Agar Tetap Santuy, Mahasiswa Kerap Melakukan 5 Hal ini Saat Kelas Online. Kelakuan Mahasiswa Check~

Kelakuan mahasiswa check

Semenjak pandemi, kuliah online menjadi aktivitas new normal. Perkuliahan jarak jauh ini didasari oleh belum beresnya pemerintah mengatasi masalah corona. Sudah hampir empat bulan kita menghadapi situasi pandemi, masa kegiatan belajar-mengajar berhenti? Kasihan yang udah bayar kuliah dong, kasihan juga yang ingin pintar. Makanya, beradaptasi adalah kunci!

Advertisement

Bukan mahasiswa namanya kalau nggak bisa melihat celah untuk santuy. Alih-alih lebih serius dalam menyimak paparan dosen karena keterbatasan jarak, mereka justru mengikutinya sambil berleha-leha. Inilah 5 hal santuy yang kerap dilakukan mahasiswa saat kelas online. Cekidot!

1. Semenjak kuliah online, mahasiswa jadi bisa mendengarkan materi sambil ngemil. Dalihnya biar bisa fokus, nggak kelaperan

Sambil ngemil dan rebahan via www.diadona.id

Makan di kelas adalah tindakan yang nggak sopan. Hanya dosen-dosen tertentu yang memperbolehkan hal ini. Mahasiswa pun enggan melakukannya karena takut kena sanksi. Nah semenjak kelas online, kelakuan mahasiswa jadi susah dikontrol. Mereka bisa bebas makan sambil mendengarkan materi. Kalau kena tegur, alasannya kalau kelaperan otak susah menerima pelajaran. Dasar.

Bahkan ada yang melakukannya tanpa ketahuan. Banyaknya mahasiswa yang ikut kelas membuat tampilan pada layar penuh. Dosen jadi susah memantau satu-satu aktivitas mahasiswanya.

Advertisement

2. Kuliah online seyogyanya tetap memakai baju yang rapi biar sopan. Tapi apa sih yang nggak bisa mahasiswa akali? Atasnya aja rapi, bawah cuma boxer -_-

Dosen juga jangan mau kalah dong via chirpstory.com

Kuliah online bergantung pada alat. Masalahnya paling sering karena teknis, misalnya keterbatasan tampilan layar. Kamera yang merekam mahasiswa punya keterbatasan penglihatan. Gambar yang ditangkap akan menyesuaikan seberapa jauh jarak orang ke kamera. Inilah yang dimanfaatkan para mahasiswa santuy. Mereka yang terlihat rapi belum tentu rapi. Seringkali hanya atasannya saja yang rapi. Pas dilihat celananya, yang dipakai cuma boxer. Hadeeeh!

3. Siapa nih yang suka suruh adik ngadep laptop saat udah malas dengerin materi dosen? Lama-lama adikmu yang pintar, bukan kamu!

Gantiin bentar dong via news.detik.com

Kuliah online ini gampang banget diakali mahasiswa. Saat bosan mendengarkan materi bisa saja mereka kabur tanpa ketahuan. Caranya tinggal panggil adik suruh menghadap ke laptop. Dengan cara sesederhana itu dosen mudah banget dikelabui. Apalagi mereka yang nggak paham otak-atik aplikasi yang dipakai. Udah tuh jadi bulan-bulanan. Nggak ngerti lagi sama kelakuan mahasiswa di era corona ini. 😀

4. Ada juga yang sengaja mematikan speaker dan kameranya. Munculnya pas absensi doang, sisanya entah ke mana

Matikan kamera via journaltimes.com

Ada juga mahasiswa yang nggak peduli sama sekali dengan kelas. Mahasiswa bangor begini biasanya memanfaatkan momen absensi untuk kelihatan nongol. Di awal dialah yang paling sering ngomong biar keberadaannya dikenali. Namun setelah kuliah berlangsung, perlahan dia mematikan kamera dan speaker suara. Dia kabur entah ke mana, entah itu main gim atau tiduran di kasur.

Advertisement

5. Ada juga yang suka menjadikan emak menjadi alasan buat bolos. Ngakunya disuruh ke warung, padahal tidur

Banyak kendala teknis. via kaltim.idntimes.com

Belajar di rumah itu godaannya banyak. Penghuni rumah yang berisik, emak yang sibuk menyuruh ini-itu, sampai godaan kasur yang seperti ada magnetnya. Bagi mahasiswa malas, kendala teknis ini justru dijadikan alat untuk kabur dari kelas. Seperti biasa, awalnya dia bakal ikut kuliah dulu biar dapat absen. Lalu di tengah halan, dia ijin pakai alasan yang susah untuk dibantah yaitu disuruh orangtua. Siapa nih yang kayak gini?

Kalau dipikir-pikir, kuliah online ini sejatinya nggak efektif. Banyak banget celah buat mahasiswa bandel untuk bolos dari kelas. Emang dasar kelakuan! Meski begitu, kuliah online tetap harus berlanjut. Nggak ada cara lain yang bisa dipakai. Toh, nggak semua mahasiswa pemalas juga.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE