Ide Menu Alternatif Akhir Bulan untuk Anak Kos, Ketika Harga Mi Instan Naik

Mi instan selalu identik dengan makanan akhir bulan terutama bagi anak kos, karena harganya yang murah, praktis, dan mengenyangkan. Sayangnya, baru-baru ini ada kabar kalau harga mi instan bakal naik, nih. Hal ini karena imbas dari perang Rusia dan Ukraina sebagai penghasil gandum terbesar di dunia.

Advertisement

Diketahui gandum ini menjadi bahan baku mi instan, termasuk di Indonesia. Akibat perang dan gandum menjadi langka, maka hasil olahan gandum salah satunya mi instan akan mengalami kenaikan harga. Aduh, kabar buruk bagi sobat mi di akhir bulan nggak sih? Tapi tenang, Hipwee punya menu alternatif akhir bulan saat harga mi instan makin mahal, yuk simak!

1. Bikin nasi ditambah kaldu saset, biar gurih dan nggak perlu lauk lagi~

alternatif menu akhir bulan

Menanak nasi dicampur kaldu | Foto dari Twitter

Menu alternatif pertama yang bisa dicoba adalah nasi dan kaldu saset. Menu ini nggak kalah praktis dengan mi instan tapi di jamin cukup murah. Kamu hanya perlu beras dan kaldu saset dari merek kesukaanmu. Caranya, tinggal tambahkan kaldu pada air untuk menanak nasi. Alhasil nasimu jadi gurih rasa daging, meski dimakan tanpa lauk, gampang dan murah, kan? Bahkan, harga kaldu sebungkus cuma 500 perak.

2. Nasi panas campur blueband, wangi enak, gurih, dan hemat!

alternatif menu akhir bulan

Nasi panas campur blueband | Foto dari Depositphoto

Kalau takut bodoh atau kurang gizi karena terlalu banyak makan micin di kaldu saset, bisa diganti dengan blueband nih. Caranya cukup campurkan spiring nasi panas dengan sesendok blueband, aduk sampai rata. Wangi enak dan rasa gurihnya cukup worth it jadi menu akhir bulan, loh. Kalau blueband dirasa masih mahal, kamu bisa cari merek lain yang lebih murah kok.

Advertisement

3. Bubur mi instan, sebungkus bisa jadi banyak biar bisa dimakan berkali-kali

alternatif menu akhir bulan

Mi jadi bubur | Foto dari Depositphoto

Kalau nggak punya beras, bisa beli mi instan sebungkus tapi dimasak dengan cara beda, yaitu dibikin bubur. Caranya, remas mi sampai remuk, kemudian dimasakĀ  dengan air yang banyak. Aduk terus sampai mi hancur dan air mengental, lalu tambahkan bumbu mi. Bubur mi ini hasilnya lebih banyak dari pada direbus biasa, jadi minimal bisa dimakan 2 kali deh.

4. Papeda dari tepung aci, murah dan mengenyangkan

alternatif menu akhir bulan

Papeda dari aci | Foto dari Twitter

Menu alternatif akhir bulan berikutnya adalah papeda dari tepung aci. Papeda biasanya dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua, yang terbuat dari tepung sagu. Nah, karena ini makanan alternatif, kamu bisa membuat papeda dari tepung aci atau tepung tapioka yang harganya lebih murah daripada terigu dan sagu.

Advertisement

Caranya, larutkan 2 sendok makan tepung aci ke dalam segelas air, tambahkan satu sendok minyak goreng dan sedikit garam atau kaldu saset. Panaskan dengan api kecil, sambil terus diaduk hingga mengental. Papeda ala-ala tanggal tua siap disantap

Nah, kamu tertarik mencoba alternatif menu akhir bulan ini? Selain bisa jadi alternatif saat harga mi instan makin meroket, menu-menu ini juga bisa bantu berhemat dan mengenyangkan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE