Artikel ini hasil kolaborasi Hipwee dengan Kurio.

Semua orang punya cara tersendiri dalam melakoni hidup sehari-hari. Cara yang sekian lama diulangi, akhirnya jadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Sayangnya, kita sering menyangkal fakta bahwa beberapa kebiasaan justru nggak bikin kita menjadi manusia yang lebih baik.

Kalau kebiasaan-kebiasaan berikut ini selalu dilakukan, mungkin kamu sedang menyia-nyiakan hidupmu…

1. Hidupmu sia-sia jika menunda tugas dari dosen hingga menit-menit akhir…

Last minute via mari.umich.edu

Entah itu karena menunggu contekan dari teman, atau karena kamu (pura-pura) lupa kalau ada tugas.

2. Begitu pula jika kamu menggantungkan nasib pada sistem kebut semalam!

SKS sistem kebut semalam via mahasiswawanita.blogspot.com

Meski teknik ini ‘berhasil’ pada beberapa teman, sistem kebut semalam sebelum ujian bukan untuk semua orang, apalagi jika kamu bukan anak yang pinter-pinter amat.

3. Beli smartphone mahal-mahal cuma dipakai buat main game dan media sosial. Padahal fungsi ponsel pintar lebih dari itu, lho…

Main game terussss via computimesinc.com

Jika kamu menghabiskan sekian juta rupiah cuma untuk Instagram-an di smartphone, maka kamu menyia-nyiakan potensi besar yang dimiliki gawai tersebut.

Karena smartphone punya fitur yang bisa bikin kamu lebih produktif dan kreatif, kamera misalnya.

4. Dan pastinya, kekuatan utama smartphone adalah internet; teknologi yang membuka semua pintu informasi.

Internet membuka wawasan via www.flickr.com

Walau sekilas terlihat oke-oke aja, kebiasaan kita yang memanfaatkan smartphone cuma untuk hiburan semata (nonton YouTube, gaming, dan sebagainya) itu belum ada apa-apanya dengan pengetahuan yang bisa kamu gali di internet. Layaknya perpustakaan raksasa, ada jutaan bahan bacaan yang bisa meningkatkan pengetahuan kamu. Berita bikin kamu up-to-date dan artikel bikin kamu lebih pintar dari sebelumnya sekaligus menghibur.

Mulailah kebiasaan baik dengan membaca lebih banyak dan tahu lebih banyak melalui Kurio, aplikasi yang memanjakan kamu dengan bahan bacaan nan menarik serta berguna.

5. Mengisi kekosongan waktu dengan bengong dan nggak ngapa-ngapain, berarti kamu termasuk golongan merugi!

Siapa sih demen disuruh nunggu? via mygifdump.tumblr.com

Siapa sih yang suka disuruh menunggu? Nggak ada! Tapi “menunggu” adalah keniscayaan. Entah itu menunggu dosen yang telat, menunggu angkot yang hobinya ngetem maupun menunggu selingkuhan, eh gebetan, datang.

Siapapun (dan apapun) yang ditunggu, pastikan kamu manfaatkan waktu kosong itu dengan bacaan bermanfaat dan berguna. Jangan cuma bengong.

6. Kamu selalu mengeluh soal hidup yang gitu-gitu aja, tapi nggak pernah usaha untuk memperbaikinya.

Gak ada usaha via www.beyondthecoupon.com

“Aduh, kok hidupku gini-gini aja ya…”

Sewaktu kuliah mengeluh, setelah lulus dan dapat kerja kamu tetap aja mengeluh. Punya ekspektasi yang tinggi memang bagus, tapi mengeluh saat kejadiannya nggak sesuai harapan bukanlah solusi yang tepat.

Nah dengan Kurio, kamu bisa menemukan artikel-artikel inspiratif soal karir dan produktivitas. Yang pastinya gak bikin hidup kamu gitu-gitu aja.

Berhenti menyia-nyiakan potensi diri kamu yang (sebenarnya) luar biasa dengan bengong dan mengeluh. Untuk menjadi orang yang lebih berwawasan, lebih profesional, dan kreatif, unduh Kurio di smartphone kamu. Tinggal pilih topik yang kamu suka, Kurio akan menyediakannya untuk kamu.