Menilik Kepribadian Pemilik Kucing, Anjing, dan Ikan. Cari Tahu Yuk Bedanya!

kepribadian pemilik hewan peliharaan

Selama pandemi ini, sering bergulir meme yang menunjukkan bagan perubahan teman-teman kita. Awalnya kita mungkin banyak berteman dengan mereka yang berwujud manusia, kini sosok tersebut digantikan makhluk lain berbentuk hewan lucu yang kita pelihara. Sulitnya merencanakan pertemuan membuat kita lebih akrab dengan makhluk ini. Ya, gimana lagi? Nyatanya anjing, kucing, atau bahkan ikan hias bisa menyelamatkan kita dari kesepian~

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog dan profesor di Western California University menunjukkan  bahwa setidaknya ada beberapa hal positif yang bisa didapatkan dari hewan kesayangan. Di antaranya, peliharaan bisa menurunkan tingkat depresi dan stres, memperbaiki kesehatan psikologis, hingga mengajarkan akan rasa tanggung jawab dan kasih sayang.

Tahu nggak sih, SoHip? Selain memberikan banyak manfaat, hewan peliharaan ternyata bisa dijadikan patokan dalam menilai kepribadian seseorang lo. Makanya, muncul istilah ‘cat person’, dog person’ sampai ‘fish person’. Eh,  sebentar-sebentar, gimana bisa kepribadian orang lain ditebak dari hewan yang dipelihara? Tahaaan, simak nih penjelasannya~

Semakin lama seseorang bersama hewan peliharannya, maka akan melihat adanya kemiripan dari kebiasaan yang dilakukan

Kemiripan hewan dengan pemilik | Credit: Artem Beliaikin on Unsplash

Sama halnya seperti seseorang yang tinggal dengan keluarga atau pasangan, lambat laun orang yang tinggal dengan hewan peliharaan jadi menyadari apa saja kebiasaan yang mirip dan tidak. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire di Inggris. Ia membagikan survei kepada 2.500 pemilik hewan peliharaan tentang kebiasaan mereka. Ternyata perilaku antara pemilik dengan hewan yang dipeliharanya saling memengaruhi satu sama lain.

“Studi psikologis menunjukkan bahwa pasangan yang hidup bersama hingga memasuki usia 30 tahun pernikahan akan menemukan bahwa kepribadian mereka jauh lebih mirip daripada awal memulai hubungan. Data kami mencerminkan hal itu. Orang yang hidup bersama dengan hewan peliharaan mereka selama 10 tahun atau lebih memiliki kepribadian yang sangat mirip dan hal itu masih jadi pertanyaan,” ungkapnya kepada ABC News.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini