Selain punya kenangan-kenangan khas masa sekolah, zaman-zaman SD juga menyisakan mitos-mitos unik yang nggak akan kamu temui lagi sekarang. Mulai dari nggak boleh ciuman, sampai Mr. Gepeng yang bikin kamu nggak berani ke toilet sendirian. Sekarang kamu mungkin bisa ketawa-ketawa karena beberapa mitos itu kesannya nggak bisa diterima nalar. Tapi toh dulu kamu percaya juga.

Ya sudah lah, namanya juga masih anak-anak. Mungkin karena waktu itu kamu belum bisa percaya cinta (karena cinta hanya sebatas diceng-cengin dengan teman sekelas) makanya kamu percaya mitos-mitos berikut ini.

1. Nggak boleh ciuman, nanti hamil. Maklum, waktu itu belum dapat sex education yang mumpuni.

Ciuman dan gandengan tangan bikin hamil. katanya

Ciuman dan gandengan tangan bikin hamil. katanya via www.majalahberita.com

Advertisement

Waktu itu kamu memang masih polos. Masih belum tahu apa-apa. Belum kenal sex education (meski sampai SMA pun tetap belum kenal). Jadi wajar saja kalau kamu mudah percaya. Jangan ciuman, nanti hamil. Nggak boleh pegangan tangan dengan lawan jenis, nanti hamil. Kamu terlalu imut dan polos untuk mempertanyakan bagaimana bertemunya sperma dan ovum melalui ciuman dan pegangan tangan.

2. Minum dari sedotan atau gelas yang sama, sama dengan ciuman! Ciuman jarak jauh gitu mungkin ya~

Minum dari gelas/botol/sedotan yang sama berarti ciuman

Minum dari gelas/botol/sedotan yang sama berarti ciuman via iccbandung.com

Ini lagi. Coba mari kita pikirkan sejenak. Alasannya sih, ketika kita minum dengan gelas atau sedotan, kita menempelkan bibir di permukaan benda. Dan kalau ada yang melakukan hal yang sama, itu artinya dia menempelkan bibir di bekas bibir kita. Itu ciuman! Makanya dulu kamu kalau terpaksa banget minta minum ke temanmu, sedotannya dibalik dulu. Biar nggak ciuman.  Bisa, bisa.

3. Kalau kebelet BAB tapi sikon lagi nggak memungkinkan, buru-buru genggam batu aja. Hayo, ada yang masih sering melakukannya sampai sekarang?

Genggam batu aja bang Spi.

Genggam batu aja bang Spi. via erdingurita07.blogspot.co.id

Zaman kamu SD dulu, ke toilet adalah hal yang paling menyebalkan sedunia. Sebabnya, toilet sekolah adalah tempat yang selalu dilabeli angker. Kebelet BAB di sekolah itu PR banget. Belum lagi nanti bakal diolok-olok teman sekelas. Buat nahan supaya kebeletnya hilang, kamu disuruh menggenggam batu yang bentuknya bulat dan halus. Ada juga yang bilang batu itu harus ditempelkan ke pusar. Agak nggak masuk akal, tapi ada yang pernah melakukannya dan manjur nggak?

4. Makanan jatuh nggak apa-apa, asal belum lima menit. Astaga, kumannya udah ke mana-mana kali itu!

Belum 5 menit kok!

Belum 5 menit kok! via www.dream.co.id

Advertisement

“Yaaah, jatuh!”

“Nggak apa-apa. Belum lima menit kok! Cepetan ambil!”

Makanan jatuh asalkan belum lima menit, masih bisa kita makan kok. Padahal lima menit itu kan lama. Goreng telur aja bisa dalam waktu lima menit. Coba bayangkan berapa bakteri yang sudah berpindah ke makanan kalau standarnya harus lima menit? Tapi ya sudahlah, namanya juga anak-anak.

5. Kalau kepala kamu kejedot sama kepala temen, awas nanti anakmu kembar dempet!

Jedotan kepala dengan teman itu bahaya! Gawat! Bisa-bisa kamu nanti melahirkan bayi yang kembar dempet di kepala. Cara menanggulanginya, setelah kamu jedotan kepala dengan teman, kamu harus jedotin kepala sekali lagi. Mungkin untuk menghilangkan kutukan.

Baiklah.

6. Nomor telepon hantu adalah salah satu mitos yang kita alami semua. Ada yang ingat dulu pernah nelepon ke nomor berapa dan ada apa?

telepon hantu

telepon hantu via www.ceritamistis.com

Ada yang ceritanya itu nomor rumah sebuah keluarga. Dulu ada kecelakaan di dekat situ, dan korbannya yang seorang perempuan meninggal dunia. Akhirnya karena penasaran, arwah perempuan itu mendiami rumah pemilik nomor. Dan bila sedang iseng, dia mengangkat panggilan telepon yang masuk. Ini adalah cerita nomor telepon hantu di daerah saya. Kalau di daerah kamu bagaimana ceritanya? Tapi apapun ceritanya, inti nomor telepon mistis ini sama: Jangan ditelepon, nanti yang angkat makhluk halus.

7. Ngelangkahin orang yang lagi tidur sama dengan hutang darah. Tapi bayarnya gampang, dia suruh ganti langkahin kamu aja.

Orang tidur jangan dilangkahin

Orang tidur jangan dilangkahin via www.dailymoslem.com

Maksud dari hutang darah di sini agak susah dimengerti sih. Mungkin maksudnya, jika nanti sewaktu-waktu temanmu yang kamu langkahin butuh transfusi darah, kamu harus memberikannya karena kamu punya hutang. Tapi kalau golongan darahnya nggak cocok bagaimana? Ah, anak-anak mana mengerti soal golongan darah. Toh, ternyata bayar hutangnya mudah. Tinggal dia balik melangkahin kamu aja. Lunas. Sah.

8. Nggak boleh dudukin bantal, nanti kamu bisulan.

Nggak boleh dudukin bantal

Nggak boleh dudukin bantal via www.laman22.com

Kalau ini mitos yang mungkin diturunkan dari kakek-nenek dan Ayah-Ibumu. Kalau kamu nggak mau bisulan di pantat, jangan menduduki bantal. Ah, mari kita ambil pelajaran saja. Memang nggak sopan kalau menduduki bantal yang biasanya kita pakai menaruh kepala.

9. Hantu  Mr. Gepeng yang diklaim oleh seluruh anak sekolah di Indonesia. Entah aslinya dia berasal dari mana.

Mr. Gepeng

Mr. Gepeng via cerita.info

Di manapun sekolahmu, dan bagaimanapun bentuk gedung sekolahmu, mitos tentang Mr. Gepeng ini pastilah ada. Konon Mr. Gepeng adalah orang kaya yang mati kejepit lift saat membawa uang-uangnya di sebuah kopor. Konon katanya, kalau kamu minta di toilet sekolah, Mr. Gepeng bisa memberimu uang banyak. Dulu cerita tentang Mr. Gepeng ini adalah sehoror-horornya horor yang kamu tahu. Karena itulah kamu anti ke toilet sendiri.

10. Kalau jari dipencet sampai ujungnya kemerahan, nanti keluar hurufnya. Itu Huruf pertama nama orang yang kamu suka.

Ujung jari menunjukkan nama orang yang kamu suka

Ujung jari menunjukkan nama orang yang kamu suka via www.apakabardunia.com

Dulu naksir orang bagaikan aib. Kalau sampai ketahuan kamu naksir siapa, habis sudah riwayatmu. Kamu bisa diceng-cengin setiap hari, dan kamu pun jadi dimusuhi oleh orang yang kamu taksir. Nah, dulu ada permainan kecil antara teman-temanmu. Temanmu akan menepuk telapak tanganmu keras-keras, lalu menekan jari-jarimu sampai ujungnya kemerahan. Di sanalah rahasiamu terbongkar. Katanya akan ada huruf yang keluar di ujung jarimu, dan itulah inisial orang yang kamu suka! Sampai sekarang Hipwee masih kagum dengan pencipta mitos ini. Sungguh kreatif tak terkira.

11. Percaya nggak, kunang-kunang itu berasal dari kuku orang mati?

Kunang-kunang dari kuku orang mati

Kunang-kunang dari kuku orang mati via sains.me

Mungkin memang jiwanya anak kecil ya, suka dengan hal-hal berbau mistis. Bahkan hewan seindah kunang-kunang yang punya lampu di tubuhnya, dianggap sebagai jelmaan kuku orang yang sudah mati. Jadi orang yang meninggal dunia dan dikubur, dalam jangka waktu tertentu tubuhnya kaan menjadi tanah. Kecuali kukunya yang akan bermutasi menjadi kunang-kunang. Kalau ada kunang-kunang di sekitarmu, bisa jadi ada seseorang yang nggak kelihatan di situ. Hiii~

12. Kalau habis meraut pensil, sampahnya disimpan dalam buku. Besoknya akan jadi kupu-kupu. Permisi, hubungannya di mana ya?

Kalau disimpan dalam buku nanti jadi kupu-kupu

Kalau disimpan dalam buku nanti jadi kupu-kupu via www.dayangdeno.com

Lagi-lagi imajinasi anak SD patut diacungi jempol. Imajinasinya menembus standar normal dan mengobrak-abrik hukum logika karya Aristoteles. Bagaimana serbuk kayu dan batu tulis bisa menjelma menjadi makhluk hidup? Mari kita bertanya pada rumput yang bergoyang.

13. Jangan main pas sore-sore, nanti diculik wewe gombel. Ada yang percaya?

Jangan main sore-sore, ada wewe

Jangan main sore-sore, ada wewe via whisenooker.com

Setelah Mr. Gepeng, momok wewe gombel adalah hantu terseram nomor dua di masa SDmu. Konon katanya Wewe gombel ini suka nongkrong di genteng dan menculik anak-anak nakal. Ada yang bilang dia munculnya siang-siang, tapi kebanyakan percaya dia muncul saat surup, alias senja menjelang malam. Makanya kamu nggak boleh main lagi kalau sudah senja. Mendingan mandi, dan siap-siap belajar.

14. Khusus cewek, tangan ditepuk, kemudian jari menggenggam, di pergelangan tangan akan muncul benjolan kecil yang menunjukkan jumlah anakmu kelak.

Berapa jumlah anakmu nanti?

Berapa jumlah anakmu nanti? via www.sooperboy.com

Selain bisa melihat inisial nama orang yang kamu suka, tanganmu ternyata bisa menunjukkan berapa jumlah anak yang nanti kamu punya. Caranya sama. Temanmu menepuk tanganmu keras-keras, kemudian kamu harus menggenggam. Selanjutnya temanmu akan menekan telapak tangan dekat dengan pergelangan. Di sana akan muncul benjolan kecil. Kalau benjolannya 1, berarti anakmu 1. Begitulah kira-kira.

15. Biru-biru di badan itu karena dijilat setan. Idihh~

Dijilat setan, katanya.

Dijilat setan, katanya. via uceng999.com

Biru-biru di badan ini mungkin masih kamu alami sampai sekarang. Saat kamu kecapekan, atau bagian tubuhmu nggak sengaja terbentur sesuatu. Biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa hari atau setelah kamu beri balsam. Tapi zaman kamu SD, perihal biru-biru di badan nggak sesederhana itu. Kamu bisa saja telah dijilat setan. Karena itu badanmu jadi biru-biru. Mungkin setannya berdarah biru.

Seiring berjalannya waktu, sekarang kamu sudah dewasa. Sudah mulai memikirkan untuk percaya atau nggak percaya cinta. Kalau ingat mitos-mitos tadi, kamu hanya bisa tertawa. Kok bisa sih dulu kamu percaya aja? Yah, lagi-lagi, namanya juga anak-anak. Ada lagi nggak mitos yang dulu hits banget waktu kamu pakai seragam putih merah?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya