“Mas, iPhone 7 harganya berapa?”

“Mahal mas. Nggak usah tanya-tanya.”

“…….”

Kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus telah ditunggu-tunggu berbagai pihak. Bukan menunggu karena ingin membeli, namun publik penasaran seperti apa produk terbaru generasi iPhone dari Apple itu. Apalagi dengan pemberitaan di media massa tentang segala perubahan yang dilakukan perusahaan Steve Jobs terdahulu ini. Tentu makin banyak yang ingin tahu mulai dari desain ponselnya, hingga fitur-fiturnya.

Akan tetapi, harganya ternyata selangit banget. Kisarannya masih di angka belasan juta. Hmmm… kadang bikin jengkel juga, sebenarnya apa sih yang bikin mahal?

sampai mendirikan kemah! via tekno.liputan6.com

Rasa penasaran tersebut membuat publik dunia tak segan mengantre dari hari-hari sebelum iPhone 7  dan iPhone 7 Plus resmi diluncurkan. Di berbagai kota besar dunia yakni Berlin dan New York, terdapat banyak warga yang telah mengantre hingga mendirikan kemah di sekitar Apple Store. Padahal kalau ingat harga produk Apple yang bikin kantong cepat kering, mending buat beli sepeda motor, bisa buat kerja ojek online #eh.

1. Keren sih bisa tahan air dan debu. Tapi kalau nggak dapat garansi misalnya gara-gara kena air, ya sama saja dong

Advertisement

kalau kena air nggak dapat garansi ~ via bgr.com

“iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tahan terhadap percikan, air, dan debu–diuji di bawah kondisi laboratorium yang terkontrol dengan rating IP67 berdasarkan standar IEC 60529. Kerusakan akibat cairan tidak masuk dalam garansi,” demikian pernyataan Apple, 

dikutip dari liputan6.com

Bagi kamu yang suka selebor menaruh ponsel di tempat basah atau senang berlama-lama di tempat yang banyak debu, boleh bahagia dengan kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus karena terdapat fitur tahan air dan debu. Namun kabar itu tak didukung garansinya, yakni Apple memutuskan tak akan meng-cover garansi ponsel pinter ini jika rusak terkena air. Yah, kalau begini ya sama juga bohong.

2. Kalau ditanya orang Hp kamu iPhone 6s ya? bikin kamu sakit hati. Habis mau bagaimana, tampilannya sama sih

modelnya ya gitu-gitu saja via www.mobilephones.com

Bisa dibilang tampilan iPhone begitu-begitu saja sejak ponsel pintar ini pertama kali dirilis. Dan memang benar karena pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ukurannya sama dengan pendahulunya – iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Meski ada perbedaan sedikit desain pada bagian belakang ponsel – yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus lebih ramping dan mulus, namun tetap saja seperti tak jauh berbeda dengan seri iPhone sebelumnya. FYI, iPhone 7 memiliki ukuran layar 4,7 inci, sementara iPhone 7 Plus 5,5 inci. Mau beli baru atau nggak, orang lain kalau melihatnya dari jauh juga sama saja.

3. Harganya mahal, sayangnya baterainya cuma lebih kuat 2 jam dibanding iPhone 6s. Tuh, rugi ‘kan?

baterainya cuma lebih lama 2 jam dari terdahulunya via venturebeat.com

Makin canggihnya ponsel alangkah bagusnya jika disertai dengan daya tahan baterai. Seperti yang terdapat pada iPhone generasi 7 yang akan membuat siapapun saat memakainya lupa mengerjakan kegiatan lain. Harganya yang selangit nggak sebanding dengan daya tahan baterai yang harusnya lebih bagus lagi. Ponsel pintar Apple ini hanya lebih kuat dua jam dibanding pendahulunya. Kalau beda daya tahan cuma dua jam saja sih ya mendingan duitnya kamu alihkan buat mas kawin yang nggak perlu batere tapi tetap bisa langgeng #cieee.

4. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang berwarna jet black memang menarik. Sayangnya kesan elegan dan “wah” tertutup karena mudah tergores

yang jet black gampang tergores via www.businessinsider.co.id

“Warna hitam high-gloss pada dua seri iPhone 7 ini dibuat lewat sembilan langkah anodisasi dan pemolesan material. Jadi, permukaan luarnya sebetulnya sama dengan perangkat Apple lainnya, cuma karena warnanya hitam pekat jadi mudah tergores,” tulis pihak Apple, 

seperti dikutip dari liputan6.com

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang terdiri dari beberapa warna, salah satunya yang cukup menjadi perhatian yakni warna jet black. Hal ini karena warna tersebut sama persis dengan warna hitam piano dan dilengkapi dengan material gloss yang bikin mengkilap. Apple pun mengatakan kalau sebaiknya para pengguna tetap memakai casing luar supaya iPhone 7 maupun iPhone 7 Plus tetap terlindungi dengan baik. Yah, keluar duit lagi dong buat beli casing luarnya? ;|

5. Udah nggak ada lubang earphone lagi. Mau dengerin musik jadi ribet karena harus beli AirPods yang harganya udah kayak uang kosan sebulan

nggak bisa sembarang beli earphone deh via www.cnnindonesia.com

Perubahan Iphone 7 dan Iphone 7 Plus yang nggak diminati banyak orang yaitu hilangnya lubang earphone atau jack audio headphone 3.5 mm. Hal tersebut dilakukan lantaran Apple ingin benar-benar mewujudkan desain ponsel yang serba minimalis, tapi tetap nggak memengaruhi fungsinya. Oleh karena itu, kamu yang beli iPhone 7 atau iPhone 7 plus ini perlu membeli AirPods – yakni earphone keluaran terbaru yang dipakai secara nirkabel. Harganya sendiri cukup menguras kantong kayak bayar kosan keren sebulan, sekitar 2 jutaan. Mau beli versi abal-abal earphone nirkabel atau earphone yang bisa dicolok ke lightning port.

harganya? 2jutaan ~ via www.cnnindonesia.com

6. Ada kamera ganda. Satu saja nggak sering dipakai ~

dual camera… satu aja jarang dipakai ;| via www.cnnindonesia.com

Kamera ganda ini ternyata hanya diberikan pada iPhone 7 Plus yang terdiri dari dua lensa, yakni wide-angle 28mm dan lensa telephoto 56mm. Besar resolusi yang dimiliki kamera ganda tersebut sama, yaitu 12 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, IPhone 7 Plus resolusi kameranya 7MP dengan Auto Image Stabilization. Apple sendiri mengklaim hasil jepretannya akan terlihat profesional karena hasilnya sangat bagus. Kalau dipikir-pikir satu saja sebenarnya cukup, jika terlalu canggih sampai ada dua kamera seperti itu yang ada kamu sendiri malah bingung mengambil fotonya. Toh, yang satu kamera saja jarang dipakai, apalagi dua? Mubazir banget!

7. Harganya selangit, mending simpan buat mas kawin saja deh!

atau bikin iPhone 7 sendiri saja deh via jancok.com

Kebiasaan Apple saat menjual produknya yaitu harganya yang selangit. Silahkan kamu analisis sendiri dengan harga iPhone 7 paling murah dengan memori 32GB saja US$ 649 (Rp 8,5 jutaan), sedangkan iPhone 7 Plus dengan memori yang sama sebesar US$ 767 (Rp 10 jutaan). Tuh, sayang banget ‘kan uang segitu buat sebuah smartphone dengan fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan pada merek berbeda? Makanya, mending uangnya disimpan saja deh untuk mas kawin atau modal nikah menutupi uang resepsi.

Apple memang terkenal sebagai produsen kelas kakap yang juga menyasar konsumen kelas kakap juga. Namun, gaung Apple yang udah ternama ini bikin kelas menengah ke bawah juga berharap bisa “mencicipi” produk teknologi anyarnya ini. Kalau kamu banyak keperluan lebih baik pikirkan kembali jika ingin membelinya. Toh, dengan uang segitu bisa kamu alokasikan kebutuhan lain. Benar nggak?