“Tepuk Pramuka!”

“Prok prok prok! Prok prok prok! Prok prok prok prok prok prok prok!” *baca dengan nada tepuk pramuka*

Pramuka atau Praja Muda Karana pasti nggak asing lagi di telinga kita. Yap, di Indonesia scout boys ini identik dengan seragam cokelat-cokelat lengkap dengan asduk dan topi cabaret untuk pria dan topi anyaman untuk wanita.

Advertisement

Saat kita masih sekolah, seringnya Pramuka dijadikan ekskul wajib dari sekolahan. Konon katanya kalau kamu nggak ikut pramuka, bisa nggak naik kelas. Anak Pramuka juga identik dengan persami dan tali temali. Tapi di luar itu, banyak hal yang bisa kamu dapatkan dan kamu kenang dari Pramuka. Kalau semasa sekolah kamu pernah jadi anak Pramuka, hal-hal di bawah ini pasti nggak asing lagi!

1. Pramuka terdiri dari empat tingkatan: Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Kamu sempat sampai tingkat apa?

tingkatan dalam pramuka

tingkatan dalam pramuka via pramukaria.blogspot.co.id

Pramuka siaga untuk anak-anak usia 7-10 tahun. Saat kamu SD, tingkatmu masih di sini. Warna badgemu hijau. Di tingkat ini kamu baru berkenalan dengan pramuka. Kemudian saat kamu SMP, tingkatmu berubah menjadi tingkat penggalang. Warna badge-mu pun berubah menjadi merah. Di SMA, warna badgemu jadi kuning, dan tingkatmu naik menjadi penegak. Kalau umurmu 21 tahun sampai 25 tahun, kamu naik tingkat jadi pandega. Warna badgemu jadi cokelat. Keren banget sih kalau udah punya badge cokelat. Kamu dulu Pramuka-nya sudah sampai badge apa?

2. Kostum Pramuka nggak kalah gagah dengan kostum polisi atau tentara. Meski senjata yang dibawa ke mana-mana cuma tali dan tongkat saja!

seragam pramuka

seragam pramuka via roomdecorations.info

Seragam pramuka memang khas. Cokelat muda di atasan, dan cokelat tua sebagai bawahannya. Sepatu dan kaos kaki harus hitam. Asduk merah putih jangan lupa kalau nggak mau kena tegur kakak Pembina. Kalau sedang dalam kostum lengkap, kamu juga harus memakai tali rami yang dikaitkan di ikat pinggang. Topi pramuka berbeda untuk cewek dan cowok.  Kalau cowok, kamu harus pakai topi cabaret yang ada pin tingkatan pramuka. Kalau cewek, topimu berbentuk topi anyaman dengan tali yang warnanya sesuai tingkatan. Dari itu semua, yang paling sering beli pastinya tali rami. Iya nggak? Selain tali rami memang gampang rusak, seringnya kalau habis dipakai mendirikan tenda, kamu nggak bisa balikin ke bentuk awalnya. Daripada ribet, mending beli yang baru aja.

Advertisement

Ada yang masih nyimpen seragam pramuka lengkap ini?

3. Ngomong-ngomong soal tali, seorang pramuka sejati pasti tahu caranya bikin tiang bendera, tandu, sampai rak sepatu dari tali dan tongkat saja

tali temali

tali temali via suarakampus.com

Meski gampang rusak ataupun hilang, tali rami ini banyak banget ya fungsinya. Pelajaran dasar yang akan kam peroleh saat pramuka adalah soal tali temali. Di sini kamu diajari banyak simpul-simpul, mulai dari yang gambang sampai yang bikin mumet. Nggak heran kalau ada yang Cuma bisa simpul mati doang. Haha

Tapi kalau kamu menguasai pelajaran tali temali ini, kamu bisa bikin apa-apa sendiri. Mulai dari mendirikan tenda, bikin rak sepatu sederhana, sampai bikin tiang bendera bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa bikin tandu darurat kalau misal ada temanmu yang terluka. Semua itu hanya berbekal tongkat pramuka dan tali rami yang memang harus kamu bawa ke mana-mana.

4. Bukan cuma agen rahasia saja, kamu juga fasih pakai sandi bahasa. Masih bisa kamu pakai sekarang kalau kamu mau ngomongin orang yang ada di dekatmu. Ehehe

Ada yang bisa baca?

Ada yang bisa baca? via pramukaria.blogspot.co.id

Ada yang masih ingat gimana aturan main sandi jam?

Atau sandi rumput?

Sebagai anak pramuka kamu selalu bangga. Karena kamu nggak kalah dengan agen rasahsia soal sandi persandian. Di pramuka kamu diajari banyak model sandi, dari sandi jam, sandi kotak, sampai sandi rumput. Kamu juga nggak perlu belajar bahasa mandarin untuk bisa menulis ala orang cina, karena Pramuka punya sandi cina.

Kalau kamu lagi pengin gosipin orang yang ada di sebelahmu, boleh nih dicoba ngobrol pakai bahasa sandi rumput!

5. Masalah sandi morse ini memang rumit, meski nggak serumit menerjemahkan makna kata terserah yang terucap dari bibir cewek

morse biasanya disampaikan dengan peluit

morse biasanya disampaikan dengan peluit via www.bukalapak.com

._ / _.. / ._    ///   _._ _ / . _ / _ . / _ _ .  ///   _ . . . /. . / . . . / . _  ///  _ . . . / . _ / _ . _ .  / . _  ///   . . / _ . / ..  ///  _ . / _ _ . / _ _ . / . _ / _ . _

*maaf terjemahan belum tersedia

6. Jangan ngaku anak pramuka kalau nggak hafal sandi simapore. Hayo, jangan sampai kebalik antara huruf A dan G ya!

Selain morse, yang nggak bakal bisa kamu lupakan tentunya sandi-sandi simapore. Yup, bahasa sandi yang disampaikan melalui gerakan bendera merah cokelat ini bisa bikin kamu lebih pusing ketimbang saat kemu membaca sandi morse. Kamu harus pandai-pandai menghafal posisi dua bendera untuk masing-masing huruf. Yang sering banget ketukar pastinya huruf A dan G nih. Ingat ya, A di kanan, G di kiri.

7. Buku saku pramuka ini emang kecil banget sampai tulisannya susah dibaca. Tapi semua pengetahuan pramuka yang kamu cari ada disana

Buku keramat yang super berharga

Buku keramat yang super berharga via www.nyunyu.com

Kalau pengantin punya buku nikah, anak pramuka juga pasti punya buku saku. Yup yup, buku kecil cokelat adalah buku panduan untuk anak pramuka. Mulai dari mars Pramuka, lagu-lagu pramuka, sandi-sandi, sampai teknik tali temali semua ada di sana.  Buku saku ini jelas harta berharga untuk anak pramuka. Sayang, karena bentuknya yang imut-imut (namanya juga buku saku), buku ini gampang banget hilang kayak cinta yang sering hilang begitu saja.

8. Pramuka nggak cuma mengajarkan sandi-sandi dan tali temali, tapi juga lagu-lagu dan tepuk-tepuk yang bikin harimu jadi asyik

pramuka juga ada sesi nyanyi dan tepuk-tepuknya

pramuka juga ada sesi nyanyi dan tepuk-tepuknya via qyusader.blogspot.co.id

Tapi bagaimanapun juga, Pramuka nggak hanya mengajarkan hal-hal serius seperti bahasa sandi, tali temali, atau mendirikan tenda. Pramuka juga bikin kamu hepi dengan banyaknya lagu-lagu dan tepuk-tepuk yang khas dan lucu. Yang nggak mungkin kamu lupa pastinya Tepuk Tunggal dan Tepuk Ganda nih. Iya nggak?

Ngomong-ngomong, ada yang masih ingat Mars Pramuka Indonesia?

Kami… Pramuka Indonesia…

Manusiaaa Pancasilaaa….

9. Mengaku anak pramuka tapi belum pernah ikut Persami sama juga bohong. Mendirikan tenda, bikin pagar, masak makanan, sampai rebutan siapa yang harus tidur paling pinggir pasti pernah kamu rasa

perkemahan pramuka

perkemahan pramuka via abiummi.com

Perkemahan adalah hal yang nggak bisa dilepaskan dari Pramuka. Mulai dari Persami (perkemahan Sabtu Minggu) sampai perkemahan untuk lomba tingkat kecamatan atau kabupaten. Di sini, sebagai pramuka, kamu belajar untuk hidup di alam bebas dan jauh dari orang tua. Yah, meski kenyataannya nggak jauh-jauh banget sih. Lokasi perkemahan biasanya nggak jauh dari sekolahan. Dan orang tuamu bebas menjenguk dan membawakan makanan. Hahaha

Tapi tapi, di perkemahan pramuka ini kamu juga belajar hidup bersama banyak orang. Kamu juga harus bisa pandai-pandai membagi tugas, siapa yang harus memasak dan siapa yang harus bersih-bersih tenda. Kalau malam tiba, kamu juga akan musyawarah siapa yang harus tidur paling pinggir yang kita semua tahu itu posisi yang paling serem!

10. Jadi anak pramuka harus sigap. Kadang lagi nyantai tidur-tiduran di tenda pakai kolor doang, tiba-tiba ada panggilan dari secretariat yang mengharuskan kamu pakai atribut lengkap dalam waktu hitungan 1-10.

pramuka harus sigap

pramuka harus sigap via bermanfaatnihh.blogspot.co.id

Kalau siang-siang pas matahari panas-panasnya memang paling enak selonjoran di tenda. Sambil nyemil-nyemil kecil atau ngegosip dengan teman. Apalagi kalau perkemahan lagi nggak ada kegiatan. Tapi setiap saat kamu harus siap jika kakak Pembina mengharuskanmu datang ke secretariat dalam hitungan satu sampai sepuluh. Meski kamu sedang koloran, kamu harus muncul dengan seragam dan artibut lengkap. Kadang kamu lupa pakai sepatu. Akibatnya kamu kena hukuman. Duh, sedih deh. Dari situ, kamu belajar untuk memakai seragam pramuka kapanpun dan di manapun, termasuk saat tidur.

11. Sebagai anak pramuka, kamu juga gemar berpetualang dan suka tantangan. Penjelajahan adalah petualangan yang cukup menguji fisik dan kecerdasanmu selama pramuka

penjelajahan

penjelajahan via sp.beritasatu.com

Salah satu kegiatan yang asyik banget dalam perkemahan tentunya penjelajahan. Dalam kegiatan ini, kamu dan kelompokmu harus menjelajah hutan, gunung, dan sungai untuk menemukan pos-pos pramuka. Jangan harap kakak Pembina akan menuntunmu mencari jalan. Kamu harus mencari sendiri jalanmu dengan menerjemahkan tanda-tanda yang ada. Kalau nggak paham ya selamat nyasar. Sesampainya di pos, kamu juga akan diberi tugas yang biasanya disampaikan lewat kode-kode tertentu. Dalam penjelajahan ini, fisik dan otakmu benar-benar diuji.

12. Api Unggun adalah saat kemampuan senimu diuji. Dulu kamu sering menampilkan apa? Seni tari apa teater?

Api unggun yang seru

Api unggun yang seru via kalsel.kemenag.go.id

Malam kedua kamu di perkemahan biasanya diisi dengan kegiatan api unggun. Panitia menyiapkan api unggun besar di tengah-tengah lapangan, lalu kamu dan teman-teman duduk melingkar mengelilinginya. Di acara api unggun ini biasanya tiap-tiap regu diharuskan untuk menampilkan sesuatu. Ada yang menari, nyanyi, sampai bikin mini drama. Jadi, seorang pramuka nggak cuma diajari untuk hidup dengan alam, tapi juga berkesenian.

13. Yang paling menegangkan dari kegiatan perkemahan pramuka adalah jurit malam. Mulai ditakuti hantu-hantuan sampai dibikin nangis-nangis di acara renungan malam

jurit malam yang menegangkan

jurit malam yang menegangkan via m.smpn15bogor.sch.id

Tapi yang paling mengesankan dari perkemahan pastinya jurit malam, atau renungan malam. Acara yang satu ini keberadaannya agak-agak gaib gimana gitu. Para panitia akan berpura-pura tidak pernah ada yang namanya jurit malam, dan kamu boleh tidur nyenyak sampai pagi. Tapi siapapun pasti udah tahu kalau jurit malam pasti ada dan itu yang bikin malam semakin mencekam.

Pada tengah malam, panitia akan membangunkanmu dan menyuruhmu berkumpul di lapangan. Ini sebabnya kamu juga rela tidur dalam seragam pramuka. Setelah berkumpul, kamu akan diceramahi dan dimarah-marahi sampai kamu nangis-nangis. Bukan bermaksud jahat, tapi untuk menempa mental dan hati kamu. Nggak jarang, di acara jurit malam ini, ada hantu-hantuan yang disiapkan untuk menggodamu.

14. Kamu juga pasti ingat soal Dasa Dharma Pramuka yang dulu harus kamu hafal. Dasa Dharma ini nih kenapa seorang pramuka layak jadi pasangan idaman ;p

Pramuka itu....

Pramuka itu…. via pramuka6sragen.blogspot.co.id

Sebagai anak pramuka, kamu juga punya panduan nilai-nilai hidup yang harus kamu terapkan. Masih ingat nggak sepuluh sifat anak pramuka yang tertuang dalam Dasadarma Pramuka yang harus kamu hafal dan kamu baca setiap ada upacara pramuka? Pedoman Dasa darma pramuka ini membuktikan bahwa anak pramuka bisa banget dijadikan pasangan idaman. Hehe

15. Banyak pelajaran yang bisa kamu ambil saat masih jadi anak pramuka. Mulai dari makna kebersamaan sampai strategi kepemimpinan, semua bisa kamu dapat

Pramuka mengajarkan banyak hal

Pramuka mengajarkan banyak hal via radiobuana.com

Nggak Cuma keterampilan sandi dan tali temali yang kamu dapat dari Pramuka. Dari sana, kamu bisa belajar bagaimana strategi kepemimpinan, apalagi kalau kamu sering menjadi ketua regu. Membagi tugas siapa yang mengerjakan apa, jelas bukan hal yang sederhana. Kamu juga belajar untuk hidup bergotong royong dengan teman-teman seregumu. Nggak hanya itu, Pramuka sebenarnya mempersiapkanmu untuk menjadi seseorang yang siap hidup dalam kondisi apapun dan di manapun. Seperti tunas kelapa, lambing pramuka, yang menggambarkan bahwa seorang pramuka sejati bisa hidup dalam kondisi sesulit apapun.

Duh, ada yang jadi kangen nggak sama kegiatan-kegiatan Pramuka?

Meski dulunya kamu ikut pramuka karena sekolah mewajibkannya, nggak bisa disangkal banyak ilmu yang kamu dapatkan dari sana. Kenangan-kenangan saat mengikuti pramuka di sekolah juga nggak bisa dilupakan begitu aja.

Untuk menguji ingatan dan pengetahuanmu tentang pramuka, masih ingat nggak siapa Bapak pandu dunia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya