Siapa sih yang nggak tahu apa itu selfie? Begitu populernya fenomena ini di dunia, Oxford English Dictionary sampai menobatkannya sebagai word of the year di tahun 2013. Tapi selfie tidak hanya dilakukan di dunia lho. Para astronot dan robot penjelajah luar angkasa juga bisa membuat selfie.

Dengan latar belakang jagad raya yang dalam dan tenang, saking kerennya kamu bakal nyari versi resolusi tinggi dari gambar-gambar selfie ini buat dijadiin wallpaper desktop-mu. Jangan bingung soal space selfie mana aja yang harus kamu ketahui. Disini, Hipwee telah menghimpun 7 space selfie terbaik yang bisa kamu lihat.

1. Space selfie pertama oleh astronot Buzz Aldrin

Selfie oleh astronot Buzz Aldrin, hampir 50 tahun yang lalu via gizmodo.com

Astronot Edwin “Buzz” Aldrin memang bukan orang pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan, tetapi beliau merupakan manusia pertama yang mengambil selfie di luar angkasa. Foto ini diambil Aldrin pada saat misi Gemini 12 di tahun 1966, tepatnya 3 tahun sebelum mengikuti misi Apollo 11 yang membawanya ke Bulan. Buzz Aldrin mem-posting gambar ini ke Twitter dan menjulukinya sebagai “The best selfie ever“. Keren!

2. Space Selfie oleh Astronot Mike Hampson.

Mike Hampson via instagram.com

Advertisement

Selfie ini diambil dari akun Instagram milik ISS (International Space Station — Stasiun Luar Angkasa Internasional), dan merupakan selfie pertama yang diunggah ke Instagram dari luar angkasa!

Jangan kira di luar angkasa para astronot gak bisa akses internet. Sejak Mike Massimo, astronot pertama yang ngetweet dari luar angkasa, segala hal tentang eksplorasi luar angkasa jadi lebih mudah diakses dengan real time oleh berbagai kalangan. Para astronot ISS mendapatkan koneksi internet melalui sinyal satelit yang mereka kirimkan ke pusat kontrol NASA di Houston, Texas. Tapi, internet di dalam stasiun ISS itu memang lambat. Karena ISS berposisi di orbit Bumi, paket data yang akhirnya mereka terima harus berjalan mengelilingi Bumi dulu sebelum akhirnya masuk ke dalam stasiun.

3. Space Selfie oleh Astronot Aki Hoshide.


Selfie ini diambil ketika astronot asal Jepang, Aki Hoshide, sedang melakukan spacewalk. Dari foto selfie ini, kita bisa melihat pantulan Bumi di kaca helm sang astronot. Sang surya juga nampak dengan jelas di pojok kiri atas gambar.

Foto selfie ini kemudian diunggah ke Twitter oleh staf Buzzfeed Andrew Kaczynski, dan seketika langsung di-retweet oleh lebih dari 4000 pengguna Twitter. Foto selfie ini juga dinobatkan sebagai salah satu foto selfie terbaik di tahun 2013 oleh media asal Inggris, Metro.

4. Selfie oleh Robot Curiosity di Mars

Curiosity di Mars via news.discovery.com

Nggak cuma manusia dan binatang doang yang lagi kena demam selfie. Robot juga, lho. Kalau di Bumi, ada robot Google yang hobi selfie di museum-museum. Di dunia lain–tepatnya di Planet Mars–ada robot yang juga hobi bikin selfie, namanya Curiosity.

Curiosity merupakan robot milik NASA yang sedang melakukan penelitian di Planet Merah. Selfie yang diambil oleh robot seukuran mobil SUV ini diambil dalam rangka memperingati tahun baru martian (1 tahun martian = 687 hari di Bumi).

5. Selfie Pertama Curiosity

Selfie pertama Curiosity via edition.cnn.com

Curiosity mungkin bisa dinobatkan sebagai raja selfie diantara para robot. Selfie ini diambil sesaat setelah Curiosity mendarat di Mars dengan kamera yang berada di lengan mekanik robot tersebut. Selfie ini sekilas mirip karakter dari film animasi Disney, Wall-E. Oh iya, Curiosity juga punya akun Twitter yang bisa kamu ikuti: @marscuriosity.

6. Selfie dari Misi Pesawat Ulang Alik Terakhir dalam Sejarah

Selfie terakhir via edition.cnn.com

Siapa sih yang gak tahu pesawat ulang-alik? Pesawat yang didesain untuk meluncurkan satelit ke orbit sebelum kembali ke bumi ini bahkan sempat jadi ikon pop culture di era 90-an lewat film Armageddon. Nah, foto selfie ini yang diambil astronot Mike Fossum ini mengambil latar belakang pesawat ulang-alik AtlantisAtlantis adalah misi pesawat ulang-alik terakhir yang diluncurkan NASA sebelum program tersebut ditutup di tahun 2011.

Foto ini menunjukkan astronot Mike Fossum melakukan spacewalk untuk membangun stasiun luar angkasa ISS. Terlihat Atlantis sedang melakukan docking sambil membawa tabung besar yang merupakan bagian dari struktur stasiun ISS.

7. Selfie Pertama dari Planet Mars

Selfie pertama di Mars! via news.discovery.com

Curiosity bukanlah robot pertama yang mengambil selfie di Planet Merah. Robot Viking Landers telah lebih dulu mendarat di Mars pada tahun 1976. Gambar selfie dari robot ini menunjukkan antena robot, bendera Amerika, serta bebatuan planet Mars.

Nuansa “filter” retro nggak sengaja membuat foto ini makin terlihat hipster. Pantaslah kalau foto ini ada di kompilasi space selfie terbaik kita.

Nah itu dia kumpulan space selfie yang bisa Hipwee himpun buat kamu. Setelah astronot di luar angkasa sampai robot di permukaan Mars, mungkin nggak lama lagi akan ada orang pertama yang selfie di Planet Mars?