Sederet Hal yang Paling Ngangenin Dari Momen Agustusan. Semoga Tahun Depan Bisa Merayakan Lagi~

Momen Agustusan ngangenin

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, selalu jadi momen paling berkesan bagi rakyat seantero negeri ini. Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai titik yang sekarang ini tentu bukan hal yang mudah. Ada banyak banget pengorbanan yang dilakukan oleh para pendahulu demi anak cucunya kayak kita ini agar bisa merasakan masa-masa yang lebih mudah.

Advertisement

Untuk mengenang, melanjutkan, serta sekadar merayakan euforia momen paling berharga sebagai masyarakat Indonesia, berbagai macam hal kita lakukan pada bulan Agustus ini. Namun, sejak dua tahun belakangan setelah pandemi melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, perayaan Agustusan tak berjalan seperti biasanya. Alih-alih bisa merayakan bersama dengan penuh keseruan, bisa keluar rumah dengan tenang aja rasanya udah untung banget.

Berikut adalah sederet hal yang paling ngangenin dari momen Agustusan. Mana nih yang paling ngangenin buat Sobat Hipwee?!

Kangen banget sama momen yang satu ini

1. Tanggal 17 Agustus tetap libur, tapi sekarang berasa nggak ada bedanya. Sedih banget nggak sih? 🙁

17 Agustus memang sudah ditetapkan menjadi hari libur nasional oleh pemerintah. Hal ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak sekolahan hingga kaum pekerja. Pasalnya, libur nasional yang satu ini bisa dibilang berbeda dengan hari-hari libur lainnya. Tapi, setelah dua tahun lebih kita terpaksa “diliburkan” dari segala macam aktivitas di luar rumah, rasanya kayak nggak ada bedanya juga libur Agustusan dengan hari-hari biasanya. Lha wong setiap hari juga sama-sama cuma bisa di rumah aja.

Advertisement

2. Lomba Agustusan, agenda rutin yang selalu dinanti-nanti saat bulan kemerdekaan

Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua, semuanya pasti turut serta merayakan euforia Agustusan ini dengan berbagai macam perlombaan. Baik perempuan maupun laki-laki, tak ada bedanya. Meski jika dipikir-pikir lomba yang dilakukan juga cuma itu-itu aja dari waktu ke waktu, tapi rasanya tetap aja seru dan bikin bahagia.

Apalagi kalau lomba yang dilakukan berbeda dengan lomba-lomba pada umumnya. Belum lagi kalau bisa jadi ajang buat ngerjain bocil-bocil hingga orang tua. Sering nggak sih, kita lihat ada lomba-lomba yang jenisnya resek banget? Kasihan sama pesertanya, tapi seru juga~

Advertisement

3. Selain lomba khas Agustusan, ada juga karnaval dengan berbagai macam peserta yang uniknya nggak tanggung-tanggung

Berbeda dengan momen perlombaan, agenda karnaval ini biasanya diselenggarakan secara terpisah sebagai puncak perayaan Agustusan setelah diadakannya upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan. Dalam agenda karnaval ini, biasanya dilakukan dengan berbagai macam cara pula.

Ada yang melakukan konvoi mengitari daerah sekitar dengan berjalan kaki, ada yang memakai sepeda ontel, dan ada pula yang memakai berbagai macam jenis kendaraan lainnya. Tentu saja, semua dihias dengan konsep yang begitu meriah. Mulai dari tata rias para peserta, pernak-pernik yang dibawa, hingga hiasan-hiasan pada kendaraan yang dipakai untuk konvoi. Pokoknya meriah banget deh, bikin kangen!

4. Kampung atau komplek tempat tinggal yang selalu meriah. Sekarang mah isinya spanduk peringatan protokol kesehatan 🙁

Salah satu tanda bahwa bulan Agustus di Indonesia sudah datang adalah adanya pernak-pernik, hiasan, berbagai bentuk bendera, hingga lampu-lampu yang dipasang pada setiap sudut jalan. Semua terpasang dengan begitu meriah, dari ujung jalan hingga ke ujung lagi. Mulai dari umbul-umbul yang ukurannya begitu tinggi, mural-mural karya pemuda setempat, plastik yang digantung dengan isian cat dicampur air, kerlap-kerlip lampu, dan masih banyak lagi perintilan lainnya yang nggak bisa disebutkan satu-satu. Berbeda dengan kondisi saat ini di mana sebagian besar bahu jalan dipenuhi spanduk peringatan protokol kesehatan.

5. Terakhir, yang nggak kalah bikin kangen sama momen Agustusan adalah diskon gede-gedean di berbagai pusat perbelanjaan

Bagi orang-orang yang hobi berbelanja, bulan Agustus ini bisa jadi salah satu bulan yang paling dinanti-nanti. Bukan tanpa alasan, biasanya pada bulan ini banyak toko-toko di pusat perbelanjaan yang memberikan diskon besar-besaran bagi para pembelinya. Nggak tanggung-tanggung, potongan harga yang diberikan pun biasanya mencapai lebih dari setengah harga aslinya lo! Sekarang sih boro-boro mau berburu diskonan, toko-toko yang masih buka dan bertahan di masa pandemi aja bisa dihitung dengan jari 🙁

Berat memang, nggak hanya bagi masyarakat Indonesia, tapi buat semua orang di seluruh dunia dari negara manapun. Semoga tragedi kali ini bisa memberikan banyak pelajaran bagi kita semua deh. Selain itu, tentunya juga semoga cepat selesai biar tahun depan kita bisa merayakan Agustusan dengan normal lagi. Semoga, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE