Banyak sekali hal-hal baik yang kita lakukan selama bulan puasa yang seringkali tidak kita lakukan ketika hari-hari biasa. Seperti misalnya bagaimana kita menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur.

Tapi pertanyaannya adalah, bisakah kita mempertahankan hal-hal itu setelah bulan puasa selesai? Karena percuma banget nggak sih, udah sebulan belajar melakukan hal-hal baik dan hidup sehat tapi kebiasaan itu tiba-tiba hilang setelah bulan puasa? Nah, seharusnya kita semua bisa lo tetap melakukan hal-hal itu meskipun udah bukan bulan puasa lagi. Apa aja tuh? Kita simak bersama, ya!

1. Bangun pagi adalah hal baik yang harusnya paling mudah untuk dipertahankan

Bangun pagi via www.irishtimes.com

Advertisement

Saat bulan puasa, kita sering banget bangun pagi, bahkan lebih pagi daripada hari-hari biasanya. Ternyata bangun pagi itu banyak banget manfaatnya lo, seperti misalnya mood kita akan lebih bagus seharian, raut muka terlihat lebih segar, dan kalau mood-nya sudah bagus, udah tentu juga dong kita bakal lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas-aktivitas kita nanti.

Selepas bulan ini, jangan kemudian terus bangun siang, ya! Harus bisa pertahankan terus kebiasaan sehat bangun pagi.

2. Dengan setiap sore kita ngabuburit mencari takjil, harusnya kita bisa lepas dari kebiasaan buruk mengonsumsi junkfood

Makan makanan junkfood via myupdatestudio.com

Makanan cepat atau siap saji memang selalu menggoda selera, apalagi jika kita sedang tergesa-gesa dan nggak punya banyak waktu. Tapi ternyata, di balik rasanya tersebut, junkfood menyimpan banyak sekali hal-hal yang menimbulkan risiko tinggi untuk menimbulkan penyakit lo

Advertisement

Tapi, meskipun udah tahu tentang risiko ini, kita terkadang masih aja sering banget untuk mengonsumsinya. Kalau udah kena batunya, baru deh berhenti. Yuk, mulai kurangi junkfood, ya!

3. Bulan puasa mengajarkan kita untuk bisa mengontrol emosi dengan baik. Godaannya sih emang berat, tapi kalau udah jadi kebiasaan, jadi lebih mudah dong~

Kontrol emosi via www.freepik.com

Yang namanya emosi itu beragam, ada bahagia, kecewa, sedih, marah, dan sebagainya. Sadar atau nggak, ternyata bulan puasa udah ngajarin kita untuk selalu mengontrol emosi lo. Menghilangkan sifat-sifat pemarah dan hal buruk lainnya untuk diganti dengan sifat-sifat baik seperti pemaaf, sabar, atau mungkin juga berbahagia.

Coba bayangin deh gimana jadinya kalau semua orang menerapkan hal baik ini meskipun udah bukan bulan puasa lagi, bakalan dingin dan tenteram nggak tuh suasana kehidupan? 😀

4. Pola makan yang sehat dan teratur harusnya juga bisa kita pertahankan. Apalagi buat anak kosan yang sehari makan cuma sekali~

Makan secukupnya via foodspot.co.id

Selama bulan puasa, kita selalu makan tepat waktu yaitu saat waktu sahur dan buka puasa. Itu pun kita diajarkan untuk makan secukupnya dan nggak berlebihan lo. Sepakatlah, ya, segala hal yang berlebihan itu memang nggak baik, termasuk juga dalam makan.

5. Olahraga kecil juga nggak boleh begitu saja kamu lepas dari kebiasaan setelah bulan puasa selesai. Olahraga penting juga lo!

Olahraga via www.suratkabar.id

Pernah, kan, kamu melihat orang tetap melakukan aktivitas olahraga selama bulan puasa meskipun kecil-kecilan? Ternyata banyak alasan orang melakukan olahraga selama bulan puasa, salah satunya adalah sambil menunggu waktu berbuka alias ngabuburit.

Nggak perlu berat-berat, kalian bisa cukup melakukan olahraga kecil seperti joging, atau jika sedikit malas, kalian juga bisa melakukan di dalam rumah seperti sit up, back up, dan olahraga kecil lainnya. Meskipun hanya olahraga kecil, tapi kalau dilakukan secara rutin tiap hari hasilnya juga akan menyehatkan tubuh kok.

6. Nggak lengkap rasanya kalau bulan puasamu kemarin tanpa bersedekah. Nah, harusnya ini bisa jadi kebiasanmu juga nantinya

Bersedekah. via portalmongondow.com

Ini nih yang paling penting. Saat bulan puasa, banyak sekali orang melakukan hal-hal baik untuk menabung pahala, salah satunya adalah berbagi kepada mereka yang dirasa membutuhkan, atau biasa disebut bersedekah. Tapi nggak ada salahnya juga lo kalau kita tetap melakukan hal baik ini meskipun udah nggak bulan puasa lagi.

Nggak perlu susah-susah, sedekah itu bisa dalam bentuk apa pun kok, misalnya bantu teman menyelesaikan pekerjaannya, menyisihkan sebagian uang receh kita untuk dimasukkan ke dalam kotak infak, atau jika kalian punya rezeki yang lebih, kalian bisa berbagi langsung dengan mereka yang membutuhkan. Dijamin deh tabungan pahala makin tinggi!

Bulan puasa memang mengajarkan kita untuk melakukan hal-hal baik, tapi alangkah baiknya jika kita tetap mempertahankan hal tersebut meskipun nggak lagi memasuki bulan puasa. Yuk!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya