Denger-denger Whatsapp udah 100% free nih. Seneng ya? Tapi siapa bilang  kalau100% free? Free bisa diartiin gratis tapi bisa juga bisa diartiin bebas. Nah, kita lagi ngomongin soal “kebebasan” dalam WA. Bebas macam apa? Yang jelas menyangkut privasi dan menyangkut keselamatan kita saat “menghindar”.

Kita sebagai makhluk incognito kalau lagi menghindar dari orang, sebisa mungkin nggak ngebuka chat dari orang yang lagi kamu hindari. Nah, masalahnya, kadang salah pencet juga bisa berabe. Kadang kita tetep bisa ketahuan dari last seen. Kalau dia nyadar lagi dihindari, dia kadang kepo last seen kamu. Kalau kamu belum juga read WA kamu, sama aja deh kamu ketahuan lagi menghindar.

Advertisement

A: Katanya nggak ada pulsa? Kok last seen-nya 5 menit yang lalu?
B: … anu … habis nyangkut wifi kampus

Tenang, ada cara menghindarinya. Ada beberapa cara dari yang paling primitif, hingga yang canggih. Semuanya ada. Kamu bisa coba. Penasaran gimana caranya?

1. Cara ini mungkin udah banyak yang tahu. Kamu bisa hide last seen lewat menu ‘Privacy’ di Whatsapp mu

cara pasaran

cara pasaran via www.ibnlive.com

Boleh diakui teknik ini memang pasaran. Tapi setidaknya efektif buat menyembunyikan keberadaan kita. Jadi kamu bisa sliweran di WA tanpa orang lain tahu last seen kamu. Tapi yang perlu jadi catetan adalah dengan fitur ini kamu juga nggak bisa melihat last seen orang lain. Kalau kamu lagi ngepo orang, pupus sudah harapanmu karena kamu nggak ngerti kapan last seen orang yang kamu kepo. Nah lo.

2. Tanpa buka WA, kamu tetep bisa kok baca chatnya dari notifikasi. Yang penting jangan salah pencet aja.

bisa baca dari notifikasi, tapi tetep hati-hati. Jangan sampai kepencet

bisa baca dari notifikasi, tapi tetep hati-hati. Jangan sampai kepencet

3. Aktifkan mode pop up notification. JANGAN pencet selain tombol “Home” setelah baca pesannya. Dijamin aman.

caranya

gini nih caranya via www.prophethacker.com

Advertisement

Fitur ini akan membuka popup WA secara otomatis saat ada chat masuk. Tenang, jangan khawatir. Saat popup muncul, kamu belum dicap centang biru kok.

Kalau kamu udah aktifkan popup, kamu tinggal tunggu popup muncul di layarmu setiap kali ada chat masuk. Langkah selanjutnya kamu harus bener-bener hati-hati. Jangan sentuh tombol apapun selain tombol “home” ya. Dengan memencet “home” kamu nggak bakal terdeteksi kalau kamu udah baca. Kamu nggak bakal dicap centang biru. Kalau kamu tetep pencet close apalagi reply kamu dianggap centang biru di WA dia.

inget, pencet tombol "home" aja dijamin aman

inget, pencet tombol “home” aja dijamin aman

4. Langsung ganti profilmu pakai foto orang lain dan ngaku aja kalau HP-mu udah dijual

sumpah itu bukan aku

sumpah itu bukan aku

Cara ini mungkin agak desperate, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba. Tapi syaratnya adalah, selama ini kamu harus dianggap sebagai orang yang gaptek. Masalahnya sebenernya akun WA kamu bisa dipindah ke hape yang lain. Jadi, kalau kamu gaptek, mereka bisa mewajarkan perbuatanmu.

5. Masih ketahuan? Oke kalau kamu udah desperate, uninstall aja, beres kan?

uninstall aja ngapa?

uninstall aja ngapa?

Nggak usah pikir banyak, hapus aja WA kamu. Daripada dituduh ini itu, harus sembunyi-sembunyi, nggak bisa ngeles, uninstall aja. Kalau temen kamu masih nggak percaya, tunjukin aja hape kamu, perlihatkan kalau kamu udah nggak punya WA.

6. Jangan sedih dulu, kamu masih punya alternatif, kamu bisa coba download aplikasi ini atau shh … yang ini dijamin aman.

tampilannya shh

tampilannya shh via www.ecuavisa.com

Yang ini serius dan telah teruji kebenaranya. Kamu bisa coba download sendiri kalau nggak percaya. Tipsnya adalah, kamu jangan buka WA kamu, tapi buka aplikasi ini. Dengan aplikasi ini kamu tetep bisa baca semua chat atau grup chat yang masuk tanpa ketahuan last seen kamu dan kamu bebas dari centang biru yang mengganggu itu.
Udah ngerti tekniknya kan? Sekarang tinggal betah-betahan nih siapa yang paling kuat sembunyi paling lama. Selamat mencoba wahai para incognitoniawan dan incognitoniawati.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya