9 Lagu Tentang Kehilangan Seseorang yang Meninggal, Bikin Galau Tambah Nyesek!

Lagu tentang kehilangan seseorang yang meninggal

Kehilangan seseorang memang bukan perkara mudah bagi seluruh insan di muka bumi ini, apalagi jika kepergiannya benar-benar abadi dan tidak bisa kembali lagi. Rasanya seperti separuh dari diri kita hilang entah ke mana.

Dibutuhkan waktu yang tak sebentar untuk move on dan menghadapi dunia dengan perasaan baik-baik saja. Sebagian orang bisa menyembuhkannya dan sebagian yang lain masih hidup dalam bayang-bayang mereka.

Wajar saja karena ditinggal pergi seseorang selama-lamanya memanglah berat. Namun dalam peristiwa perginya seseorang bukan hanya meninggalkan raganya, tetapi juga kenangannya yang tiba-tiba muncul kembali saat mendengar lagu tentang kehilangan seseorang yang meninggal.

Makin didengarkan, lagu tersebut terdengar kian menyayat hati dan membangunkan memori kita karena liriknya yang menyentuh!

ADVERTISEMENT

1. See You Again – Wiz Khalifa

“It’s been a long day without you, my friend
And I’ll tell you all about it when I see you again”

Lagu ini sebenarnya didedikasikan oleh Wiz Khalifa pada temannya karena kerinduannya yang sangat mendalam. Di waktu yang bersamaan, OST dari Fast and Furious 7 ini juga diputar saat adegan perpisahan antara Dominic Toreto (Vien Diesel) dan Brian OConner (Paul Walker) yang mana kita ketahui bahwa Paul meninggal dalam kecelakaan mobil sebelum film ini rampung.

Makanya lirik dalam lagu ini benar-benar relate dan lekat dengan perpisahan antar teman atau bahkan keluarga sendiri.

ADVERTISEMENT

2. Somewhere Only We Know – Keane

“And if you have a minute, why don’t we goTalk about it somewhere only we know?This could be the end of everythingSo, why don’t we go?”

‘Somewhere Only We Know’ oleh Keane sebenarnya bercerita mengenai seorang pria yang selalu mengunjungi tempat paling memorable bagi dirinya karena di situlah ia bertemu dengan sang mantan kekasih.

Namun lagu ini menjadi booming kembali manakala Bird (Pasangan mendiang Tangmo Nida) memutarnya di Story Instagram untuk mengenang sang kekasih yang meninggal pada Februari 2022 silam.

ADVERTISEMENT

3. Who Are You – Sam Kim

Siapa yang tidak sedih mendengar lagu ‘Who Are You’ yang dinyanyikan oleh Sam Kim dan menjadi salah satu Original Soundtrack drama Korea Goblin? Lagu ini memiliki makna yang sangat mendalam karena menceritakan hari-hari singkat yang membahagiakan bagi seseorang dengan kekasihnya sebelum akhirnya berpisah.

Di antara penggalan terjemahan liriknya adalah

“Aku akan mengingatmu
Aku akan melihatmu
Walau kau tak berada disana
Walau setelah bertahun tahun”

ADVERTISEMENT

4. I Will Go to You Like the First Snow – Ailee

Lagu tentang kehilangan seseorang yang meninggal berikutnya adalah ‘I Will Go To You Like the First Snow’ dari Ailee yang juga merupakan OST drama Korea Goblin.

Jika diresapi lebih dalam, lirik lagu ini menceritakan tentang besarnya rindu dan cinta seorang wanita terhadap kekasihnya sehingga ia berharap di kehidupan berikutnya bisa kembali bersatu sama seperti pertemuan mereka saat pertama kali salju turun.

Coba deh dengerin, bukan cuma galau, tetapi juga berhasil bikin kita nyesek dan mewek tiap kali mendengarnya!Huft.

ADVERTISEMENT

5. My Heart Will Go On – Celine Dion

“Near, far, wherever you areI believe that the heart does go on (why does the heart go on?)”

Hmm, salah satu karya ter-legend dari Celine Dion adalah lagu ‘My Heart Will Go On’ yang menjadi OST dari film fenomenal Titanic. Walaupun melodinya terdengar romantis, tetapi lagu ini benar-benar mendefinisikan besarnya cinta seorang Jack yang akan tetap dan terus hidup untuk Rose meski dirinya telah meninggal dunia.

Ternyata, move on dari orang yang sangat berarti di hidup kita tak semudah itu ya~

ADVERTISEMENT

6. Mengenangmu – Kerispatih

Salah satu lagu Indonesia tersedih yang berisi tentang kehilangan seseorang yang meninggal adalah ‘Mengenangmu’ by Kerispatih. Lagu lawas ini nyatanya masih terus didengarkan oleh para pendengar setianya hingga saat ini untuk mengenang orang-orang yang mereka sayangi.

Dalam liriknya bahkan tersirat jelas bagaimana seseorang tersebut menyimpan cintanya meski mereka terpisah jarak karena dunia yang sudah berbeda.

“Biarlah ku simpan sampai nanti aku kan ada di sanaTenanglah dirimu dalam kedamaianIngatlah cintaku kau tak terlihat lagiNamun cintamu abadi”

Yuk, sedih berjemaah dulu, hiks hiks!

7. Belum Siap Kehilangan – Steven Pasaribu

“Ternyata belum siap akuKehilangan dirimuBelum sanggup untuk jauh darimuYang masih s’lalu ada dalam hatiku”

Lagu yang akhir-akhir ini sering sekali diputar saat momen perpisahan menyakitkan antara orangtua dengan anak, anak dengan saudara, antara pasangan, teman, dan lainnya karena peristiwa tertentu.

Bahkan lagu Steven Pasaribu ini sering terdengar saat membuka konten-konten menyedihkan di media sosial yang menggambarkan kepergian orang yang dicinta untuk selama-lamanya.

8. Mirai E – Kiroro

Meskipun dinyanyikan dalam bahasa Jepang, tetapi lagu ‘Mirai E – Kiroro’ yang berarti menuju masa depan ini punya kenangan yang sangat mendalam bagi hampir semua orang yang pernah mendengarnya.

Dalam lirik lagu ini diceritakan secara detail bagaimana besarnya kasih sayang dan cinta seorang ibu kepada anaknya dan setelah sang ibu tiada, semua perhatian dan cinta yang ia berikan baru terasa.

9. Orange – 7!!

Setidaknya sekali saja dalam hidup ini harus mendengarkan Orange-7!! karena ketika liriknya diresapi, ternyata sangat menyedihkan dan bikin kita merasa ada sesuatu yang hilang setelah mereka pergi dari hidup kita selamanya. Semuanya tidak sama lagi dan hanya kenangan mereka yang bisa kita peluk. Duh, mau nangis jadinya!

Ketika sebuah lagu dapat mengingatkan kita pada seseorang yang telah tiada, ternyata kita sadar bahwa ingatan-ingatan yang kita simpan rapat dapat terbangun kembali tanpa peringatan apa pun. Namun hidup harus terus berjalan, entah dengan atau tanpa mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis