Nostalgia 5 Lagu Jamrud yang Liriknya Nyeleneh, tapi Enak Dinyanyiin. Band Legendaris nih

Lagu Jamrud

Belantika musik Indonesia era 2000-an diisi oleh band-band keren dari beragam genre. Mau dengerin pop, ada band Sheila On 7 dengan lagu-lagunya yang easy listening. Mau dengerin rock, ada band Dewa dengan vokalis barunya, Once. Mau dengerin yang melayu ada ST12, dan tentu saja masih banyak lagi.

Advertisement

Ngomongin soal musik 2000-an rasanya kurang lengkap tanpa menyebut Jamrud. Band ber-genre rock ini sempat jadi idola di awal tahun 2000. Meski tergolong musik keras, lagu-lagu Jamrud diterima berbagai kalangan. Nggak lain karena karena tema dan liriknya yang nyeleneh, kocak, tapi relevan dengan pendengar di masa itu. Inilah 5 lagu Jamrud yang nyeleneh, tapi tetap enak didengerin.

1. Saat band lain sibuk bikin lagu tentang cinta-cintaan, Jamrud mengeluarkan lagu “Waktuku Mandi” 😀

Saat band lain mengikuti pasar, Jamrud tampil beda dengan mengeluarkan lagu “Waktuku Mandi”. Sebuah lagu dengan tema nggak lazim. Lagu tersebut menceritakan tentang orang yang hobi nyanyi di kamar mandi. Orang tersebut lantas dibawa oleh polisi lantaran suaranya dianggap mengganggu tetangga. Kocak banget, kan?

Pak RW datang bawa polisi
Aku diseret dari kamar mandi
Tanpa handuk, tanpa baju
Kata mereka nenek sebelah mati
Waktu ngedenger aku lagi nyanyi

Advertisement

2. Adapun saat bikin lagu tentang percintaan, lagunya malahSurti Tejo”. Isinya tentang cowok yang berubah setelah pulang dari rantau

“Surti Tejo” termasuk lagu Jamrud yang paling hits. Dari anak-anak sampai orang dewasa menyanyikan lagu ini pada masanya. Isinya tentang kisah cinta dua remaja yang kebablasan.

Hilang Tejo yang dulu ngampung, dekil lugu, tapi Surti suka
Berganti tejo yang gaul, yang funky, yang doyan ngucapin
emberrrrrr …

3. Lalu ada lagu “Ningrat” yang temanya cukup unik. Lagu ini bercerita tentang orang tua pacar yang resek nanyain asal keluarga

Advertisement

Buat kamu yang pernah punya calon mertua yang resek, agaknya lagu “Ningrat” cocok untuk didengarkan lagi. Lagu ini bercerita tentang orang tua pacar yang hobi nanyain asal usul sampai akhirnya pacar anaknya kesel.

Macarin kamu, nggak jauh beda
Dengan main ludruk
Pake nanya silsilah, golongan darah
Ningrat atau umum

4. Lagu “Aku dan Ibumu” cukup sedih didengerin. Sebelum akhirnya kamu ngakak dengan kejanggalan di lirik bagian akhir

Lagu Aku dan Ibumu bercerita tentang curhatan ayah yang terpaksa membesarkan bayinya sendirian lantaran sang ibu kabur. Sang ayah berjanji untuk mencarikan ibu baru. Sekilas lagu ini begitu sedih, haru, dan pelik, namun semua itu buyar pada lirik terakhir.

Jangan nangis terus, beri waktu seminggu
Biar kucari, kupilih pengganti ibumu
Tapi harus janji, setelah dapat ibu
Kau minum susu dari botol plastik
Karena punya ibu hanya untuk aku

5. Band mana yang mau bikin lagu soal digigit anjing? Barangkali cuma Jamrud dengan lagu berjudul “Dokter Suster”

Jamrud memang rajanya bikin lagu dari hal-hal yang jarang dibahas band lain. Salah satu yang paling nyeleneh adalah lagu “Dokter Suster”. Meski begitu, lagu tentang orang yang digigit anjing saat sedang lari pagi ini laris di pasaran. Kocak juga sih.

Masih melingkar perban di jidat
Di kaki dan tanganku
Pake infus hampir mampus
Terbaring di ICU

Itulah 5 dari banyak lagu Jamrud yang nyeleneh, tapi enak didengarkan, bahkan hits di pasaran. Kehadiran Jamrud  zaman itu bikin belantika musik Indonesia makin lengkap. Nggak kayak sekarang, semua lagu isinya cinta-cintaan terus. Kayak nggak ada topik kehidupan lain yang bisa dibahas aja. Bosen nggak sih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE