Superhero lokal Indonesia

Di tengah ramainya perbincangan menunggu superhero favorit dalam Avengers: Infinity War, banyak dari kita yang saling menjagokan pahlawan super buat mengalahkan musuh. Nggak sedikit yang menantikan penampilan Iron Man, Spider Man, hingga Black Panther melawan Thanos. Selagi kita merayakannya, nggak ada salahnya buat nostalgia dengan sosok pahlawan super lokal yang pernah menemanimu pada masanya lho.

Meski sekarang sudah nggak pernah muncul di layar kaca, nggak ada salahnya berharap ada produser asyik yang mau memunculkan mereka kembali. Syukur-syukur kalau mereka muncul dalam satu frame biar nggak kalah dengan tim Avengers dong. Siapa saja sih mereka, yuk, coba simak uraian berikut ini!

1. Saraswati a.k.a Saras 008 yang akan segera datang menolongmu dari penjahat dan Mr. Black

tayang sore hari nih, bisa ditonton selepas ngerjain PR via www.kapanlagi.com

Advertisement

Cerita pahlawan yang tayang di televisi pada 1998-2000 ini merupakan garapan Rapi Films. Saraswati atau Saras 008 diceritakan sebagai pahlawan berkostum berkekuatan kucing yang membela kebenaran dan membasmi kejahatan. Cukup tekan angka 008 maka Saras akan menyelamatkanmu dari musuh, termasuk bos penjahat alias Mr. Black.

2. Pahlawan super dari Indonesia yang nggak kalah hebat dari Superman; Panji Manusia Millenium

Waktu Primus Yustisio masih muda banget. via www.duniaku.net

Panji Manusia Millenium merupakan tokoh pahlawan super yang muncul di era menjelang tahun 2000 sehingga mengambil nama millenium. Panji adalah seorang pemuda santun yang mendirikan sebuah panti asuhan yang menampung anak-anak yatim piatu. Untuk membasmi kriminalitas, Panji memiliki kekuatan super rahasia. Dia kemudian disebut dengan Panji Manusia Millenium.

3. Meskipun terkenal sebagai mahluk gaib yang suka mencuri, tapi ucil adalah sosok tuyul yang suka menolong manusia

Ucil dan tuyul jahat via www.duniaku.net

Pada umumnya tuyul dimitoskan sebagai makhluk yang suka mencuri uang. Namun berbeda dengan tuyul bernama Ucil yang justru membangkang, ia tidak mau mencuri dari manusia. Ia pun kemudian bertemu dengan Mbak Yul, seorang manusia yang mampu melihat makhluk gaib seperti Ucil. Mereka kemudian saling menolong dan menghalau tuyul-tuyul jahat.

4. Om Jin juga bukanlah jin jahat yang mencelakai manusia. Ia justru merupakan sosok gaib yang bersahabat dengan Jun

Jun dan Om Jin via www.merdeka.com

Advertisement

Satu lagi sosok gaib yang menjalin persahabatan dengan manusia adalah Om Jin. Om Jin muncul dalam sebuah sinetron berjudul Jin dan Jun yang juga dibintangi oleh Syahrul Gunawan. Pertemuan Jun dengan Om Jin diawali ketika Jun menemukan sebuah botol di Laut Kidul dan nggak disangka ternyata botol tersebut berisi Om Jin yang terkurung. Mereka kemudian bersahabat dan saling menolong.

5. Kalau gadis cantik ini ceritanya seorang putri yang muncul dari kerang ajaib, namanya Jinny. Tentunya dia juga punya kekuatan super

Bagus dan Jinny. via www.youtube.com

Jinny (Diana Pungky) merupakan sosok yang muncul melalui kerang ajaib yang ditemukan oleh seorang pemuda bernama Bagus (Indra L. Brugman). Jinny muncul ketika Bagus sedang membutuhkan bantuan karena ia nggak kunjung mendapatkan hasil laut. Mulai hari itu Jinny pun selalu menolong Bagus dalam menghadapi semua masalahnya.

6. Berasal dari tokoh legenda, Putri Duyung yang pernah muncul di layar kaca adalah sosok wanita cantik nan baik

Klasik banget posternya! via www.wowkeren.com

Putri Duyung yang kala itu diperankan oleh Ayu Azhari digambarkan sebagai makhluk ajaib yang jika terkena air maka kakinya akan berubah menjadi sisik. Putri Duyung bersahabat baik dengan seorang manusia bernama Domba yang kemudian mereka salaing membantu di kemudian hari.

7. Nggak lengkap kalau nggak ngomongin Wiro Sableng. Jurus silatnya yang keren dan soundtrack-nya selalu bikin terngiang

muridnya sableng gurunya gendeng via kaltim.tribunnews.com

Kalau tokoh pahlawan super sebelumnya punya kekuatan ajaib, kali ini Wiro Sableng bukanlah sosok yang punya kekuatan super dari lahir. Tokoh Wiro Sableng digambarkan sebagai sesosok pemuda yang mahir silat yang memiliki berbagai jurus untuk bertarung. Setting dari sinetron ini pun tergolong kolosal dengan banyak banget referensi lokal.

Jadi kangen dengan sosok mereka, ya? Semoga saja di kemudian hari tokoh-tokoh ini bisa dihidupkan kembali dengan format sinetron atau film yang bagus dan layak tonton, ya. Jadi selain kangen dengan superhero internasional, kita juga bisa bangga sama superhero lokal yang nggak kalah kerennya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya