Nostalgia Kenangan Buku Tabungan Zaman TK dan SD. Kalau Dulu Tertib, Pasti Sekarang Udah Kaya~

Kenangan buku tabungan

Semakin ke sini, banyak dari kita yang semakin merasa bahwa uang adalah salah satu hal penting dalam hidup. Meski terkadang ada-ada aja orang yang dengan naifnya bilang bahwa uang bukanlah segalanya. Iya sih bener uang memang bukan segalanya, tapi sekarang apapun butuh uang. Nah, ngomongin masalah duit-duitan ini, sebagai orang Indonesia tulen tentunya banyak dari kita yang punya pengalaman unik terkait benda paling berharga di dunia yang satu ini. Salah satunya yang mungkin membekas banget sampai saat ini adalah kegiatan menabung yang dulu sering dibiasakan saat kita di bangku TK ataupun SD.

Advertisement

Masih ingat nggak sih sama buku tabungan legendaris zaman tersebut? Iya, pokoknya yang biasanya berwarna biru, kuning, sama merah itu lo! Setelah dipikir-pikir sih agak nyesel juga ya, kenapa kok dulu kita suka menganggap buku tersebut nggak penting. Padahal, setelah dewasa kita baru sadar kalau misalkan dulu kita serius nabung dengan buku legend itu, pasti setidaknya sekarang udah nggak pusing lagi mikir gimana caranya nabung. Tapi ya dasar dulu masih bocah sih, kamu pasti juga pernah mengalami hal-hal konyol terkait buku tabungan tersebut kayak yang ada di bawah ini

Setiap kali ada pembagian dari guru, paling malu kalau dikasihkan pertama kali. Pasalnya, pasti ketahuan tabungannya paling dikit

Buku tabungan legend / Credit: Twitter sbyfess via twitter.com

Jika kamu masih ingat, dulu ketika TK maupun SD ada kebiasaan unik yang dilakukan oleh guru saat membagikan buku tabungan kita setiap semesternya. Biasanya sih dimulai dari yang jumlah tabungannya kosong atau paling sedikit, terus baru yang paling banyak. Hal ini nih yang seringkali bikin kita jadi minder dan malu kalau dikasih urutan pertama kali, apalagi kalau di dalam kelas isinya anak-anak rajin dan tertib nabung. Bukannya gimana-gimana, tapi dengan mendapat urutan pertama itu artinya semua orang di kelas kita bakalan tahu kalau tabungan kita paling dikit. Masih mending kalau dikit, kalau bener-bener kosong itu yang malunya sama sekali nggak ada obatnya. Biasanya yang sering kayak gini sih dulu anak-anak cowok, meski nggak sedikit juga anak cewek yang nggak pernah nabung.

Sekarang nyesel banget, soalnya dulu sering diambilin buat bayar uang saku rekreasi sekolah. Hadeeeh!

Kenangan buku tabungan / Credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Nggak dimungkiri lagi bahwa agenda rekreasi di masa tersebut memang jadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua bocah. Meski paling sering cuma piknik di dalam kota, tapi rasanya udah bahagia banget. Nggak heran tuh dulu kita sering minta uang saku double, entah sama bapak, ibu, atau bahkan sama kakek dan nenek. Uniknya lagi, dulu semakin banyak uang saku yang dibawa bakalan dianggap lebih keren dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Nah, bagi bocah yang mungkin saat itu nggak dikasih uang saku terlalu banyak sama orang tuanya, biasanya sih ngorbanin duit di dalam tabungan itu. Seminggu sebelum hari piknik udah bilang sama guru kalau uangnya mau dipakai buat rekreasi. Akhirnya, sekarang baru sadar dan paham kalau dulu kita nggak ngambilin uang cuma sekedar buat acara piknik sekolah, pasti sekarang udah bergelimang harta. :’)

Advertisement

Tapi nggak ada yang lebih epik lagi sih dibandingkan uang tabungannya dilariin sama guru sendiri. Siapa nih, yang dulu pernah begini?

Buku tabungan legendaris / Credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Dari berbagai macam pengalaman unik terkait buku tabungan legendaris ini, hal paling epic, ngeselin, sekaligus dirasakan oleh sebagian orang adalah kejadian yang satu ini. Alih-alih duitnya terkumpul banyak karena nggak pernah diambil sekalipun buat rekreasi, yang ada malah ditilep sama guru sendiri. Biasa lah, zaman-zaman segitu masih sering tuh kejadian-kejadian guru bawa lari uang tabungan milik anak didiknya. Apalagi di tingkat TK sama SD, yang mana di masa itu kita semua pasti masih bocah dan juga gampang dikibulin. Kasihan bener ya? Hehehehe.

Namun, dari pengalaman unik tentang buku tabungan di masa TK dan SD ini, kita akhirnya bisa mengambil pelajaran berharga lo. Segala hal mungkin nggak bisa selalu diukur dengan uang, tapi segala hal butuh uang. Artinya, membiasakan hidup menabung sejak kecil itu memang penting banget sih, daripada nanti pas gede baru ngerasain pusing kayak kita-kita ini~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE