Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Dede Sunandar, pelawak Indonesia yang sering wara-wiri tampil di televisi beberapa tahun terakhir memulai karir sebagai cleaning service di sebuah perusahaan televisi. Pria yang berdarah Sunda dan kelahiran Ciamis pada 26 tahun lalu ini tidak sengaja ‘ditemukan’ oleh tim kreatif Trans TV saat sedang mengepel lantai dan diajak untuk bermain sitkom Opera Van Java.

Sejak itu, karir Dede terus melesat. Pundi-pundi pun dengan ramah datang padanya. Namun, kabar mengejutkan berhembus, bahwa Dede tiba-tiba menjatuhkan talak 3 dan menceraikan istrinya bernama Karen Hertatum. Waduh!

Jadi kalau direkap, saya jadi cleaning service satu tahun lima bulan. Pekerjaan saya menyapu, membersihkan got, membuang sampah, dan membersihkan lingkungan kantor. Ibu sebagai buruh cuci. Bapak kuli bangunan. Kalau tidak ada proyek yang digarap, Bapak nyambi sebagai penggali kubur atau menggiling adonan tepung, membantu tetangga bikin kue. Gajinya sehari sekitar 20 ribu. Dede Sunandar via youtube

Mengawali karir sebagai cleaning service, Dede Sunandar awalnya dilirik untuk jadi figuran dalam sitkom Opera Van Java

Masih bermain figuran via i.ytimg.com

Dede Sunandar mengawali kerasnya hidup dengan mulai bekerja serabutan. Tahun 2009, selepas sekolah SMK Dede merantau ke Bogor untuk mengubah nasib. Di Bogor, Dede bekerja serabutan sebagai tukang parkir, ngamen, kerja cuci piring di restoran dan terakhir cleaning service di Trans Corporation. 

Advertisement

Begitu melihat tingkah konyol Dede saat bekerja, tim kreatif sitkom Opera Van Java mengajaknya untuk menjadi figuran. Saat penampilan pertamanya, Dede mendapatkan sambutan yang cukup sukses dari penonton televisi. Dari situlah kontrak Dede kemudian diperpanjang.

Saat ini Dede tengah disibukkan menjadi presenter hingga aktor sinetron

Super Dede! via 1.bp.blogspot.com

Super Dede adalah sinetron striping yang diperankan oleh Dede Sunandar. Sinetron inipun mendapat sambutan yang hangat dari penonton. Bahkan muncul juga sekuelnya, Super Dede 2. Selain sinetron, Dede juga menjadi co-host acara musik Dahsyat dan beberapa acara lainnya. Perjuangannya dahulu sebagai cleaning service mulai terbayar tuntas kawan!

Menikah akhir 2014 dan sudah dikaruniai seorang anak, Dede Memilih bercerai saat popularitas sedang ia lakoni 🙁

Yah, cerai 🙁 via cdn-2.tstatic.net

Istri yang beruntung mendapatkan Dede Sunandar adalah Karen Hertatum. Gadis cantik ini dinikahi Dede pada 21 Oktober 2014, dengan mas kawin seberat 10 gram dan seperangkat alat shalat. Dede mantap menyandang status suami dari Karen. Namun, baru 2 tahun membina bahtera rumah tangga, Dede dan Karen memilih bercerai. Alasannya sih sederhana,  Dede pernah melakukan tindak kekerasan rumah tangga pada Dede. Tamparan, tendangan dan makian kerap diterima Karen.

“Iya kalau KDRT gara-gara kesal, susah dibilangin. Mungkin ada-lah pukulan sekali, tamparan sekali dua kali, tendangan juga” -Dede Sunandar via youtube cumi-cumi

“Semalam itu masih dia minta jemput di rumah mama, itu gue bilang masih  syuting, tapi dia bilang ‘kalau nggak jemput sekarang cerain gue saja  mendingan” lanjutnya.

Dede bahkan mengaku sudah mentalak tiga istrinya itu. Melalui video Youtube yang diunggah kanal Cumi-cumi, Dede memperlihatkan hasil screenshot pesan SMS-nya bersama Karen.

Yah cerai deh 🙁 via youtube.com

Terkesan mudah untuk menceraikan, namun itulah faktanya. Dede dan Karen memilih jalan perpisahan meskipun anak mereka, Arjuan belum tahu apa-apa soal dinamika konflik orangtua mereka.

Setiap rumah tangga pasti akan selalu ada masalah. Sejatinya tergantung diri kita mau bagaimana menyikapinya. Nah, buat Dede Sunandar dan Karen semoga diberikan yang terbaik ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!