Kuliah boleh dibilang jadi salah satu momen seru dalam hidupmu. Mulai dari berjuang untuk ikut ujian masuk, melewati hari-hari kuliah di kampus, sampai momen jatuh bangun mengerjakan skripsi – rasanya semua gak bakal bisa kamu lupakan begitu saja.

Nah, menjadi bagian dari kampus yang satu ini tentunya jadi episode paling manis dalam hidupmu. Bahkan buat kamu para alumni, Kampus Bumi Siliwangi atau kampus UPI daerah lainnya, bikin kamu kangen dan susah move on. Hal-hal di bawah ini cuma kamu anak UPI yang paling mengerti!

1. Pertama kali dinyatakan diterima di UPI, kamu excited. Yeay, akhirnya bisa kuliah di Bandung! Tapi, apa kabar kamu yang lolos di kampus daerah?

Yeay! Selamat ya bisa kuliah di Bandung. Yang anak UPI daerah, sabar ya.. kalian masih bisa maen kok ke Bandung. via berita.upi.edu

Kamu pasti seneng banget ya waktu dinyatakan diterima di UPI. Seneng akhirnya kamu bisa kuliah di Bandung (buat kamu yang dari luar daerah). Tapi, gimana dengan kamu yang diterima di kampus daerah? Contohnya Kampus UPI Tasikmalaya, Purwakarta, Sumedang, Serang… Tenang, kamu masih bisa kok sesekali main ke Bandung. UPI emang kaya ya, kampusnya nyebar di beberapa daerah se-JABAR dan Banten.

2. Waktu daftar ulang, kamu pasti bakal nyempetin diri untuk selfie di ISOLA!

Selfie di Isola dulu dong… via sixmoment.com

Advertisement

Saatnya daftar ulang. Yeay! Kamu pasti nyempetin diri buat selfie di gedung Isola. Ealah, upload doeloe di sos-med. Padahal hari itu kamu lagi cape-capenya abis ngantri daftar ulang dan heboh dijemput sama Akang-Teteh senior kamu.

3. Dan saat itulah, pertama kalinya kamu ngeceng. Dijemput sama kakak senior yang rame bin heboh, eh tapi kece juga…

Saat daftar ulang itulah pertama kalinya kamu ngeceng senior… via fpmipa.upi.edu

Tiap abis kelar daftar ulang (registrasi), kamu pasti bakal kebingungan sama hiruk-pikuk di luar gedung. Ternyata kamu disambut sama Akang-Teteh seniormu. Mereka yang bakal jemput kamu untuk dikenalin seputar jurusanmu dan sekalian ngisi biodata kamu. Saat itu banyak dari kamu yang mulai ngeceng Akang/Teteh senior yang kece.

4. Ospek pun tiba. Di sini saatnya kamu mengenal aneka UKM di UPI. Acungkan tangan buat kamu yang merasa pingin pisan ikut KABUMI UPI biar ka luar negeri!

Ayo ngacung yang pingin ikut Kabumi UPI biar ke luar negeri? Nah ini Kabumi sampai masuk tv loh… via berita.upi.edu

Pas pengenalan UKM saat Ospek, banyak dari kamu yang pasti pengen pisan jadi anggota Kabumi UPI. Biar bisa ka luar negeri. Dan emang UKM yang satu ini kece badai deh. UKM ini termasuk yang sering mentas di luar negeri. Dulu-dulu bahkan sering banget ke Eropa. Di Kabumi kamu bisa belajar angklung, tarian tradisional, gamelan, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, tak sedikit dari kamu yang cuma jadi Ca-Kabum (calon Kabumi) gagal. A.K.A berhenti di tengah jalan. Sayang ya!

5. Perkuliahan pun dimulai. Kamu pun menjajal beragam kegiatan. Dan gedung PKM Geugeut-Winda ini jadi saksi cerita serunya semua UKM di UPI.

Gedung Geugeut – Winda, saksi kisah serunya UKM se- UPI. via dit-mawa.upi.edu

Gedung PKM ini saksi cerita seru kamu yang aktif organisasi. Gedung ini markas beragam UKM se-UPI. Kamu anak UPI, juga pasti tahu banget sejarah dinamainya gedung ini menjadi gedung Geugeut – Winda.

6. Awal-awal kamu juga masih rajin salat di Al-Furqon. Masjid kita bersama yang bikin teduh hati tiap kita menginjakkan kaki di sana.

Di masjid ini, kamu kerap berkeluh kesah seputar masalah kuliah, bahkan soal jodoh juga… via www.infobdg.com

Al Furqon, menginjakkan kaki di masjid ini bikin hati kamu teduh. Salat di sini sambil berdoa dan berkeluh kesah pada-Nya. Keluh kesahmu, dari persoalan kuliah sampai jodoh. Kamu yang religius juga kerap berkegiatan di masjid tercinta ini. Al Furqon, emang masjid kita bersama.

7. Jadi mahasiswa baru juga kamu masih rajin nongkrong di Partere, kadang selfie di Bareti, asal jangan mancing di kolamnya aja sih.

Asal jangan sendirian aja di Partere-nya. via pictigar.com

Ini dia spot paling yahut di UPI. Kamu yang masih jadi MABA, pasti sering banget nongkrong di sini. Taman Partere, Bareti, juga kolamnya. Eh, anak angkatan lama juga masih sering kok nangkring di sini. Tempat kopdar KKN, tempat ngumpul bareng teman himpunan, teman sekelas, sampai spot yang asyik buat pacaran.. (loh?)

8. Tahun pertama, saatnya kamu jadi pengunjung setia UPI NET. Sayang, virusnya naudzubillah ngerinya!

Eaaa.. penampakan para fakir internet di UPINET. Hati-hati virusnya bikin horor… via www.flickr.com

Tahun pertama, kamu bakal sering banget ngenet di tempat ini. Asyik banget ngenet gratisan (semoga sekarang masih gratis ya!). Cuma sayang… Virusnya itu.. Beuh ganasnya naudzubillah. Tapi kamu bakal betah banget di sini.

9. Jangan harap kamu bakal bisa hang out bareng temanmu di hari Minggu! Hellooow… karena hari Minggu adalah waktunya TUTORIAL di Al-Furqan.

Kalau kamu kebetulan dapet jatah tutorial di hari Minggu… kayanya hang out di skip dulu deh… via berita.upi.edu

Ini dia, pakai baju hitam-putih ke Al Furqon tiap Minggu. Yes! Tutorial. Gak semua sih dapet yang hari Minggu. Kalau kamu kebetulan dapet jatah tutor di Minggu, sabaar ya! Sesekali libur hang out gak apa-apa.

10. Kalau kamu anak rantau dari luar Bandung, ‘rumah kedua’ pasti ada di daerah Gerlong, Gerum, Cilimus, Sersan Bajuri, Panorama bahkan tetanggaan sama Terminal Ledeng.

Tinggal pilih mau kos di mana? Gerlong? Cilimus? atau milih di Panorama aja? via zaenuriarifprats.wordpress.com

Soal kosan, jangan watir keabisan. Ya ampyun di sekitar UPI tuh ya banyak banget! Kamu tinggal pilih mau yang di daerah mana. Gerlong dan Gerum sih favorit ya. Cuma mungkin harganya rada mahal. Cilimus oke juga, Panorama why not? Sersan Bajuri bisa. Atau mungkin yang tetanggaan sama terminal Ledeng?

Oh, ya, Cipaku juga bisa jadi pilihan. Biasanya anak FPBS nih yang di sekitar Cipaku dan Panorama. Sementara warga FPMIPA sih kebanyakan milih Gerlong or Gerum yang dekat fakultasnya.

11. Hal yang wajib kamu syukuri jadi mahasiswa UPI Bandung adalah… kita dekat dengan Gerlong! Gerlong itu ibarat pasar makanannya UPI.

Kuliner di Gerlong tuh banyaaak banget. Salah satunya Ramen yang satu ini.. via citizen6.liputan6.com

Hal yang wajib kamu syukuri adalah UPI sepaket dengan kawasan Gerlong dan DT. Beuh, dari makan berat, camilan, sampai green tea-an ada di sini. Jangan tanya kalau lagi bulan Ramadan, mending kamu nyari takjilnya dari abis Ashar aja deh biar kebagian! Hehehehe…

12. Gerlong emang nomer hiji soal makanan, tapi kamu pasti gak bakal lupa kok sama KOPMA BS UPI! Kadang rela antri di sini demi setusuk cilok goreng dan ice cream KOPMA.

Cilok goreng yang bikin antri di Kopma.. via twitter.com

Cilok goreng adalah camilan yang pantas kamu tunggu di Kopma. Jangan lupa juga ice cream Kopma, lumer di mulut. Percaya deh, kamu gak bakal nyesel walau harus antri lama. Selain itu juga kamu bisa pesen Indomie goreng/rebus, makanan berat buat sarapan atau makan siang, dan jajanan lainnya.

13. Soal belanja bulanan juga gak usah watir, kan ada Borma yang menjawab semua kebutuhanmu.

Ini dia… tempat kamu, warga UPI belanja bulanan… via kossetiabudibandung.blogspot.com

Di swalayan ini semua kebutuhan bulanan mu tersedia. Dari toiletries, camilan, pokoknya semua ada. Harganya juga miring. Pas banget di kantong kamu wahai anak kosan.

14. Hey, sok ngacung siapa aja yang hobi download film sampai subuh di lorong fakultas? Kalian memang pintar ya cari peluang…

Coba deh kamu sidak dadakan, di lorong gedung ini banyak yang download film sampe subuh… via www.pelajarterbaik.com

Banyak banget dari kamu, khususnya cowok-cowok UPI, yang hobi download film sampai subuh. Kalau gak percaya, coba deh sidak di lorong-lorong fakultas se-UPI. Yakin banget pasti banyak yang lagi nunggu film selesai diunduh.

15. Atau kalau males download film, kamu cewek-cewek UPI pasti sohib banget sama Mang Kaset di gang dekat FPMIPA. Malah kadang sok SMS-an.

Beli dvd bajakan di Mang Kaset dekat gang FPMIPA.. via ruang625.wordpress.com

Kalau ini khusus buat cewek-cewek UPI. Cowok juga ada sih. Kamu pencinta drama korea, film barat, india, anime? Pasti kenal sama Mang Kaset (nama belum diketahui) yang nangkring di gang dekat FPMIPA. Segala DVD bajakan tersedia, kalau gak pun kamu bisa request sama si Emang. Tinggal SMS doi aja film yang pingin kamu pesen. *cieeee SMS-an ama Emang kaset…

16. @Info_UPI, segala pertanyaan dan kegundahan bisa kamu tanyakan ke adminnya. Yang kadang siapa admin-nya bikin kamu penasaran. Anak FPIPS kah? FPOK kah? atau FPBS?

Siapa ya admin @Info_UPI???

Ini dia portal alias akun Twitter wajib yang kudu anak UPI follow. Segundang info ada disini. Kadang gak cuma soal perkuliahan dan jurusan. Iklan kosan, promo kue, edisi horror, pernah juga ngadain kuis yang tantangannya promosiin temen kamu yang jomblo! Hadiahnya dapet voucher makan ramen. Eaaa!

17. Saat sakit tiba, pergi ke Klinik UPI adalah solusinya. Kadang kamu yang gak sakit, sengaja ke sana buat minta ‘pitamin’ aja.

Di sini kadang kamu cuma minta ‘pitamin’ doang… via hiyoto.com

Beruntung banget ada klinik UPI. Kamu yang anak kosan bisa berobat gratis. Dari sakit maag, pusing, mata, pokoknya bisa berobat di sini. Kadang kamu yang gak sakit suka sok sok-an dateng cuma buat minta ‘pitamin’ aja. Vitamin woy vitamin!

18. UPI juga punya odong-odong loh. Cuma kadang nunggunya kaya kamu ngarep balikan sama mantan yang udah punya gebetan.

Senangnya kalau kebetulan odong-odong ini lewat di depanmu… via berita.upi.edu

Odong-odong hijau ini. Kamu ngarep banget kalau lagi capek terus odong-odong ini lewat. Seengganya nganter kamu dari FPBS ke FPMIPA atau Gymnas. Sayangnya, nunggu odong-odong ini ibarat kamu nunggu balikan sama mantan yang udah punya gebetan. Tapi kalau kamu lagi beruntung, bisa bolak-balik naik kendaraan kece ini.

19. Dan…PAB pun tiba. Momen-nya kamu bikin kenangan. Duh, apalagi buat kamu yang udah punya inceran.

PAB, saatnya bikin kenangan… apalagi yang udah punya inceran. #eaaa via aceprachmat.tumblr.com

PAB itu saatnya kamu buat kenangan. Capeknya, serunya, manisnya… (eaa!). Moment manis biasanya kamu ciptakan khusus buatmu yang udah punya inceran. Seneng diperhatiin akang senior pas lagi sakit, tapi sakit beneran loh gak pura-pura.

20. Sementara kamu yang kebetulan jadi panitia PAB, kesempatan dong ya! Ya iyalah kamu bisa curi-curi pandang sama adik tingkat yang kece.

Kamu yang jadi senior, pasti curi-curi pandang sama adik tingkatnya… via fpeb.upi.edu

Sementara kamu yang udah jadi Akang/Teteh senior, PAB adalah saatnya curi-curi pandang sama adik tingkat yang kece bin imut. Biasanya kamu udah nyirian nih mana yang bakal kamu perhatiin.

21. Kalau kampus gak punya cerita horor juga kurang seru ya? Nih, kamu pasti sering denger tentang ke-horor-an Gedung Isola.

Isola di kala malam… via www.online-instagram.com

Isola, kalau malem bisa menjelma jadi menyeramkan loh. Ini sih katanya banyak banget cerita horor di gedung bersejarah yang melegenda ini. Dari mulai terdengarnya suara piano berupa melodi kematian sampai berbagai penampakan. Tapi jangan sok-sok an uji nyali di sini juga. Hei, mending ngerjain tugas atau belajar buat UAS, masih banyak hal bermanfaat yang harus kamu lakukan (edisi bijak – padahal penasaran juga sama sosok hantunya).

22. Menjadi mahasiswa UPI, pasti dihadapkan pada pernyataan bahwa pasti kamu bakal jadi guru. Padahal pada kenyataannya gak semua anak UPI bercita-cita jadi guru. Ceu Popong buktinya!

Ceu Popong alumni UPI, seorang politisi tanah air. via m.inilah.co

UPI emang jelas bin nyata kalau ini kampus pendidikan. Tapi gak semua lulusannya ingin jadi guru. Beberapa dari kamu mungkin pingin jadi politisi atau pengusaha. Memang, udah jadi trade mark-nya alumni UPI ya jadi guru.

Kembali ke pepatah bahwa jadi guru adalah pekerjaan mulia. Kalau kamu dicap bakal atau harus jadi guru, kenapa gak kamu amini aja?

23. Entah akhirnya kamu jadi guru atau tidak, kamu memilih untuk menikmati menjadi mahasiswa di kampus yang terkenal teduh nan religius ini.

Kamu pasti betah di suasana teduh kaya gini.. via duniadienalova.blogspot.com

UPI emang kampus yang teduh, nyaman buat sekadar jalan-jalan di antara rimbunan pepohonannya. Juga kampus yang religius, bikin kamu tenang buat menimba ilmu.

24. Cuma UPI yang anti-mainstream gak jadi Universitas Negeri Bandung…

Cuma UPI yang anti-mainstream. Ga jadi Universitas Negeri Bandung. via logouniversitasindonesia.blogspot.com

Coba deh perhatiin, cuma UPI yang gak jadi Universitas Negeri Bandung, di antara eks- IKIP di daerah lainnya. UPI juga bisa jadi singkatan dari Universitas Patilasan IKIP.

25. UPI? Universitas Paling Irit? Apa benar masih berlaku singkatan itu?

Universitas paling irit? buktinya masih ada demo seputar biaya kuliah yang makin melonjak. via news.okezone.com

Apa iya masih paling irit? Buktinya persoalan uang kuliah masih jadi polemik bagi sebagian mahasiswanya. Sistem cuti paksa juga dirasa berlebihan ya. Menurutmu gimana?

26. Gimana? Udah mulai betah dong ya jadi mahasiswa UPI. Pada semester tengah-tengah kesibukanmu bakal di isi sama SPAI di Al- Furqan.

Bedanya SPAI sama Tutorial adalah coba kamu liat bajunya deh.. udah ga item putih lagi 😉 via tutorialpai.mkdu.upi.edu

Pertengahan kuliah kamu bakal diwajibkan untuk sering-sering ke Al Furqon. Yup, SPAI. Bedanya dengan tutorial adalah bajunya udah gka lagi item putih. Ea!

27. Terus, tiap abis UTS/UAS, kamu pasti sok ngadekdek tiap buka SINO. Tenang, da IPK mah bukan segalanya…

Sok ngadekdek, tiap buka sino aku mah… via away.staf.upi.edu

Acung tangan, buat kamu yang sok ngadekdek tiap buka Sino? Watir euy IP turun…

28. Kamu anak UPI angkatan lama suka males kalau KRS-an yang masih manual. Eaaaa! bulet-buletin kaya lagi ujian nasional. Sekarang udah gak dong, ya…

Dulu, untuk bisa dapet ini kamu harus bulet-buletin kertas kaya lagi ujian nasional… via himatikaidentika.rema.upi.edu

Dulu, angkatan lama suka males banget kalau KRS-an. Iyya soalnya harus bulet-buletin kaya mau ujian nasional. Untung sekarang udah engga ya. Horeee!

29. KKN pun tiba! Kamu mahasiswa UPI bakal tersebar ke desa-desa se-Jawa Barat. Sumedang, Tasik, Garut, Ciwidey, Purwakarta, kalau yang ogah jauh pasti milih Cimahi aja. Hehehehe.

KKN adalah masa indah yang wajib kamu kenang pahit manisnya… via cipitjunior.blogspot.com

KKN pasti banyak kenangannya ya. Pahit-manisnya kamu nikmati aja, toh sekali seumur hidup ini. Kapan lagi tinggal di desa yang masih asri, warganya ramah, anak-anaknya excited tiap diajar? Duuh, pokoknya banyak cerita deh.. Apalagi yang cinlok. Eaaa!

30. Setidaknya kamu pernah berenang di sini sekali. Kecuali anak FPOK dong ya (mereka pasti berkali-kali renang di sini).

Setidaknya kamu pernah renang di sini sekalii…. via muskaria.tumblr.com

Walaupun sekali, seengganya kamu udah ngerasain renang di sini. Awas, ada kolamnya yang dalemnya bahkan sampai 5 meter kalau ga salah. Kamu juga bisa nyobain main kano di sini. Asal jangan liat ke bawah aja. Dalem.

31. Ngaku deh, kamu pasti ke sini cuma ngadem doang. Atau baca majalah gratis di French Corner-nya.

Sekadar baca majalah di sini… via duniaperpustakaan.com

Perpustakaan adalah rumah kedua buat kamu yang hobi belajar. Buat yang engga juga setidaknya kamu sering nongkrong untuk sekadar baca majalah gratis di French Corner-nya. Oh, ya, kamu pasti pernah denger dong cerita horor di perpus ini? Hayooo ada yang masih inget gak? (skip).

32. Jangan lewatkan juga festival Jepang yang diadain sama HIMABAJA UPI, acaranya semakin seru loh dari tahun ke tahun.

Panggung JSF UPI 2015 via www.tritontv.com

Event yang satu ini semakin berkembang dari tahun ke tahunnya. Pokoknya masuk daftar salah satu event UPI yang sayang kamu lewatkan.

33. Anak UPI kampus Bandung merasa bersyukur banget karena kalau bete tinggal cabs ke Ciwalk, BIP, PVJ, sampai IP. Dan kadang sampe kulineran di wilayah DU.

Mall yang dekat kampus, pasti kamu sering banget nangkring di sini.. via www.initempatwisata.com

Ciwalk, BIP, IP, PVJ adalah sederet mall tempat kamu biasa kongkong bareng teman gengges, himpunan, gebetan. Terutama Ciwalk ya yang mayan dekat dari UPI. Biar dikata anak gaul gitu.

34. Back to reality. Gak kerasa ya ternyata kamu udah angkatan lama aja. Tahu-tahu udah tingkat 4. Kalau udah gini pasti kamu nyempetin les bahasa Inggris di Balai Bahasa. Iya, demi TOEFL!

les bahasa Inggris dulu di Balai Bahasa UPI… via twitter.com

Menjelang sidang, biasanya beberapa jurusan menyaratkan skor TOEFL yang mayan tinggi. Solusinya? Les di Balai Bahasa UPI ini. Seru loh, pengajarnya asyik-asyik dan kamu bakal dapet kenalan baru dari jurusan lain. Atau bahkan anak kampus lain. Iya, malah kadang anak Labschool UPI juga les di sini.

35. What? Skripsi dan sidang di depan mata. Tapi alhamdulillah kamu lulus. Ada rasa senang dan sedih. Sedih karena harus ninggalin UPI. Kamu bakal kangen dengan kampus Bumi Siliwangi.

Waktu wisuda, kamu bahagia.. tapi juga sedih karena harus ninggalin kampus Bumi Siliwangi… via berita.upi.edu

Antara sedih dan bahagia. Kamu akhirnya jadi juga sarjana. Selamat yaaa.. Tapi di satu sisi kamu ga bisa membohongi diri kalau kamu sedih harus meninggalkan kampus tercinta ini. Bakal kangen berat sama UPI. Bahkan ketika kamu udah kerja dan merantau ke daerah lain, kamu belum bisa move on dari kenangan di sini. T.T

P.S: Nikmatilah hari-harimu selama di kampus UPI tercintah, karena kalau udah lulus kamu bakal kangen berat hari-hari itu. Entah kamu yang aktivis kampus, kuda-kuda, bahkan yang kupu-kupu… 😉

Gambar andalan di ambil dari sini.