Fenomena Chat “P” yang Nggak Kunjung Hilang di Tahun 2020. Kenalan Pakai Cara yang Sopan Kali!

Kirim Chat P

Nomor baru yang menghubungi selalu menyedot perhatian dan teror. Terutama ketika isinya cuma sapaan doang. Pesan semacam ini sering banget datang tiba-tiba tanpa menyertakan nama. Misterius banget, kan? Bikin penasaran sekaligus waswas mengingat banyak kejahatan siber belakangan ini.

Advertisement

Ada lagi yang suka chat “P” doang. Maksudnya apa? Oke, kita sama-sama tahu “P” maksudnya “Ping!” sapaan khas aplikasi BBM dulu, tapi kenapa mesti disingkat? Inilah yang dikesalkan oleh salah satu warganet belakangan ini dan dibawanya ke akun base. Cekidot!

Seorang warganet bertanya ke akun base soal kekesalannya pada orang asing yang mengirim chat cuma “P” doang

Seorang warganet bertanya ke @asknonym soal kekesalannya kepada nomor asing yang baru saja menghubunginya. Nomor asing itu mengirim chat “P” dan “Siank” tanpa embel-embel nama. Sender merasa hal tersebut nggak sopan dan bikin ilfeel.

Advertisement

Siapa pun juga bakal bingung kalau ada chat nggak jelas semacam itu. Pertama, dia nggak menggunakan awalan yang wajar selayaknya menyapa orang baru. Kedua, dia nggak menyertakan nama. Ketiga, kenalan harus sopan dong. Wajar banget kalau ilfeel.

Jangankan orang baru, teman sendiri kalau chat “P” doang juga bikin kesel. Ngapain sih sapaan nggak jelas ini masih dipakai?!

Kayak nggak ada sapaan lain. via kumparan.com

Sapaan orang dalam chat menunjukkan ada keperluan yang sedang ingin dia utarakan. Sebagaimana orang yang butuh, sudah sepatutnya memperlakukan orang yang sedang dibutuhkan dengan baik. Dari sekian banyak alternatif kata sapaan, kenapa memilih “P” sih? Terkesan menyepelekan banget. Mendapati chat “P” doang semacam ini dari teman sendiri saja sudah malas, apalagi dari orang asing.

Orang lebih menghargai yang to the point ketimbang chat nggak jelas seperti ini

Advertisement

Bikin orang bete aja. via www.unsplash.com

Justru orang akan cepat memberikan respons ketika tujuan chat-nya jelas. Kalau mau kenalan, ya, bilang bilang kenalan dan sertakan nama. Kalau nomor baru, minimal sertakan nama biar orang nggak takut. Logikanya sama kayak orang tiba-tiba menyapa di jalan padahal nggak kenal. Ngeri! Coba kalau salaman, kenalan baik-baik, malah enak, kan?

Tolonglah stop kirim chat “P” doang. Meskipun sudah kenal tetap saja tindakan itu nggak sopan. Namanya orang butuh, mestinya menghargai. Lagian BBM udah nggak ada masih aja pakai “Ping!”. Selain ketinggalan zaman juga, 4lay nggak sih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE