11 Deretan Kata-Kata Indah Asal Indonesia yang Jarang Terdengar. Bisa buat Namain Anak nih~

Kata asal Indonesia

Semua orang sepakat bahwa negara kita yang besar ini punya beragam budaya dan bermacam-macam ciri khas lainnya. Salah satunya yang bikin kagum adalah bahasa. Ya, dari ujung Indonesia hingga ke ujung lainnya lagi, terdapat banyak banget bahasa yang mungkin kita sendiri pun juga nggak mampu untuk menghitung apalagi sampai menghafalnya satu demi satu. Dari sekian banyak bahasa yang ada tersebut, hampir semuanya punya keindahan tersendiri.

Advertisement

Entah itu bagus ketika diartikan atau mungkin terdengar indah di telinga, intinya bahasa Nusantara punya daya magisnya sendiri. Berani bertaruh deh, kamu sendiri mungkin juga masih belum banyak mengenal istilah, bahasa, dan kata-kata yang ternyata berasal dari Indonesia, namun cuma karena jarang dipakai akhirnya kamu nggak menyadarinya. Nah, berikut ini adalah deretan kata-kata indah asal Indonesia yang mungkin baru pertama kalinya kamu ketahui. Simak, ya!

1. Baru dibaca aja bener-bener udah kelihatan indahnya, apalagi kalau dipakai buat jadi nama anak. Bakal cakep deh

Arti kata mangata via www.instagram.com

2. Besok kalau kamu pengin punya anak yang pikirannya baik dan indah, kasih nama ini aja nih. Euonia! Terdengar kebarat-baratan, tapi ternyata malah dari Indonesia lo

Pikiran yang baik. via www.instagram.com

Advertisement

3. Ternyata melakukan sesuatu dengan jiwa, kreatifitas, dan juga cinta itu ada istilahnya sendiri lo. Inilah dia, Meraki~

Indah banget nggak sih? via www.instagram.com

4. Katanya-katanya puitis banget, artinya pun nggak kalah indahnya. Baru sadar nggak sih kalau ternyata selama ini banyak banget kata-kata indah asli Indonesia? πŸ™

Udah kayak pujangga nih. via www.instagram.com

5. Nama adalah doa lo, bayangin kamu memberi anakmu nama pakai istilah yang satu ini terus doanya didengar sama Tuhan. Kebayang, kan, bakal kayak gimana cantik matanya?

Arti Nayanika. via www.instagram.com

Advertisement

6. Nih, buat kamu semua yang hobi bikin puisi, sekarang istilah yang indah nggak cuma sekadar senja-senjaan, tapi ada juga Arunika

Arunika. via www.instagram.com

7. Istilah mantra dan doa aja kadang udah terdengar indah banget di telinga, apalagi kalau pakai istilah lainnya kayak yang satu ini. Japa~

Japa alias doa dan mantra. via www.instagram.com

8. Meski mungkin susah buat diucapkan secara spontan, tapi kata Sthira ini selain indah juga bagus banget artinya. Pengin nggak tuh punya anak pakai nama ini?

Arti kata Sthira. via www.instagram.com

9. Kalau tadi artinya adalah kuat dan tabah, yang satu ini lebih cakep lagi nih! Atidhira yang berarti sangat tabah, asalnya aja dari bahasa Jawa kuno

Arti Atidhira. via www.instagram.com

10. Masih sama-sama berasal dari istilah Jawa kuno, ada juga Winaya yang artinya adalah disiplin. Meski tegas, namun tetap terdengar puitis banget, kan?

Arti Winaya. via www.instagram.com

11. Nah, kalau yang satu ini sih bakalan cakep banget, apalagi kalau yang menyandang namanya adalah anak perempuan. Dijamin bakal semakin punya aura~

Mandasuli. via www.instagram.com

Dibilang juga apa, istilah Indonesia itu banyak banget yang cakep, indah, dan bahkan juga keren kok. Kitanya aja terkadang yang kurang pengetahuan aja untuk mengetahui fakta-fakta mengesankan tersebut. Bisa nih buat dijadikan untuk referensi memberi nama anak, nama brand, atau mungkin sedekar buat bikin kreasi lainnya. Jadi makin cinta sama bahasa Indonesia nih kalau kayak gini ceritanya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE