5 Kota di Indonesia yang Cocok Banget Jadi Latar Cerita Superhero. Setuju Nggak?

Kota Indonesia ini memang punya sejarah yang panjang dan cocok untuk jadi latar cerita

Superhero adalah salah satu genre film dan komik yang sedang naik daun. Setiap orang dari beragam kalangan sangat mencitai cerita-cerita superhero. Biasanya superhero datang dari sebuah tempat dan melakukan aksi-aksi berbahaya di kotanya tersebut. Bayangkan jika ada kota di Indonesia yang jadi latar cerita superhero.

Advertisement

Sebenarnya sebuah kota dan juga identitas superhero nggak bisa kita lepas dan pisahkan. Misalnya, Batman yang sudah sangat melekat dengan kota Gotham atau Spider-Man yang membantu orang-orang di kota New York. Nah, karena hal tersebut, bayangkan jika ada kota di Indonesia yang sangat cocok untuk jadi latar cerita superhero. Apa aja? Berikut ini daftar-daftar kemungkinannya~

1. Jakarta

Jakarta

Kota Jakarta/Credit: Wikipedia

Pertama tentu saja ada kota Jakarta. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta merupakan kota terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan Jakarta adalah kawasan metropolitan yang menjadi tempat berkumpulnya setiap orang dari seluruh pelosok Indonesia. Keberagaman ini membuat Jakarta sangat cocok untuk jadi sebuah latar cerita superhero.

Seperti kita ketahui, Jakarta memiliki gedung-gedung besar dan juga kehidupan yang cukup keras. Menurut data, Jakarta merupakan salah satu kota dengan tindak kriminal terbesar di pulau Jawa. Kondisi kota yang penuh ketimpangan dan juga kriminalitas membuatnya sangat cocok untuk jadi latar cerita superhero.

Advertisement

2. Surabaya

Surabaya

Surabaya/Credit: Wikipedia

Selanjutnya ada kota Surabaya. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini memang sangat cocok dijadikan sebuah tempat tinggal seorang superhero. Dengan sejarah kepahlawanan yang ada di Surabaya, cerita tentang orang-orang hebat yang membantu orang akan sangat cocok dibuat di kota ini.

Belum lagi, Surabaya merupakan kota yang sangat besar dan dekat dengan pelabuhan. Menurut data, Surabaya merupakan kota dengan tingkat kriminalitas paling besar di provinsi Jawa Timur. Suburnya kriminalitas ini bisa jadi inspirasi cerita superhero.

3. Bandung

Kota Bandung

Kota Bandung/Credit: Depositphotos

Advertisement

Cuaca yang dingin dan cahaya gelap menjadi salah satu ciri khas kota Bandung. Meski kota Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat, Bandung bukanlah kota besar seperti Jakarta dan juga Surabaya. Kotanya masyarakat Sunda ini terbilang begitu sempit dan terjangkau.

Karena hal tersebut, superhero bisa muncul di tempat ini dan memberantas segala kejahatan yang ada di kota Bandung. Singkatnya kehadiran superhero di kota Bandung akan memberikan sebuah ciri khas tersendiri. Tentu saja superhero yang ada di kota Bandung harus memiliki ikatan dengan kotanya tersebut.

4. Medan

Kota Medan

Kota Medan/Credit: Karosatu

Selanjutnya ada kota Medan yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara. Kota terbesar di Sumatera Utara tersebut sangat cocok untuk dijadikan latar superhero yang asli dari Sumatera Utara. Hal ini sangat cocok mengingat Medan adalah tempat para perantau dari segala orang dari setiap penjuru Sumatera Utara.

Apalagi, Sumatatera Utara masuk ke dalam jajaran provinsi dengan jumlah tingkat kriminalitas tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2020, Polda Sumatera Utara mencatat ada 32.990 tingkat kejahatan. Dari mulai kejahatan kesusilaan, pengancaman nyawa, nark*tika sampai ketertiban umum.

5. Makassar

Kota Makassar

Kota Makassar/Credit: Smart City CIO

Terakhir ada Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar. Bukan rahasia lagi bahwa Maksaar merupakan kota besar kebanggan masyarakat Sulawesi Selatan. Kota yang punya kultur bugis ini memang sangat dikenal sebagai kota yang cukup keras. Bukan soal kehidupan saja, tingkat kriminalitas di Makassar dan juga Sulawesi Selatan juga cukup tinggi.

Menurut sumber, Polda Sulawesi Selatan menyebut bahwa ada 12.815 kejahatan yang terjadi di Provisi Sulawesi Selatan pada tahun 2020 silam. Kejahatan tersebut termasuk pada tindakan kekerasan fisik, penghilangan nyawa, kesusilaan, kejahatan terhadap kemerdekaan orang lain sampai kejahatan narkotika dan masih banyak lainnya.

Nah, itu dia beberapa kota yang sepertinya akan cocok jadi latar tempat bagi cerita-cerita superhero asli Indonesia. Gimana menurut kalian SoHip? Apakah kota kalian juga cocok untuk dijadikan latar tempat superhero?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE