Siapa sih yang tidak kenal dengan mangkuk legendaris bergambar ayam jago dan tanaman hijaunya itu? Biasanya mangkuk jenis tersebut sering digunakan pedagang-pedagang kaki lima untuk menyajikan bakso, mi ayam, soto hingga es campur atau es buah. Namun, kebanyakan orang cenderung acuh tak acuh dengan kepopuleran mangkuk tersebut. Padahal, sebenarnya tak hanya penjual-penjual makanan di Indonesia saja lho yang banyak menggunakan mangkuk legendaris ini. Negara-negara lain seperti Singapura, Thailand, dan Cina, juga sering memakainya.

Nah, entah apakah karena memang orang-orang Indonesia yang terlampau kreatif, belakangan ini kita sering menemukan gambar ayam jago tersebut tak hanya tercetak di pinggiran mangkuk saja, tetapi juga di benda-benda lain yang mungkin jarang terpikirkan oleh kebanyakan orang. Bahkan, sampai diperjualbelikan! Apa saja sih? Yuk simak rangkuman Hipwee berikut ini!

Awalnya topi bergambar ayam jago ini sukses membuat netizen salah fokus karena dipakai si ganteng El Rumi dan diunggah ke media sosialnya

Advertisement


Pada lebaran tahun lalu, Bunda Maia beserta ketiga anaknya Al, El, dan Dul, mudik ke Surabaya menggunakan pesawat jet pribadi. Outfit yang digunakan El saat itu sontak menjadi perhatian netizen, pasalnya ia menggunakan topi jenis bucket hat bergambar ayam jago yang biasa ada di pinggiran mangkuk bakso. Topi itu lantas menjadi viral karena El mengunggah fotonya menggunakan topi tersebut saat berada di dalam pesawat ke akun Instagramnya.

Beberapa online shop memanfaatkan kepopuleran topi ayam jago ini dengan berlomba-lomba menjualnya

Bucket hat ayam jago dijual di online shop via www.bukalapak.com

Tak hanya El Rumi, artis cantik Angela Gilsha juga terlihat menjadikan bucket hat ayam jago tersebut sebagai salah satu item outfit of the day-nya. Kepopuleran topi tersebut di kalangan artis membuat banyak online shop berlomba-lomba menjual topi dengan gambar ayam jago juga. Harga yang ditawarkan pun terbilang cukup bersahabat di kantong. Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 95 ribu rupiah untuk mendapatkan bucket hat seperti milik El dan Angela.

Tak hanya topi dan bucket hat, beberapa barang ini juga terinspirasi dari gambar mangkuk abang tukang bakso, lucu nggak sih?

Kaos kaki bergambar ayam jago via twitter.com

Kaos bergambar ayam jago via twitter.com

Helm bergambar ayam jago via twitter.com

Vespa bergambar ayam jago via twitter.com

Eits usut punya usut, ternyata gambar tersebut punya filosofi tersendiri lho, bukan asal cetak

Mangkuk ayam jago via www.qraved.com

Advertisement

Memang tidak diketahui secara pasti kapan waktu tepatnya mangkuk ayam jago ini diproduksi untuk pertama kalinya. Tapi berdasarkan beberapa sumber, mangkuk ini justru berasal dari Cina dan dibawa para pedagang ke beberapa negara termasuk Indonesia. Tapi apa kamu termasuk orang yang bertanya-tanya, kenapa harus ayam jago? Kenapa bukan gambar kucing, gajah, atau binatang lainnya? Jawabannya adalah karena ayam melambangkan kemakmuran rezeki bagi orang Cina. Konon, filosofi simbol ayam ini sudah dikenal sejak zaman dinasti Ming. Sepertinya hal ini juga berhubungan dengan pepatah yang mengatakan ‘Kalau bangunnya siang nanti rejekinya dipatok ayam’.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya