Meski media sosial sering dijadikan ajang eksistensi diri, tapi ternyata kehadiran platform ini bisa dijadikan sebagai wadah untuk melakukan gerakan sosial. Berbagai gerakan sosial positif muncul dan berhasil membuat perubahan ke arah yang lebih baik. Apakah itu sifatnya membantu orang banyak, atau membantu orang-orang yang tengah dilanda kemalangan.

Salah satu keajaiban media sosial yang hangat baru-baru ini adalah #RaisaMeetSutopo. Gerakan ini bertujuan agar salah satu sosok inspiratif bagi warganet, Sutopo, bisa bertemu dengan idolanya, Raisa Adriana.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, merupakan salah satu sosok inspiratif bagi warganet selama ini

Sutopo, sosok inspiratif bagi warganet via twitter.com

Advertisement

Bagi pengguna media sosial, khususnya Twitter, pemilik akun @Sutopo_PN mungkin sudah nggak asing lagi. Sutopo Purwo Nugroho, merupakan sosok inspiratif bagi warganet. Dia adalah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang sangat aktif di media sosial yang kerap melayani publik dengan cara memberikan informasi terkini mengenai bencana yang tengah terjadi di berbagai daerah di Tanah Air, proses penanggulangan bencana, mengingatkan tentang informasi hoaks, dan sebagainya.

Bukan menunjukkan eksistensinya di depan layar kaca, Sutopo justru memanfaatkan media sosialnya sebagai wadah untuk melayani publik. Informasinya juga terbilang jelas, padat, dan mudah dimengerti oleh warganet. Bukan hanya itu yang membuat warganet salut dengan sosok ini, melainkan fakta lain yang bikin terharu. Beliau saat ini tengah menderita kanker paru stadium 4B. Dan di tengah-tengah perjuangannya melawan kanker tersebut, dia masih setia untuk melayani publik melalui unggahannya.

Oleh karena itulah, warganet pengen memberikan sedikit dukungan untuk Pak Sutopo agar bisa bertemu dengan idolanya, Raisa

#RaisaMeetSutopo via twitter.com

Bukan hanya ketika bencana yang terjadi di Palu baru-baru ini saja, sejak lama Pak Sutopo sudah aktif dan terus berkelanjutan dalam memberikan informasi mengenai bencana di Tanah Air. Fakta inilah yang membuat warganet pengen memberikan dukungan moril terhadap sosoknya. Apalagi diketahui bahwa Pak Sutopo merupakan penggemar si pelantun “Serba Salah”, Raisa.

Advertisement

Beberapa kali Pak Sutopo terlihat membalas kicauan Raisa di Twitter. Bahkan di beberapa tweet-nya, Pak Sutopo sengaja me-mention akun Raisa. Oleh karena itu, warganet berencana untuk mempertemukan Pak Sutopo dengan sosok idolanya ini. Melalui tagar #SutopoMeetRaisa, warganet pengen merealisasikan pertemuan Pak Sutopo dengan Raisa agar dia tetap semangat untuk sehat dan mengemban tugas sebagai abdi negara. Apalagi pada tanggal 7 Oktober nanti, Pak Sutopo berulang tahun. Warganet berharap ini bisa jadi salah satu kado ulang tahun terbaiknya.

Selain melalui tagar, warganet juga mencoba menghubungi langsung pihak manajemen Raisa. Ada pula yang sengaja mengadakan give away agar semakin banyak warganet yang berpartisipasi memberikan dukungan bagi Pak Sutopo

benar-benar mengusahakan via twitter.com

Nggak cuma lewat tagar saja, warganet juga melakukan hal-hal lain demi terwujudnya pertemuan ini. Ada yang menghubungi manajemen Raisa melalui surel, ada yang mengontak langsung Raisa, bahkan ada yang langsung bertemu dengan manajer Raisa.

Nggak sampai di situ, beberapa warganet bahkan sampai membuat give away agar semakin banyak yang berkontribusi dalam tagar ini. Karena bukan hanya pertemuan Pak Sutopo dan Raisa yang pengen diwujudkan, melainkan melalui tagar yang berisi dukungan semangat ini Pak Sutopo merasa bahwa masyarakat juga peduli padanya dan mendukungnya berjuang melawan kanker.

Sejauh ini, usaha baik warganet kini membuahkan hasil. Semoga mereka bisa ketemu secepatnya, ya~

membuahkan hasil via twitter.com

Dan ternyata benar, keajaiban media sosial ini terbukti. Kini pihak manajemen Raisa dan pihak Pak Sutopo sudah saling berkomunikasi untuk melakukan pertemuan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh pihak Pak Sutopo, bahwasanya manajemen Raisa sudah berkomunikasi langsung, bahkan Raisa sendiri sudah mengirim DM kepada Pak Sutopo. Hal ini tentu menjadi kabar bahagia. Lagi-lagi, warganet berhasil membuktikan bahwa keberadaan media sosial bisa melahirkan hal-hal baik dan positif.

Semoga Pak Sutopo dan Raisa cepat ketemu, ya. Jadi nggak sabar bagaimana reaksi Pak Sutopo nanti. Semoga hal ini semakin menyemangati beliau dalam berjuang melawan kanker. Aamiin!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya