Berkomentar Nggak Sopan Saat Guru Live IG, Murid SMK ini Dikecam Warganet. Nggak Ada Akhlak!

Murid nggak sopan

Semenjak pandemi, pembelajaran jarak jauh jadi pilihan menggantikan pertemuan di kelas untuk segala jenjang pendidikan. Pembelajaran jarak jauh ini wajib dilakukan, setidaknya sampai Indonesia bebas corona. Baik pengajar maupun murid mesti menyesuaikan diri dengan teknologi.

Advertisement

Nggak gampang memang menyesuaikan diri dengan perubahan, terutama bagi para guru yang kebanyakan angkatan tua. Banyak sekali hal baru tentang teknologi yang mesti dipelajari. Bagi anak muda, tentu aja ini nggak terlalu sulit, toh mereka dekat dengan gadget. Sayangnya, baru-baru ini pembelajaran online tercoreng akibat aksi kurang terpuji yang dilakukan murid kepada gurunya.

Seorang murid SMK melakukan tindakan tercela kepada gurunya saat live IG. Ketika gurunya sedang menerangkan, dia memberi komentar nggak sopan

Beberapa waktu lalu viral unggahan dari @lets.talkandenjoy tentang perlakuan murid kepada gurunya. Dalam jepretan gambar yang dibagikan, terlihat seorang guru sedang siaran Instagram menerangkan sesuatu. Selayaknya siaran Instagram pada umumnya, para penontonnya disediakan kolom komentar. Dari beberapa komentar, terdapat dua yang membuat hati miris.

Advertisement

@luqmaaan_hsym m*m*kmu semangat ku bu

@ryan.aaji Bu, kalo mau open BO dimana?

Tanpa perlu penjelasan lebih, tentu kamu telah paham bahwa kata-kata tersebut nggak pantas diucapkan oleh siapa pun, bahkan seorang murid! Jangankan kepada guru, kepada sebaya pun kalimat tersebut teramat kotor dan nggak sopan. Entah apa yang ada dalam benak mereka sampai berani berkomentar begitu, tanpa pikir panjang.

Warganet pun geram dengan kelakuan siswa tersebut. Seperti nggak ada akhlaknya sama sekali!

Advertisement

Nggak ada akhlak! via www.instagram.com

Kedua orang yang berkomentar tersebut diduga merupakan siswa salah satu SMK di Bogor. Belum ada keterangan lebih lanjut kapan kejadian berlangsung dan bagaimana kelanjutan kasusnya. Satu yang pasti bahwa kelakuan seperti ini bikin miris, warganet pun sampai geram dan mengutuk perbuatan mereka.

@syaah_nf memang ga sopan adek2 kelas sekarang, ga ada akhlak sekali
@sibiyoeng Tampar bolak balik , jarinya di pukul pakai penggaris bolak balik.
@pin_ddd org yg kek gitu tuh suntik covid-19 ajaa, ga ada attitude sama sekali ckck
Bagi warganet, perbuatan mereka layak dihukum, karena sangat merendahkan guru dan perempuan. Mereka menunggu pelaku minta maaf dan dihukum. Semenjak hal ini viral, Hipwee Hiburan kesulitan mencari tahu informasi tentang kedua akun tersebut. Yang satu hilang, yang satu dikunci. Berani berbuat, nggak berani bertanggung jawab.

Aktivitas media sosial belakangan ini sangat meresahkan, salah satunya karena budaya asal berkomentar semacam ini. Miris nggak sih?

Tangan-tangan yang mesti diberantas. via www.cnnindonesia.com

Kasus seperti ini jadi bukti bahwa anak muda zaman sekarang sedang krisis moral. Di era media sosial banyak sekali kita temui komentar-komentar nggak sopan dilayangkan kepada orang lain. Nggak cuma dialamatkan kepada artis, namun juga orang biasa. Fenomena nggak kenal, tiba-tiba minta PAP, ajakan bercinta, kirim foto nggak sopan, sudah bukan barang baru lagi. Hal semacam ini mestinya jadi perhatian pemerintah bahwa perlu adanya hukum dan aturan yang jelas agar orang nggak asal berkomentar.

Dunia pendidikan Indonesia kembali tercoreng dengan perilaku murid yang nggak terpuji. Adanya teknologi bukannya bikin maju, malah disalahgunakan. Guru yang seharusnya dihormati malah diberi komentar yang merendahkan. Sebuah tindakan yang nggak patut dicontoh. Nggak lucu. Tolong kalau ada komentar-komentar asal begini, langsung laporkan aja. Kalau nggak begitu, sepertinya bakal lebih banyak lagi kasus-kasus serupa. Guru aja berani diginiin, apalagi warganet biasa. Kalau udah begini, salah siapa?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE