Nggak Perlu Dicat Warna-Warni, Begini Cara Bikin Kuburan Nggak Menyeramkan. Kasih Tahu Pengurus RT!

Kuburan nggak menyeramkan

Sebagai tempat peristirahatan terakhir manusia setelah meninggal dunia, citra kuburan bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia memang seringkali dianggap menyeramkan. Apalagi untuk kuburan yang berada di daerah perkampungan. Alasannya pun pasti itu-itu aja, mulai dari pepohonan yang rimbun, bau wangi dari bunga di sekitarnya yang menyengat, sepi, hingga deretan nisan tua yang menambah kental aroma horornya. Untuk menyikapi hal tersebut, nggak jarang penduduk di sekitar kuburan itu membenahi tata letaknya biar nggak terlihat begitu seram.

Advertisement

Namun, usaha untuk menyikapi kuburan biar nggak terlihat seram terkadang jatuhnya malah absurd. Seperti yang beberapa kali terjadi di Indonesia, area pemakaman dicat warna-warni untuk mengurangi citra seram dan biar nggak terlihat sepi-sepi banget. Pokoknya udah berasa jadi kayak budaya baru. Udah gitu, alasan biar ‘instagramable’ juga sesekali menjadi embel-embel di belakangnya. Padahal, ada cara yang gampang biar kuburan nggak terlihat semenyeramkan itu lo!

1. Pertama, coba dibersihkan dulu ilalang, pohon bambu, atau pohon-pohon apapun yang sekiranya udah tua dan nggak terurus

Ilustrasi kuburan di luar negeri / Credit: Wikipedia via en.wikipedia.org

Membandingkan kuburan luar negeri dengan di Indonesia ternyata memiliki beberapa perbedaan, salah satunya adalah kebersihan dan keasriannya. Walaupun kuburan, kalau di luar negeri benar-benar terawat layaknya tempat yang suci dan sakral. Ini tentu juga bisa mengurangi tingkat kehororan yang ada. Nah, coba kalau kuburan di tempatmu dianggap nyeremin, dibersihkan dulu ilalang atau pepohonan tua yang sekiranya nggak keurus. Daripada pas musim hujan malah cuma bikin kotor dan bisa sewaktu-waktu tumbang, mending dihilangkan aja dulu. Hitung-hitung biar tempatnya lebih terang juga, kan?

2. Kalau udah dibersihkan dari ilalang, ditanami aja pohon-pohon yang bisa berbunga. Ini udah cantik kok, nggak perlu ngecat nisan atau jadi warna-warni 🙁

DItanami tumbuhan berbunga / Credit: Rootsweb via sites.rootsweb.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengubah citra kuburan agar nggak terlalu seram adalah dengan menanaminya pepopohonan yang bisa berbunga. Tapi ingat, jangan cari pohon yang jenis bunganya punya bau-bauan menyengat. Alih-alih bisa mempercantik area makam, yang ada malah bikin daerah di sekitarnya makin seram dengan bau tersebut. Ngomongin tentang pohon berbunga ini, selain bisa mempercantik area kuburan juga bisa membantu tanah untuk memperkaya unsur hara. Jadi, jenazah yang ada di dalamnya bisa dengan cepat terurai secara alami.

Advertisement

3. Beri petugas penjaga yang ngurusin segala hal di tempat itu, jadi nggak begitu sepi-sepi amat

Ilustrasi penjaga makam / Credit: Blog-a via www.blok-a.com

Sebenarnya, kuburan di Indonesia udah banyak yang dijaga oleh petugas atau yang biasanya merangkap sebagai juru makam. Namun, nggak sedikit pula yang masih dibiarkan begitu saja. Jangankan diberi penjaga, dibersihkan sebulan atau dua bulan sekali aja masih jarang-jarang banget. Padahal kalau udah ada penjaganya itu enak lo, area kuburan setiap harinya ada yang membersihkan, tumbuhan dan kebersihan daerah sekitar nisan juga terawat, dan tentunya aman dari tangan-tangan jahil. Tahu sendiri lah, kalau di Indonesia masih sering ada kejadian pencurian tali kafan jenazah buat tujuan tertentu. Hiiiii~

4. Jangan biarkan kuburan gelap gulita kalau malam hari. Pasangin lampu biar terang

Ilustrasi lampu pada makam / Credit: Flickr via www.flickr.com

Salah satu alasan kenapa kuburan dianggap seram adalah lokasinya yang selalu gelap di malam hari. Jangankan malam, sore hari aja kadang hawanya udah nggak enak karena penerangannya cuma minim. Oleh sebab itu, pemasangan lampu penerangan yang cukup di area makam itu juga penting. Misalnya di setiap sudut kuburan dikasih satu lampu yang bisa memancarkan cahaya sampai ke bagian tengah, atau bisa juga dipasang pada jalan masuk utamanya. Lagian kalau ditanggung bareng sama warga setempat kan nggak terlalu mahal juga nantinya.

Sebenarnya nggak ada salahnya juga mau mengubah bentuk kuburan seperti apa, karena memang nggak ada patokannya juga. Meski itu memang tempat buat orang yang udah meninggal, setidaknya bisa dirawat dengan sewajarnya aja dan tetap menghormati mereka. Kalau dibikin warna-warni dengan alasan biar nggak serem sih masih mending, tapi kalau udah pakai alasan instagramable itu yang bikin bingung. Yakali ada orang mau foto-foto di area kuburan sih!? 🙁

52oR9e.md.jpg
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE