Nostalgia Bahagianya Momen Kerja Bakti di Masa Sekolah. Berasa Bebas Waktu di Sekolah!

momen kerja bakti sekolah

Dari zaman dulu hingga sekarang ini, orang Indonesia memang terkenal dengan budaya saling membantu atau gotong royong. Bahkan, sejak kecil pun kita juga udah diajari tentang hal-hal tersebut. Salah satunya yang tentunya dialami oleh banyak orang adalah agenda gotong royong di masa sekolah dulu. Entah zaman SD, SMP, ataupun SMA. Tapi memang paling sering sih di zaman SD, meski nggak dimungkiri juga pada masa SMP dan SMA kita juga sering melakukannya.

Advertisement

Kalau kamu ingat, dulu yang namanya gotong royong membersihkan lingkungan sekolah bersama dengan siswa lain dan para guru ini udah menjadi agenda wajib dalam waktu tertentu. Selain itu, hari-hari di mana dilaksanakannya agenda gotong royong adalah salah satu hari paling membahagiakan kala itu. Pokoknya nggak kalah bahagia dibandingkan dengan saat ditinggal guru rapat. Ada yang masih ingat dengan kegiatan yang satu ini nggak?

Biasanya sih agenda ini dilakukan setiap hari Jumat, pokoknya habis senam bersama

Gotong royong zaman sekolah / Credit: Suaramerdekasolo via suaramerdekasolo.com

Namanya juga agenda mingguan atau bahkan bulanan, gotong royong ini biasanya dilakukan setiap hari Jumat, walaupun terkadang juga diadakan di hari Sabtu. Selain itu, agenda yang kerap dijadikan untuk ajang membolos para siswa cowok ini juga dijadwalkan setelah kegiatan senam bersama. Ya, zaman segitu setiap hari Jumat pasti anak-anak dari semua kelas paginya udah ngumpul di halaman tengah buat ikut senam bersama, baru deh setelah itu kerja bakti.

Kalau dulu, umumnya anak-anak cewek bawa pel lantai sama sapu, yang cowok bawa sabit sama cangkul

Kerja bakti sekolah / credit: Pinterest via id.pinterest.com

Dulu, ketika agenda itu berlangsung, anak-anak cewek biasanya dari rumah bawa kain pel lantai, sedangkan yang cowok bawa sabit sama cangkul. Pembagian jobdesknya kala itu pun juga unik banget, cowok-cowoknya nyabutin rumput sama bikin tanah di halaman sekolah biar semakin rata, sedangkan cewek-ceweknya ngumpulin rumput-rumput yang berhasil dicabuti untuk selanjutnya dibuang di belakang sekolah. Meski kadang rasanya capek banget karena berasa kayak nguli, tapi bahagianya waktu itu nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Udah nggak ada pelajaran, disuruh pakai pakaian bebas, ditambah lagi kita bisa melihat anak-anak kelas lain yang cakep-cakep. Haduuuuuh!

Advertisement

Tapi, biasanya sih sampai sekolahan juga cuma duduk santai dan makan jajanan, yang kerja bakti mah sebagian orang aja 😀

Kenangan kerja bakti sekolah / Credit: Kompasiana via www.kompasiana.com

Selain bikin bahagia karena pasti nggak pernah ada pelajaran ketika diadakan egenda kerja bakti bersama, yang bikin kita lebih bahagia lagi adalah ketika kita bisa membolos, apalagi kalau dulu kamu termasuk kelompok anak bandel. Ngaku deh, dulu setiap agenda ini berlangsung kamu cuma ikutan nampang muka sebentar, habis itu langsung cabut sama temen lain, kan? Entah itu yang ditinggal main bola, keluar dari sekolahan cuma buat cari rentalan PS, atau nongkrong di warung dekat sekolah. Pokoknya ada-ada aja lah caranya. Eits, tapi ini jangan dicontoh, ya. Hadeeeh~

Zaman sekarang sih mungkin masih ada beberapa sekolah yang tetap melestarikan budaya unik yang satu ini, tapi memang nggak sebanyak zaman dulu. Kalau dulu agenda ini biasa dilakukan di tingkat SD hingga SMA, sekarang lebih kerap dilakukan oleh anak-anak SD aja. Beruntunglah kamu yang pernah merasakan momen kebahagiaan zaman sekolah yang satu ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE