini

Kalau presentasi di depan dosen Linguistik, pasti diketawain~ via www.hipwee.com

4. Tujuannya sih ngajak gebetan dinner romantis. Tapi kalau bilangnya, “Eh, nanti malem makan dinner, yuk?”, apa nggak malu?

Kalau ceweknya polisi bahasa, mungkin dia gagal PDKT. via www.hipwee.com

5. Sering banget dipraktikkan MC pernikahan di kondangan-kondangan dan acara sekolah. Hmmm, diperbaiki dong, nanti keterusan salah lo!

Hadirin itu udah mewakili setiap kepala yang datang. via www.hipwee.com

6. Gabut adalah bahasa slang anak muda zaman sekarang yang terbentuk dari singkatan ‘gaji buta’. Jadi nyebutin kata ‘gajinya’ nggak usah diulang deh

Gaji gabut buta, hadeeeh~ via www.hipwee.com

7. Tuh, kan, kita sering menyebut kata ini. Padahal ‘so’ udah berarti ‘sangat’ dalam bahasa Inggris

Sangat manis banget, jadinya! via www.hipwee.com

8. “Besok kita adain nobar bareng di kafe biasa. Datang, ya!” ujar seorang kawan di grup WhatsApp

Nobar, kan, udah bareng, Malih! via www.hipwee.com

9. Kalau melamar kerjaan, jangan nulis begini di tubuh surel, ya. Nanti diketawain HRD lo~

Pakai salah satu aja, ‘kepada’ atau ‘Yth.’. via www.hipwee.com

10. Salah satu kata yang sering kita pakai dan kedengaran nggak masalah, padahal salah. ‘Prefer’ artinya sudah ‘lebih memilih/lebih baik’, kan~

“Aku sih lebih prefer pilih yang A.” Hmmm, tabok juga nih! via www.hipwee.com

Advertisement

Sebenarnya masih banyak lagi gabungan kata yang sering kita gunakan dalam obrolan sehari-hari, padahal salah kaprah. Seenggaknya kamu udah tahu yang benar, sekarang tinggal belajar untuk terus memperbaiki. Masa sih bahasa Inggris aja kalau salah penggunaan bikin malu, tapi bahasa sendiri malah keterusan salahnya? Lebih bagus kalau belajar dua-duanya dong.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya