Daftar 15 Karya Musik Indonesia yang Rilis Sepanjang Bulan September 2020

Lagu Indonesia terbaru bulan September 2020

Di tengah kondisi akibat pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita memaksimalkan aktivitas dari rumah, jenuh dan bosan merupakan perkara wajar. Tapi meski begitu, kejenuhan agaknya bukan alasan untuk kita jadi bermalas-malasan karena banyak hal yang bisa dikerjakan.

Advertisement

Seperti para musisi berikut ini. Meski nggak bisa menggelar pertunjukan musik seperti sedia kala, mereka tetap produktif menelurkan karya-karya untuk menghibur pendengar. Nah, kalau kamu belakangan terlalu sibuk sampai nggak sempat update musik terbaru dari musisi Indonesia, Hipwee sudah siapkan daftar 15 karya musik Indonesia yang dirilis sepanjang bulan September 2020. Langsung simak!

1. Adhitia Sofyan – Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada (Single)

Setelah lagu tentang kota Jakarta, Yogyakarta, Tokyo, dan Adelaide, Adhitia Sofyan akhirnya mendapuk Bandung secara gamblang dalam single anyarnya berjudul ‘Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada’. Sebelumnya “musisi kamar” ini juga sudah pernah menulis lagu tentang Bandung dalam lirik bahasa Inggris berjudul ‘City of Flower’ .

2. Andre Taulany – Ayah (Single)

Mantan penggawa band Stinky yang kemudian lebih dikenal sebagai pembawa acara, Andre Taulany akhirnya kembali pegang mic. Andre menyanyikan ulang dan merilis lagu berjudul ‘Ayah’ milik almarhum Rinto Harahap, karena ia mengaku sangat merindukan sosok sang ayah.

Advertisement

3. Atta Halilintar – Calon Bojo (Single)

Akan segera menikah, Atta Halilintar merilis sebuah lagu berbahasa Jawa dengan sentuhan musik elektronik berjudul ‘Calon Bojo’ yang ia persembahkan untuk calon istrinya, Aurel Hermansyah.

4. .Feast – Uang Muka (Album)

Di masa pandemi, ketika masalah keuangan jadi fokus banyak orang melebihi masa sebelumnya, .Feast merilis album berisi tujuh lagu bertajuk ‘Uang Muka’. Masing-masing lagu dalam album ini diproduseri langsung oleh tiap personil band.

5. Fienda Ferani – Rahasia Cinta (Single)

Sebelum merilis album debutnya dalam waktu dekat, Fienda Ferani meluncurkan terlebih dahulu single berjudul ‘Rahasia Cinta’. Dalam keterangan tertulisnya, Fienda yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan single ini adalah hadiah untuk para tenaga medis yang selalu bekerja dengan penuh cinta.

Advertisement

6. GRACE. – Rewind (Single)

Selama pandemi sejak Mei 2020, musisi di bawah nama GRACE. menggarap sebuah proyek musik bertajuk “Quarantine Series”. Bulan Mei lalu ia telah merilis single pertama berjudul ‘On Repeat’ dan pada September ini melanjutkannya dengan single berjudul ‘Rewind’.

7. Indra Lesmana – Sleeples Nights (Album)

Salah satu legenda hidup Jazz Indonesia, Indra Lesmana baru saja meluncurkan album solo ke-27 berjudul ‘Sleeples Nights’. Dalam keterangan tertulis, Indra mengatakan beberapa lagu yang terhimpun dalam album ini kerap ia dengarkan bersama orang tua sejak kecil hingga sekarang. Enak buat teman tidur nih, kayaknya~

8. Kotak – Identitas (Album)

Masih solid bermusik hingga sekarang, Kotak merayakan eksistensi mereka selama 16 tahun berkarya dengan merilis album ‘Identitas’ pada 25 September lalu. Tantri selaku vokalis mengaku produksi album yang memuat 10 lagu ini dikerjakan secara mandiri oleh personil Kotak mulai dari konsep, tema, hingga aransemen demi menunjukkan identitas mereka yang sebenarnya.

9. Pasha – Di Atas Langit (Album)

Tetap mempertahankan eksistensi sebagai musisi meski sekarang berkiprah sebagai politisi, Pasha tanpa embel-embel “Ungu” sepertinya sudah mantap untuk bersolo karier. Wakil Wali Kota Palu ini baru saja merilis album ‘Di Atas Langit’ yang berisi delapan lagu.

10. Petra Sihombing – Martabat Manis (Single)

Setelah jeda dua tahun dari album penuh terakhir, Petra Sihombing mengabarkan akan meluncurkan album baru bertajuk ‘Semenjak Internet’. Tapi sebelum merilis secara penuh, Petra telah menyicil single demi single pada tanggal 23 setiap bulannya, dan September ini judul ‘Martabat Manis’ dapat bagian.

11. Ramengvrl – Vaselina (Single)

Rapper di bawah nama Ramengvrl baru-baru ini merilis single berjudul ‘Vaselina’. Dalam lagu yang digarap oleh duo produser nominasi Grammy Awards, Roark Bailey dan Omega, Ramengvrl berkolaborasi dengan rapper bernama Euro..

12. Rizky Febian – Makna Cinta (Single)

Lagu ‘Makna Cinta’ dari Rizky Febian ini merupakan single terakhir dalam rangkaian proyek “Trilogy Garis Cinta” yang ia garap mandiri dari rumah selama pandemi. Sebelumnya Rizky sudah merilis dua single pendahulu yakni ‘Cuek’ dan ‘Mantra Cinta’. Ketiga lagu tersebut saling terkait.

13. Sandy Canester – Sedih (Single)

Biasa memainkan gitar akustik, kali ini Sandy Canester hadir dengan piano untuk single terbaru berjudul ‘Sedih’. Dalam keterangan tertulis, Sandy mengatakan lagu tentang bayang-bayang kenangan ini merupakan bagian dari album terbaru yang dijadwalkan rilis di penghujung 2020 nanti.

14. The Changcuters – Loyalis (Album)

Setelah jeda empat tahun dari album terakhir, The Changcuters akhirnya menelurkan album anyar bertajuk ‘Loyalis’ yang merupakan penutup rangkaian album trilogi ‘Visualis’ (2013) dan ‘Binauralis’ (2016). Buat yang mau mengenal musik The Changcuters, kabarnya konsep album trilogi ini memang diciptakan untuk maksud tersebut.

15. Vidi Aldiano feat Prilly Latuconsina – Tak Bisa Bersama (Single)

Setelah sebelumnya dirilis pada tahun 2016 dalam album ‘Persona’, lagu ‘Tak Bisa Bersama’ dibawakan ulang oleh Vidi Aldiano namun kali ini dalam format duet bersama Prilly Latuconsina. Vidi mengaku terkesan dengan kemampuan vokal Prilly, dan tertarik untuk berduet menyanyikan lagu yang diangkat dari kisah nyata ini.

Itu dia 15 karya musisi Indonesia yang dirilis sepanjang bulan September 2020. Tentu masih banyak lagi karya yang dirilis bulan ini. Jadi, sila ditambahkan biar teman-teman yang lain nggak ketinggalan info. Nah, semua karya dalam daftar tersebut sudah bisa kamu simak di berbagai platform streaming musik lo. Selamat mendengarkan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE