Setiap orang tentu berharap punya wajah yang awet muda. Itulah mengapa banyak orang mempraktikkan berbagai cara supaya muka terlihat lebih muda dari usia aslinya. Namun, ada juga lho orang-orang yang ternyata dianugerahi “muka boros”.

Ya, mereka yang hidupnya menderita karena punya tampang yang terlihat lebih tua dari usia aslinya. Mereka yang sebenarnya masih usia 20-an tapi dikira udah masuk golongan 30-an atau bahkan 40-an. Mereka yang cuma bisa pasrah karena nggak sanggup lagi membela diri…

1. Walau usia masih 20-an dan belum nikah, kamu udah akrab dengan sapaan “Bapak” atau “Ibu”.

harus sabar, semua hanya cobaan via 1cak.com

Saat bepergian memang membuatmu harus bertemu orang lain yang nggak kamu kenal. Mereka jelas nggak ngerti biodata kamu dan khususnya usia kamu ‘kan? Apa yang mereka lihat, itulah yang mereka tangkap dalam pikirannya. Kamu yang wajahnya boros jadi harus pasrah deh kalau dipanggil dengan sebutan “Bapak” atau “Ibu”.

2. Akrab dengan panggilan “Pak/Buk”, kamu bahagia banget kalau masih ada yang manggil kamu dengan sebutan “Mas/Mbak”.

mereka sungguh mengerti kamu via 1cak.com

Advertisement

“Mau beli apa, Mas?”

“Mbak panggil saya apa? Mas?” *brb sujud syukur

Ada juga kok yang mengerti perasaan kamu. Hehehe. Walaupun jarang, tapi sapaan inilah yang paling menyejukkan hatimu.

3. Kamu nggak paham kenapa pas kumpul keluarga besar saudara-saudaramu yang seumuran ditanya-tanya soal kuliah, sedangkan kamu malah dikira udah nikah.

ini ekspresimu via media.giphy.com

Pokoknya kamu nggak bisa berkutik lagi. Saudara-saudara sepantaran kamu bakal ditanya: “udah semester berapa”, giliran kamu yang punya muka boros langsung ditembak “kerja dimana? jangan-jangan malah udah nikah ya?”. Duh, rasanya cuma pengen ke kamar mandi terus showeran sambil bilang… “aku hinaaaaaaaaa….”

4. Masih kuliah di semester pertama, kamu sering banget dikira mahasiswa angkatan lama! Hufed dah!

ekspresi kakak angkatan kamu pas lihat kamu via www.pizna.com

Kamu pernah bangga sekaligus merasa bersalah gara-gara ada kakak angkatan kamu yang kalau ngomong ke orang lain biasa-biasa aja sambil ketawa-ketiwi, tapi giliran ke kamu jadi sopan banget. Mahasiswa-mahasiswa angkatan atas aja nggak ada yang berani nyolot di depan kamu, apalagi mahasiswa seangkatan? Hahaha. Kamu menang banyak di sini. Ternyata punya muka boros itu ada faedahnya juga, ya?

5. Disangka angkatan tua sih masih gak apa-apa. Tapi, kalau dikira kamu dosennya ‘kan sedih juga… 🙁

aku adik angkatanmu, mas via www.youthmanual.com

Mereka: “Bapak dosen baru, ya?”

Kamu: “Ehmm…anu…anu…Saya mahasiswa juga kok.”

Rasanya dunia emang kejam bagi kamu yang di anugerahi muka boros. Gak apa-apa sih keliatan tua, tapi bukan berarti tua banget dong. Sedih…

6. Waktu mengantar ibumu ke rumah sakit dengan setelan kerja, kamu malah dikira suaminya! #gagalpaham

bukan sedih gara-gara ibu sakit, tapi gara-gara dikira suami ibu via www.gettyimages.com

Saat dalam keadaan genting, kamu harus meninggalkan kantor untuk mengantar ibu ke rumah sakit. Nggak sempet lah ya ganti baju. Orang lain yang melihat pengorbananmu mengantar orang tua kamu bakal terkesan dan menganggap kamu sebagai suami mengutamakan pasangan ketimbang pekerjaan. Duh, pedih ya!

7. Giliran kamu yang cewek nemenin ayahmu ke kondangan, kamu malah dikira istrinya…

sama ayah dikira istrinya… via www.psychologies.co.uk

Nggak paham deh apa mukamu yang borosnya kelewatan atau orang-orang di luar sana yang ngarangnya kebangetan. Anak kok malah dikira istri mudanya?

8. Kalau lagi jalan bareng pacar, kamu nggak perlu khawatir ada yang godain pacar kamu. Mereka berpikir: “Eh, ada orang tuanya, tuh!”

lagi sama ibunya tuh via www.dailymail.co.uk

“Ih ada si ganteng, godain tuh!”

“Jangan woy! Nggak lihat tuh lagi sama ibunya?”

9. Pesen delivery pizza lewat telepon. Begitu pesenan dateng, pengirim pizza-nya malah balik kanan. Dikiranya salah alamat. Habis yang telepon mbak-mbak, yang bukain pintu emak-emak!

aduh, salah alamat nih via www.nextavenue.org

Gini nih kalau suara masih mbak-mbak tapi tampang emak-emak. Kalau pesen apa-apa lewat telepon, pilihannya cuma dua. Begitu pesenan dateng, kamu disangka ibunya yang pesen atau disangka salah alamat.

10. KTM, SIM, sampai KTM dikira palsu. Karena usia yang tertera di situ nggak sesuai sama tampangmu!

masak harus nunjukin ini? via nasional.tempo.co

Pokoknya semua kartu dan biodata yang mencantumkan identitas kamu bakal dicap nggak valid oleh semua orang. Mereka tetep nggak percaya dengan usia kamu yang ternyata masih muda, padahal tampak mukanya kelihatan tua. Sampai saat melamar kerja pun kamu bakal dipelototin pewawancara karena dia juga nggak percaya dengan penampilanmu.

11. Penderitaan kamu emang nggak bakal ada hentinya. Supaya hidup nggak makin merana, kamu cuma bisa nyengir sambil tertawa meskipun pahit rasanya.

bakal terus begini kalau nggak senyum via enoszone.wordpress.com

Berhadapan dengan kenyataan ini memang berat. Gimana nggak? Kamu pengen menjelaskan kebenaran tapi nyatanya orang-orang lebih percaya dengan apa yang mereka lihat. Karena udah kehabisan akal menghadapi komentar orang-orang, kamu pun cuma bisa nyengir sambil sesekali tertawa. Ya mau gimana, diketawain aja daripada hidup makin menderita. Hahaha.

Semoga kamu yang terlahir dengan wajah boros bisa tabah dan sabar menerima, ya. Disyukuri sambil diketawain aja… 😀