Di usia yang bisa dimasukkan ke dalam kategori “cukup matang” bukanlah hal yang mudah jika kamu masih sendirian. Keinginan untuk menjadi pendamping sosok imam masa depan sudah ada sejak lama, tapi apa daya Tuhan masih belum memberi pertanda gong hingga saat ini.

Ada satu hal yang nggak boleh kamu lupa guys, bahwa rejeki yang kamu rasa dan akan kamu dapat nantinya, kematian yang tak bisa diprediksi, dan jodoh yang selalu penuh kejutan ada di tangan Tuhan. Jadi, tak perlulah kamu terus-terusan galau karena jodoh yang belum dikirim ke depan pintumu. Mending, kamu sering-sering nyanyiin lagu perihal jodoh yang akan bikin kamu lebih tenang.

Advertisement

Kalau masih ada aja yang iseng tanya…

“Mana pacarnya?”
“Kapan nikah?”

…bisa kamu bikin mereka diam dengan lagu-lagu ini. Apa aja sih emang? Simak bersama yuk lagu yang udah dirangkum oleh Hipwee ini~

9. Jangan menengok terlalu jauh, kadang jodoh itu yang selalu ada di dekatmu. Tanda-tanda dari If You’re Not The One-nya Daniel Bedingfield, apakah kamu rasa juga?

Advertisement

I’ll never know what the future brings
But I know you’re here with me now
We’ll make it through
And I hope you are the one I share my life with

Ketika kamu cerna baik-baik dari penggalan lirik di atas, mawas dalam diri harus makin ditajamkan. Masa depan adalah misteri yang tak akan bisa dipecahkan jika tidak kita lalui sendiri pada saatnya. Dia yang selama ini selalu menjadi pendukung setiamu dalam segala hal, yang berada di dekatmu, mungkin saja dia adalah jawaban yang kamu pertanyakan selama ini.

Kadang yang ditakdirkan denganmu tidak pernah jauh, kamu saja yang terlalu sering untuk menutup mata dan telinga. Apakah tanda-tanda yang kamu rasa sama dengan penggalan lirik mengenai ganjilnya hati saat bersamanya? Coba lebih peka lagi, kalau dia jodohmu, kamu nggak perlu merengek galau lagi, kan?

8. Mungkin dia yang ditakdirkan denganmu akan dibuat yakin sejak pertama jumpa sampai terngiang dalam mimpi. Cinta-nya Vina Panduwinata ini banyak dirasa orang.

Bawalah diriku selamanya~

Bawalah diriku selamanya~ via m.tempo.co

Sejak kubertemu ku telah jatuh hati padanya

Di dalam hati telah menjelma cinta

Dan bawalah daku selalu dalam mimpimu

Di langkahmu serta hidupmu

Genggamlah daku kini juga nanti

Harapan di hatiku bawalah diriku slamanya

Cinta pada pandangan pertama memang tak selamanya berhasil membuktikan bahwa dia adalah orang yang tepat sebagai pendamping hidup kelak. Bahkan, banyak pula orang yang tak percaya mengenai hal ini. Sesekali kamu perlu percaya tentang cinta macam ini sih, supaya kamu tetap bisa berpikiran positif. Siapa tahu orang yang baru berkenalan denganmu sekarang adalah jodoh yang sudah dititipkan Tuhan. Agar tetap percaya bahwa jodoh itu dekat, sebenarnya. Jangan ragu untuk betemu dan berkenalan dengan orang baru ya, galauers. Hehehe.

7. Chemistry dan rasa nyaman adalah wujud mutlak bahwa dia sosok yang tepat untuk menggenapkanmu. Dengarkan Kamu yang Kutunggu dari Rossa dan Afgan, apakah benar dia?

Ternyata kamu yang ditungguin dari tadi

Ternyata kamu yang ditungguin dari tadi via ghiboo.com

kamu dikirim Tuhan
untuk melengkapiku tuk jaga hatiku
kamu hasrat terindah untuk cintaku
takkan cemas ku percaya kamu

karena kau jaga tulus cintamu
ternyata kamu yang ku tunggu
segala kekurangan semua kelemahan
kau jadikan cinta

Dipertemukan dengan orang yang sekadar singgah sementara untuk memberi pelajaran dalam kehidupan cinta, akan berbeda rasanya ketika bersanding dengan dia yang ditakdirkan. Rasa percaya dan digenapkan yang menenangkan hati. Karena yang telah disiapkan Tuhan tak akan pernah salah, dan kamu bisa tahu akan hal itu dengan sendirinya. Ciyeeee~ Tenang, tak lama kamu pun akan merasakan hal itu kok, guys.

6. Mendoakannya agar berakhir menjadi jodohmu tak ada salahnya. Supaya bisa bersatu seperti Anang dan Ashanty nantinya.

Jodohkuuu manaaaa

Jodohkuuu manaaaa via www.merdeka.com

jodohku maunya ku dirimu
hingga mati ku ingin bersamamu, ini ikrarku
jodohku maunya ku dirimu
satu cinta hingga ajal memisah
aku dan kamu satu saling mencinta

Sebenarnya, masalah jodoh itu tak perlu dibikin ribut. Karena Tuhan sudah merencakan kebahagiaan tak terduga yang penuh kejutan untuk kamu di masa depan. Salah satu usaha nyata yang perlu kamu lakukan adalah berdoa, supaya dia–yang selama ini kamu idamkan sebagai pendamping–menjadi kenyataan. Semoga hati kalian berlabuh dengan sempurna, kayak Anang dan Ashanty tuh bukti nyatanya. Amiiiiin :p

5. Pancaran mata tak pernah bohong. Tatap sejenak, jika ada yang berbeda dari The Way You Look At Me, adalah salah pertanda jodoh sudah dekat kalao kata Christian Bautista.

Tatap mata saya...

Tatap mata saya… via andronico.wordpress.com

‘Cause there’s somethin’ in the way you look at me
It’s as if my heart knows
You’re the missing piece
You make me believe
That there’s nothing in this world I can’t be
I never know what you see
But there’s somethin’ in the way you look at me

Menebak perasaan seseorang tak serumit harus mengamati bahasa tubuh yang memiliki sejuta makna. Kamu hanya perlu menatap matanya, dan dalami bola matanya. Karena perasaan yang sebenar-benarnya akan terpancar dari caranya melihatmu. Yang berbeda dan penuh arti, kemungkinan besar adalah…. jodohmu kelak. Jika memang kalian ditakdirkan, akan selalu ada jalan untuk bersama. Karena kata Christian Bautista, segala kemungkinan bisa terjadi di dunia ini, lho.

4. Sejauh apapun langkah yang kamu ambil, jika teringat tentangnya tergambar jelas masa depan mungkin dia jodohmu. Seperti yang dilantunkan Kahitna di Untukku.

Kau hanya untukku~

Kau hanya untukku~ via life.viva.co.id

Walau keujung dunia, pasti akan kunanti
Meski ke tujuh samudra, pasti ku kan menunggu
Karena ku yakin, kau hanya untukku

Saat lautan kau sebrangi
Janganlah ragu bersauh
Ku yakin makna nurani
Kau takkan pernah terganti

Seberapa jauh kamu mengarungi samudra yang luas, seberapa jauh kamu berjalan menjauh dari keadaan, jika kamu dan dia memang ditakdirkan untuk menghabiskan waktu di masa depan, akan selalu ada jalan. Ya, jalan untuk kembali bertemu satu sama lain. Ingat mitos perjodohan ini, jika bertemu 3 kali berturut-turut secara tak sengaja maka kalian berjodoh. Setelah baca lirik dan mengalunkan lagunya Kahitna ini, jadi nggak murung lagi kan?

3. Jodoh itu bukan siapa yang paling sering mengumbar bualan. Yang bernyali bertandang dan bertemu Ayahmu dan bilang Marry Your Daughter adalah yang dicari.

Bolehkah meminang anakmu?

Bolehkah meminang anakmu? via www.mmstadium.com

Can marry your daughter
And make her my wife
I want her to be the only girl that I’ll love for the rest of my life
And give her the best of me ‘til the day that I die, yeah
I’m gonna marry your princess
And make her my queen
She’ll be the most beautiful bride that I’ve ever seen
I can’t wait to smile
When she walks down the aisle
On the arm of her father
On the day that I marry your daughter

Kamu tak perlu dibuat senang hanya karena janji-janji yang dibuai olehnya. Karena jodoh itu bukan seperti bakal calon wakil rakyat yang suka menebar janji tanpa bukti. Semapan atau bahkan serupawan apapun pasangan yang kamu miliki saat ini, akan kalah dengan dia yang berani bertemu langsung dengan orangtuamu, terutama Ayah, untuk menikahi putri kesayangannya. Karena berjodoh dengan pangeran berkuda putih itu terlalu tinggi dalam khayal. Yang berani, adalah yang punya niat. Tunggu ya, siapa tahu besok ada yang tiba-tiba melamarmu~

2. Mungkin diksi seribu tahun yang dipake Christina Perry agak lebay. Tapi setelah menemukan rasa yang pas di hati, seakan kamu sudah mencintainya selama A Thousand Years.

I'll love you for a thousand more~

I’ll love you for a thousand more~ via www.wliw.org

Heart beats fast
Colors and promises
How to be brave?
How can I love when I’m afraid to fall?
But watching you stand alone,
All of my doubt suddenly goes away somehow.
One step closer

Saat keraguan dan kegundahan mengenai jodoh halal masa depan melandamu, tenang saja. Tak perlu khawatir berlebihan, karena dipertemukan dengan dia hanyalah masalah waktu dan timing. Jika memang sudah saatnya, keraguan akan sirna begitu saja saat bertemu dengannya. Bahkan, saat pertama kali bertemu, kamu pun akan merasa sudah mencintai dia seribu tahun yang lalu. Lebay sih, tapi masuk akal, kan? Hehehehe.

1. Bak tamparan yang menyadarkan, kamu tak perlu khawatir setelah Afgan bilang bahwa Jodoh Pasti Bertemu. Tetaplah berusaha dan memantaskan diri.

Kalau jodoh pasti apaaaa....

Kalau jodoh pasti apaaaa…. via citraindonesia.com

Ku tahu tak mudah menjadi yang kau pinta
Ku pasrahkan hatiku, takdir kan menjawabnya

Jika aku bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu, jodoh pasti bertemu

Pertahankan keyakinanmu mengenai dia–sosok idaman yang sudah kamu idamkan sejak lama untuk saling mendampingi hingga rambut beruban. Kamu pasti akan bertemu dengan dia. Seperti kata bijak dari orang tua dan yang familiar terdengar bahwa, “jodoh pasti bertemu“. Pasti. Seberapa besar perjuangan dan cinta yang kamu sisihkan untuk seseorang, jika tidak berjodoh mau diapakan.

Tunggu, mungkin saja orang yang tepat untukmu sedang mencari jalan secara perlahan untuk beradu cinta di saat yang tepat. Sembari menunggu, apa salahnya kamu memantaskan diri, agar jadi pribadi yang siap untuk dinikahi. Seperti kata Afgan ini. Uwuwuwuwuw~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya