Pernah Dengar 5 Lagu Jualan Paling Legendaris ini? Masa Kecilmu Terselamatkan!

Lagu jualan legendaris

Ingatan-ingatan kita tentang masa kecil terkadang suka datang melalui hal-hal random yang barangkali sama sekali nggak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Lewat kejadian-kejadian unik, peristiwa kocak, atau sesuatu yang mungkin benar-benar membekas banget di masa kecil kita dan bikin terngiang-ngiang sampai saat ini. Coba deh, segarkan kembali ingatanmu tentang para penjual keliling yang sering banget lalu-lalang di komplek maupun di pedesaan. Dari banyaknya penjual keliling tersebut, beberapa di antaranya pasti ada yang punya ciri khasnya sendiri, kan?

Advertisement

Mulai dari gaya berjualannya, pukul berapa mereka tiba, sampai cara-cara unik yang digunakan untuk menggaet pelanggan. Ya, salah satu cara itu adalah dengan menggunakan lagu saat jualan keliling. Dulu mungkin kita melihat hal itu sebagai fenomena yang biasa aja. Tapi, setelah semakin dewasa kita baru sadar kalau lagu-lagu tersebut gampang banget masuk ke dalam kepala dan bikin kita mengingat terus sepanjang waktu. Pasti masih ingat lah sama lagu legendaris yang sering digunakan untuk jualan di bawah ini~

1. Saking seringnya para penjual Susu Murni Nasional lewat di depan rumah, pasti kamu kalau denger potongan lagunya otomatis ikutan nyanyi

Sebagai salah satu minuman legendaris sepanjang masa yang nggak cuma enak tapi juga bergizi, susu murni nasional ini punya lagu atau jingle yang familiar banget bagi hampir seluruh orang Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa saat ini pasti kalau dengar intronya aja otomatis ikutan nyanyi sampai habis. Bahkan, saking long last-nya lagu ini, ada yang mengkreasikannya dengan cara dibikin remix lo!

2. Selanjutnya adalah lagu dari jajanan yang dulu selalu bikin masa kecil kita penuh perdebatan dengan emak. Inilah dia Walls!

Alasan kenapa jajanan yang satu ini dulu sering menjadi sumber perdebatan kita dengan emak pasti udah pada tahu lah ya. Mana ada sih emak-emak yang rela dan gampang begitu aja ngasih izin ke anaknya untuk beli es. Nah, dulu saking penginnya dan sering banget melirik ke penjual es satu ini kalau lagi lewat, sampai sekarang pun banyak juga dari kita yang tetap familiar dengan lagunya. Pokoknya dulu kalau udah ada suara tulalit pasti kita langsung ditarik buat masuk rumah.

Advertisement

3. Kita bergeser lagi ke lagu jualan bakpao yang hampir ada di seluruh penjuru Nusantara. Apa lagi kalau bukan Mega Jaya~

“Coba-cobalaah bakpao yang halal, bakpao Mega Jaya, enak rasanya. Halal loooh!”

Nggak perlu didebatkan lagi sih kalau jajanan yang satu ini lagunya juga layak dinobatkan sebagai lagu jualan paling legendaris sepanjang masa. Dari zaman dulu sampai sekarang ini, nggak pernah sekalipun ganti nada ataupun ganti lirik. Pokoknya ya cuma gitu-gitu aja, tapi justru hal itulah yang bikin kita familiar banget sama bakpao ini.

4. Meski umurnya lagu atau jingle miliknya nggak selama jajanan lain. Tapi suara dari mobil penjual tahu bulat ini pasti juga terngiang-ngiang banget di kepalamu

Selanjutnya, ada juga jajanan asal Jawa Barat yang penjualnya sering banget menggunakan mobil dengan bak terbuka pada bagian belakangnya dan ditambah dengan toa segede gaban. Bukan buat teriak-teriak kayak penjual perabot rumah tangga keliling, tapi sebatas buat muter lagu dari tahu bulat itu sendiri. Apa abang-abang penjualnya nggak kesel tuh, tiap detik dengerin itu sendiri? :’)

Advertisement

5. Terakhir yang juga nggak kalah legendaris adalah lagu dari Sari Roti

Selain keempat lagu atau jingle yang ada di atas tadi, yang satu ini juga nggak kalah legendaris. Setiap ada abang-abang penjual Sari Roti yang dengan gigih mengayuh sepeda gerobaknya, maka di situlah jingle Sari Roti menggema dari ujung komplek ke ujung lainnya. Nggak cuma bocil-bocil nih yang doyan, tapi juga sering bikin boros kaum ibu-ibu.

Kalau kamu sampai sekarang masih bisa mendengarkan dan tetap familiar dengan lima lagu jualan di atas tadi, itu artinya masa kecilmu terselamatkan. Meski sekarang masih gampang dijumpai para penjual tersebut, tapi yang bertahan menggunakan lagunya sih bisa dibilang udah nggak banyak lagi. Makanya, beruntunglah kamu yang masih bisa dengar itu di jalanan. 😀

Ikuti Instagram @wolesjon biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE