6 Kebiasaan Cara Kita Makan yang Dulu Sering Kena Tegur Emak. Siapa yang Suka Begini nih?

Kebiasaan cara makan

Bicara soal tegur-menegur, emak adalah juaranya. Seumur hidup barangkali sosok emaklah yang paling bawel ke kita. Bawel adalah bentuk kepedulian emak untuk membuat anaknya menjadi pribadi yang lebih baik. Ya, meskipun kadang mendengarnya waktu ngomel bikin kita sebel bukan main sih.

Advertisement

Salah satu momen yang sering memancing teguran emak dulu ialah ketidaksopanan kita saat makan. Kita yang belum tahu apa-apa soal sopan santun di meja makan selalu jadi sorotan emak. Begini salah, begitu salah, itulah yang kita rasakan dulu. Kira-kira apa sajakah itu? Cekidot!

1. Saat ketahuan makan bersuara alias kecap kamu akan diledek kayak sapi. Hmm!

Kecap kayak sapi. via republika.co.id

Kebiasaan yang paling sering dikritisi emak saat kecil dulu adalah kecap saat makan. Lagi seru-seru makan, dikagetin, β€œHeh, kayak sapi!” Lalu kita bingung. Sampai akhirnya dikasih tahu kalau makan itu nggak boleh bersuara.

2. Kebiasaan angkat satu kaki ke kursi bikin kita sering dapet tabokan di paha. Duh, sakit!

Kebiasaan orang Indonesia banget nih. via www.njajan.com

Kaki diangkat satu itu pose ternyaman saat makan. Namun kita baru tahu kalau hal tersebut nggak bisa dilakukan di meja makan setelah dapet tabokan emak. Yang bikin kesel tuh kadang bapak juga angkat kaki gitu, tapi nggak diapa-apain. -_-

Advertisement

3. Emak paling galak kalau ada makanan yang nggak diabisin. Katanya nanti nasinya nangis

Makan harus habis adalah pelajaran utama saat makan. Kalau nggak habis emak ngomelnya bisa nggak selesai-selesai. Kadang sampai bawa ayat segala. Iya, Mak, ampun.

4. Jangan buru-buru kalau makan nanti nasinya tumpah ke mana-mana. Nasinya nggak nangis, kitanya yang nangis dijewer emak πŸ™

Auto ngomel-ngomel. via www.yukepo.com

Namanya anak kecil, perhatiannya suka ke mana-mana. Makan pun jadi berantakan. Kalau sudah begini emak pasti langsung liatin kita. Hiii, serem!

5. Makan malam harus di meja makan, kalau enggak dijewer. Bajaj Bajuri lagi main, Mak, pengen nonton! πŸ™

Makan malam. via www.salampengetahuan.com

Sekali waktu emak mengajarkan kita untuk makan malem bersama di meja makan. Kita menolak karena lagi ada Bajaj Bajuri. Sambil teriak, emak dateng, rebut remot, sambil memicingkan mata. Kita auto kabur ke meja makan.

Advertisement

6. Emak juga suka marahin kita kalau makan di depan pintu. Apalagi kalau pintunya pintu tol Jagorawi πŸ˜€

Mitos. via www.hipwee.com

Sebagian emak suka nasihatin kita saat makan di depan pintu. Awalnya kita mempertanyakan soal alasannya yang aneh. Apa hubungannya jodoh sama pintu? Kalau alasannya nanti menghalangi jalan mungkin bisa diterima. Sampai akhirnya kita sadar kalau sampai sekarang jodoh kita belum kelihatan. Apakah ini gara-gara kita abai sama nasihat emak?

Emak mengajarkan itu semua demi kebaikanmu. Masih ingat nggak teguran emak soal adab makan mana yang paling sering kamu terima?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE