Mengenang Masa Kecil dengan 5 Film Vampir Mandarin Paling Legendaris. Ada yang Masih Ingat?

Mengenang film vampir

Tak dimungkiri bahwa film dengan genre horor dari zaman dulu hingga sekarang memang menjadi jenis film yang banyak penggemarnya. Jika sekarang kita bisa menikmati cerita seram yang dibalut dengan perkembangan zaman, berbeda dengan film horor zaman dulu. Film horor di era tahun 90-an hingga 2000-an awal memiliki sesuatu yang begitu khas dan tak bisa ditandingi eksistensinya dengan film zaman sekarang. Salah satu di antaranya adalah film horor  asal Tiongkok yang bercerita tentang vampir.

Advertisement

Selain menampilkan sisi horor dan mencekam dari sosok legendaris asal China tersebut, film-film ini juga menghadirkan humor yang begitu kocak. Meski telah diputar berulang kali di berbagai stasiun televisi, ditonton berkali-kali pula lewat VCD bajakan yang dibeli di zaman tersebut, tetap aja nggak bosan-bosan. Berikut ini adalah deretan film vampir Tiongkok yang jadi tontonan keluarga pada masanya.

1. The Musical Vampire

Sosok vampir di The Musical Vampire / Credit; Alchetron

Film vampir legendaris yang satu ini dirilis pada tahun 1992. Uniknya, hingga sekarang cuplikan-cuplikan film ini masih sering nongol dengan random di media sosial. Bukti bahwa film ini memang banyak penggemarnya. Berbeda dengan jenis vampir lainnya, “The Musical Vampire” menunjukkan sosok vampir resek yang nggak bisa dikendalikan dengan mantra pengusir vampir. Kocaknya, hantu ini hanya bisa diusir dengan alunan musik dari sebuah jam. Sungguh benar-benar vampir yang merepotkan!

2. Mad Mad Ghost

Si guru kocak / Credit: Guoxue

Jika tadi ada sosok vampir ngeselin yang hanya bisa diusir dengan alunan musik,  film berjudul “Mad Mad Ghost” ini lebih memfokuskan pada seorang tokoh ahli bela diri. Diceritakan bahwa dirinya memiliki perguruan bela diri lengkap dengan sejumlah murid. Tak hanya belajar tentang bela diri, murid-murid di perguruan ini juga diajarin bagaimana cara menghadapi vampir. Keunikan dari film yang satu ini adalah pengemasannya yang dibuat mencekam sekaligus adegan-adegannya yang mengundang tawa dalam satu waktu. Kocak banget pokoknya~

Advertisement

3. Mr. Vampire

Mr.Vampire / Credit: Coolasscinema

Dari semua film vampir Tiongkok, bisa dibilang bahwa “Mr.Vampire” ini menjadi salah satu yang paling familiar dan paling banyak penggemarnya. Bukan tanpa alasan, film ini layak dikatakan sebagai film vampir legendaris lantaran sampai dibuat hingga 4 sekuel. Film ini sendiri menceritakan sosok vampir dengan bentuk menyeramkan yang menyerang sebuah desa. Ngerinya, vampir ini kebal dengan peluru dan berbagai macam senjata lainnya. Cara utama untuk menghentikannya adalah menempelkan jimat tepat pada jidatnya. Tenang, humor pada film ini bakal membuat alur ceritanya nggak begitu menyeramkan kok.

4. The Ultimate Vampire

The Ultimate Vampire / Credit: Imdb

Nggak kalah seru, di film yang satu ini tantangannya benar-benar lebih resek. Diceritakan bahwa sosok pendeta ahli bela diri bersama dengan murid-muridnya mengemban misi penyelamatan sebuah desa dari serangan kawanan vampir. Kebayang gimana seramnya, kan? Menghadapi satu vampir aja udah repot, ini harus menghadapi sekawanan yang hendak menyerang sebuah desa. Tapi tetap saja, film horor yang satu ini banyak bumbu kocaknya.

5. The Era of Vampires

Advertisement

The Era of Vampires / Credit: Fareastfilm

Rilis pada tahun 2002 silam, film tentang vampir yang satu ini juga mengusung genre horor komedi. Bedanya, sosok vampir yang dihadirkan pada “The Era of Vampires” ini terlihat lebih begitu serius dan juga lebih seram. Proporsi horornya pun lebih banyak dibandingkan dengan kekocakannya. Secara garis besar, “The Era of Vampires” bisa dibilang lebih menarik dibandingkan dengan yang lainnya. Selain jalan ceritanya yang lebih serius, tahun dirilisnya pun jauh lebih muda.

Menikmati film-film vampir ala Mandarin memang membawa kita bernostalgia pada kenangan puluhan tahun silam. Dulu, deretan film tersebut jadi salah satu hiburan keluarga sekaligus kenangan kocak pada masanya. Kapan terakhir kali kamu melihat salah satu dari film vampir tadi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE