Memilih Kursi Bioskop dari Tingkat Kenyamanan, Definisi Terdepan Bukanlah yang Terbaik~

Menonton film di bioskop memang memberikan pengalaman tersendiri. Selain bisa mendapat kualitas penayangan terbaik, kita bisa merasakan fasilitas kursi bioskop yang nyaman dengan suara stereo berteknologi dolby digital atau THQ yang digunakan bioskop-bioskop modern. Sayangnya, nggak semua posisi kursi di bioskop bikin kita nyaman saat menonton.

Advertisement

Bahkan, bisa dibilang pengalaman terbaik saat menonton film di bioskop ditentukan oleh pemilihan letak kursi yang tepat. Coba bayangkan saat menonton film yang sudah lama ditunggu-tunggu, tapi kamu mendapat kursi yang bikin nggak nyaman. Pasti kamu jadi nggak bisa menikmati filmnya dengan baik. Meski begitu, keputusan memilih kursi di bioskop tetap tergantung dengan tujuan menonton juga. Jadi, begini pemilihan kursi bioskop berdasarkan tingkat kenyamanan dan tujuan menonton.

Kursi depan sendiri bagai dihadapkan kenyataan, bahwa dekat belum tentu bikin nyaman, terdepan belum tentu terbaik

Memilih kursi bioskop

Kursi depan sendiri | Foto dari Pexels

Sepertinya kursi depan yakni baris 1-3 menjadi pilihan kursi paling terakhir bagi siapa saya yang memilih menonton film di bioskop. Deretan kursi ini membuat kita menonton dengan posisi kepala harus mendongak untuk menatap layar. Belum lagi posisinya yang dekat dengan layar bikin nggak bisa menikmati gambar secara penuh.

Bayangkan saja, saat nonton film horor di adegan kemunculan penampakan. Apa nggak berasa hantunya muncul di depan muka tuh? Namun, kursi depan bioskop mengajarkan kita bahwa ternyata dekat (dengan layar) belum tentu bikin nyaman), dan posisi terdepan nggak selalu menjadi posisi yang terbaik.

Advertisement

Kursi pojok samping dinding, paket komplet suara dolby plus bonus leher pegel berhari-hari

Memilih kursi bioskop

Kursi pojok | Foto dari Pexels

Selain kursi depan, kursi pojok samping dinding juga harus jadi pertimbangan untuk menjadi pilihan terakhir. Bisa dibilang kursi ini memiliki ketidaknyamanan ‘paket komplet’. Posisi dolby digital yang menghasilkan suara surround yang letaknya di kanan dan kiri layar. Kalau kamu milih kursi paling pojok dijamin bisa dapat full dolby.

Selain itu, posisinya yang dipinggir mau nggak mau posisi leher harus miring ke arah layar. Bayangkan saja kalau film berdurasi lebih dari 90 menit, dengan posisi leher menengok ke kanan atau ke kiri dijamin pegel. Bahkan, seringkali pegalnya nggak hilang sehari. Siapa nih yang pernah mengalami?

Kursi tengah adalah zona nyaman paling melenakan

Memilih kursi bioskop

Kursi tengah | Foto dari Pexels

Advertisement

Kursi tengah bioskop merupakan kursi paling diburu dan paling cepat habis. Kursi tengah tengah antara C-F nomor 8-14 merupakan posisi yang dianggap paling nyaman di bioskop. Kita bisa menatap lurus ke layar tanpa menunduk, mendongak, dan menengok miring ke kanan atau ke kiri. Selain itu, kursi tengah bisa mendapat suara netral karena nggak lurus dengan posisi speaker.

Sayangnya, kenyamanan ini bisa bisa bikin terlena. Alih-alih menikmati cerita sepanjang film diputar, sering kali penonton di kursi ini justru mengantuk dan tertidur karena saking nyamannya.

Kursi sebelah tangga lorong adalah tempatnya orang-orang sabar

Memilih kursi bioskop

Kursi sebelah lorong tangga | Foto dari Commons Wikimedia

Bagi kamu kaum orang yang nggak sabaran, lebih baik jangan memilih kursi sebelah lorong tangga. Apalagi datang awal sebelum kursi-kursi yang lebih dalam terisi. Jika kamu memilih kursi ini, maka siap-siap saja terganggu dengan orang-orang yang lewat di depanmu. Kendati demikian, kursi ini bisa jadi pilihan tepat kalau kamu sering kebelet ke toilet saat nonton dan nggak enak hati kalau harus melewati penonton lain.

Baris paling atas adalah baris paling rawan kemaksiatan

Memilih kursi bioskop

Baris paling atas | Foto dari Pexels

Bagi sebagian orang, kursi baris paling belakang atau paling atas menjadi pilihan. Selain nggak perlu mendongak ke arah layar, sebagian orang memilih kursi ini bisa mendapat sudut padang ke seluruh penjuru ruang bioskop. Bagi orang yang nggak nyaman jika diperhatikan orang lain, kursi paling belakang ini juga jadi pilihan. Selain itu, barisan kursi ini rawan kemaksiatan. Mentang-mentang nggak ada yang melihat, jadi sering digunakan kaum-kaum yang bisa memanfaatkan keadaan~

Setiap orang memang punya kursi favorit masing-masing jika di bioskop, tapi ini juga tergantung tujuan kamu datang ke bioskop. Kalau menurutmu mana kursi paling nyaman dan paling kamu hindari?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE